web
counter

Desain

Sekilas tentang Web Browser

Web browser merupakan perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.

Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web. Web browser yang populer adalah Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan Chrome.

Web browser bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Browser modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web.

Berikut merupakan perbedaan dari beberapa web browser :

 

Internet Explorer

Ini adalah browser bawaan di Windows apa aja, dan paling umum digunakan karena kita ga perlu lagi ribet mikirin setting dan install nya. Internet Explorer sangat lamban dalam mengakses internet dan sangat rentan terhadap serangan virus online.

Mozilla Firefox

Browser ini adalah open source, mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan dan mudah di kostumisasi dengan banyak Add-On yang bisa di download terpisah. Firefox tergolong browser cepat namun sayangnya karena ini open source, maka jelas semua orang tahu kode dari browser ini sehingga virus-virus online mengenali signature dari firefox sehingga mudah masuk.

Opera

Browser ini dilengkapi dengan javascript yang handal shingga keamanan privasi dan track surfing internet dapat terjaga. Selain itu sangat jarang ada virus online yang dapat masuk melalui Opera (Kecuali file yang di download). Sayangnya kecepatan Opera sangat lamban dalam browsing secara normal, namun Opera telah dilengkapi dengan Opera Turbo sehingga dapat mmpercepat browsing hingga 230%. Di dalam browser Opera juga terdapat Mail dan Server yang terintegrasi dalam browser.

Google Chrome

Ini adalah browser yang dinobatkan sebagai browser tercepat di dunia saat ini. Google Chrome memang tidak dapat dikostumisasi, namun kelebihannya adalah Open Source. Belum banyak yang tahu kode dari Google Chrome sehingga kemungkinan masuknya virus online sangatlah minim. Google Chrome menyediakan fitur yang mudah di atur, salah ketik pun Google Chrome akan langsung terkoneksi ke Internet untuk mencari ketikan yang salah itu. Google Chrome juga memungkinkan kita mengganti source code sebuah website.

Flock

Ini adalah browser yang menggunakan Engine yang sama dengan Mozilla Firefox, namun penggunannya lebih ditujukan untuk Social Networking, sehingga wajar saja ada fitur Upload Directly to Facebook.

Rekomendasi Artikel: