Nahwu

Nahwu

ISIM JAMID


Menurut asal kata dan pembentukannya, Isim atau Kata Benda terbagi dua: 1. ISIM JAMID ( اِسْم جَامِد ) yaitu Isim yang tidak terbentuk dari kata lain. 2. ISIM MUSYTAQ ( اِسْم مُشْتَق ) yaitu Isim yang dibentuk dari kata lain. Isim Jamid terbagi dua: a) ISIM DZAT ( اِسْم ذَات ) atau ISIM JINS ( اِسْم جِنْس ) Contoh: رَجُلٌ (=orang), أَسَدٌ (=singa), نَهْرٌ (=sungai) b) ISIM MA'NA ( اِسْم مَعْنَى ) atau MASHDAR ( مَصْدَر ) Contoh: عِلْمٌ (=ilmu), عَدْلٌ (=keadilan), شَجَاعَةٌ (=keberanian)

Mashdar adalah Isim yang menunjukkan peristiwa atau kejadian yang tidak disertai dengan penunjukan waktu. Berbeda dengan Fi'il yang terikat dengan waktu, apakah di waktu lampau, sekarang atau akan datang. Contoh:

أُرِيْدُ أَنْ أُصَلِّيْ (= aku ingin shalat) --> أُصَلِّي (= aku shalat) : Fi'il أُرِيْدُ صَلاَةً (= aku ingin shalat) --> صَلاَة (= shalat) : Mashdar (Isim)

.

Setiap Fi'il memiliki Mashdar. Dengan kata lain, Mashdar adalah bentuk Isim dari sebuah Fi'il. WAZAN (وَزْن) atau Timbangan (pola pembentukan) Mashdar sangat beragam. Perhatikan contoh pembentukan Mashdar di bawah ini:

Wazan

Perubahan dari Fi'il ke Mashdar

Tarjamah

فَعْلٌ

نَصَرَ - يَنْصُرُ - نَصْرٌ

= menolong
فِعْلٌ

ذَكَرَ - يَذْكُرُ - ذِكْرٌ

= mengingat, menyebut
فُعَالٌ

بَكَى - يَبْكِيَ - بُكَاءٌ

= menangis
فِعَالٌ

قَامَ - يَقُوْمُ - قِيَامٌ

= berdiri
فُعُوْلٌ

سَجَدَ - يَسْجُدُ - سُجُوْدٌ

= bersujud
إِفْعَالٌ

أَطْعَمَ - يُطْعِمُ - إِطْعَامٌ

= memberi makan
فِعَالَةٌ

زَرَعَ - يَزْرَعُ - زِرَاعَةٌ

= bertani
تَعْفِيْلٌ

عَلَّمَ - يُعَلِّمُ - تَعْلِيْمٌ

= mengajar, memberitahu
تَفْعِلَةٌ

ذَكَّرَ - يُذَكِّرُ - تَذْكِرَةٌ

= mengingatkan
Pahamilah baik-baik nama-nama dan bentuk-bentuk Isim yang terdapat dalam pelajaran ini sebelum melangkah ke pelajaran selanjutnya.