Artikel Ilmiah

Olahraga Bola Basket


Basketball Lg Bola basket adalah salah satu olah raga yang paling populer, apalagi di Amerika Serikat. Di Indonesia, olah raga bola basket pun berkembang dengan baik. Salah satu buktinya, kompetisi antarklub basket hampir berjalan setiap tahun. Selain itu, di event-event lokal pun rutin menggelar kompetisi basket, seperti di ajang Pon, Porda, liga basket antarmahasiswa, dan kompetisi lainnya.


Olahraga Bola Basket


Bola basket merupakan olah raga yang berlangsung di lapangan basket yang memiliki panjang sekitar 26 meter dan lebar 14 meter. Permainan basket ini dimainkan dalam waktu 40 menit dan terbagi dalam empat sesi yang dinamakan quarter. Setiap quarter berdurasi 10 menit. Satu tim basket terdiri atas 5 orang pemain.

Jika setelah 40 menit pertandingan menghasilkan skor yang sama maka, diadakan perpanjangan waktu yang dalam istilah basket dinamakan over time. Skor dalam olah raga basket dihitung dari berapa kali bola dimasukkan ke ring lawan. Ring basket tersebut memiliki ketinggian 2,75 meter dan berdiameter 0,4 meter.


Bola Basket - Membentuk Kekuatan Tubuh


Lalu, bagaimana membuat tubuh kita mampu beradaptasi dengan permainan olah raga basket? Berikut beberapa tips membentuk tubuh dalam olah raga bola basket yang layak Anda coba.

* Melatih kelenturan telapak tangan kita. Caranya beragam, salah satunya dengan push up. Dalam gerakan push up pergelangan tangan yang akan menjadi tumpuan kita.

* Melatih kekuatan bahu dan seluruh pangkal tangan sampai dengan pergelangan tangan. Hal ini perlu diperhatikan agar tangan kita kuat saat menembakkan bola ke dalam ring. Caranya adalah dengan push up dan sering-sering melakukan latihan menembakkan bola ke dalam ring dari jarak yang jauh.

* Melatih kekuatan otot kaki. Meskipun olahraga basket menggunakan tangan, tapi gerakan kaki sangat penting karena kita harus bergerak cepat dalam menyerang, melakukan loncatan yang tinggi saat menembak, atau pun lay-up, serta harus kuat dan bertenaga saat posisi bertahan. Cara sederhana untuk melatih gerakan otot kaki adalah melakukan jogging yang teratur.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena secara tidak langung hal tersebut akan membantu pertumbuhan organ yang ada di dalam tubuh kita, termasuk otot dan tulang tubuh. Tentunya masih banyak lagi gerakan-gerakan yang perlu kita pelajari, seperti bagaimana melatih kekuatan otot saat slam dunk, memblok lawan, dan lain-lainnya. Semua itu bisa kita pelajari dari berbagai macam cara, dan tentu saja dengan sering berlatih basket.


Teknik Dasar Bermain Bola Basket


Cara memang bola dalam olahraga basket yaitu memosisikan tangan membentuk mangkok besar, sedangkan bola posisinya berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan menempel di samping bola agak sedikit ke belakang dan jari-jari menempel pada bola. Dalam hal ini, ibu jari berada dekat dengan badan di bagian belakang bola yang mengarah kea rah tangah depan. Semenetara itu, kedua kaki memasang kuda-kuda dan salah satu kaki berada di depan. Lalu, badan sedikit agak condong ke depan dengan lutut yang rileks.

Bagaimana dengan teknik menangkap bola? Saat akan menangkap bola, hal yang harus diperhatikan adalah agar si bola berada di dalam penguasaan. Bola dijemput oleh telapak tangan dengan posisi jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan diusahakan rileks.

Ketika bola masuk ke antara kedua telapak tangan, segera lekatkan jari tangan ke bola, lalu tarik ke arah belakang atau dengan mengikuti arah datangnya bola. Perlu diketahui bahwa menangkap bola atau disebut dengan catching ball itu terdiri atas dua jenis, yakni menangkap bola di atas kepala dan kedua menangkap bola di depan dada.

Sementara itu, melempar atau mengoper bola itu terdiri atas tiga macam cara, yakni over head pass (melempar bola dari atas kepala), chest pass (melempar bola dari depan dada) yang dilakukan dari dada ke dada secara cepat saat permainan, dan bounce pass (melempar bola dengan cara memantulkan ke lantai atau tanah).

Teknik dasar berikutnya adalah menggiring bola atau dribbling ball. Menggriring bola adalah sebuah gerakan membawa bola ke arah depan dengan cara memantul-mantulkan bola ke lantai menggunakan satu tangan. Ketika bola bergerak ke atas, tempelkan telapak tangan pada bola tersebut dan ikutilah arah bola. Tekan bola ketika mencapai titik paling tinggi ke bawah dengan cara sedikit meluruskan bagian siku tangan yang diikuti juga dengan kelenturan pergelangan tangan.

Dalam permainan olahraga basket, menggiring bola itu terbagi ke dalam dua cara, yakni menggiring bola rendah dan kedua menggiring bola tinggi. Cara menggiring yang pertama bertujuan melindungi bola dari jangkauan lawan, sedangkan cara menggiring bola yang kedua dilakukan untuk membuat serangan cepat ke daerah pertahanan lawan.

Teknik selanjutnya adalah memoros atau pivot, yaitu sebuah upaya untuk menyelamatkan bola dari jangkauan lawan. Dalam hal ini, salah satu kaki dijadikan sebagai porosnya, sedangkan satu kaki lagi bisa berputar 360 derajat. Teknik berikutnya adalah shooting, yaitu teknik memasukkan bola ke dalam ring basket lawan untuk mendapat poin atau angka. Melakukan teknik ini bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara, yakni shooting menggunakan dua tangan dan shooting menggunakan satu tangan.

Satu lagi teknik dasar bermain basket yang harus diketahui adalah lay-up. Lay-up merupakan sebuah teknik memasukkan bola ke dalam ring basket dengan meloncat atau dengan dua langkah untuk bisa mendapat poin. Teknik ini disebut juga dengan tembakan melayang.


Teknik Permainan Bola Basket Profesional


Berikut ini beberapa teknik permainan basket profesional.


1. Fade Away


Fade away merupakan sebuah teknik basket berupa mendorong badan ke belakang ketika melakukan tembakan atau shoot, sehingga mampu menyulitkan pemain bertahan lawan untuk menghadang bola. Teknik ini memang cukup lumayan susah dilakukan, terutama bagi mereka yang baru belajar basket atau para pemula.

Jika keseimbangan badan tak terjaga dengan baik, tentu akan membuat badan terpelanting dan jatuh keĀ  belakang. Teknik ini hanya bisa dilakukan oleh pemain-pemain profesional seperti pemain NBA.. Legenda basket Michael Jordan dan Kobe Bryant adalah pemain NBA yang sering melakukan teknik ini saat bermain basket.


2. Hook Shoot


Hook merupakan sebuah teknik yang cukup efektif jika pemain dijaga ketat oleh pemain lainnya yang lebih tinggi dari pemain tersebut. Hook shoot adalah teknik menembak dari arah samping dengan menggunakan satu tangan. Dalam hal ini, jarak antara pemain yang menghadang dan pemain lainnya agak berjauhan. Akhir-akhir ini, teknik menembak bola ini sering digunakan oleh Rony Gunawan, pemain Satria Muda Britama, saat melawan Garuda Bandung di final 2009 lalu dengan keakuratan sekitar 80 persen.


3. Jump Shoot


Jump shoot adalah teknik yang membutuhkan loncatan tinggi dan juga akurasi tembakan yang bagus. Teknik ini dilakukan dengan cara melompat lalu melakukan tembakan liar dan sulit digagalkan lawan.


4. Slamdunk


Slamdunk dikenal sebagai salah satu teknik basket yang paling terkenal. Teknik ini sebenarnya sangat simpel karena hanya dilakukan dengan memasukkan bola ke dalam keranjang secara langsung dan menghempaskan tangan ke bagian ring basket. Meskipun simpel, tetapi orang yang ringginya di bawah 180cm dipastikan mustahil bisa melakukannya karena lompatannya pasti kurang tinggi.

Itulah ulasan seputar olahraga bola basket. Selamat bermainĀ  basket!