Sukses Meniti Karir

Sukses dalam meniti karir adalah pekerjaan yang membutuhkan komitmen tinggi dalam suatu pekerjaan yang diduduki seseorang sepanjang hidupnya. Orang-orang mengejar karir untuk memenuhi kebutuhan individual maupun kelompok.

Perencanaan karir, ada dua sudut pandang yang berbeda. Dapat bersifat terpusat pada individu atau golongan. Perencanaan karir yg terpusat pada golongan, memfokuskan pada pekerjaan dan pada pembangunan jalur karir yang menyediakan tempat bagi kemajuan dari orang, diantaranya berbagai pekerjaan yang ada di dalam golongan tersebut.

Perencanaan karir yang terpusat pada individu, memfokuskan pada karir individual daripada kebutuhan golongan. Dilakukan oleh karyawan sendiri, dan ketrampilan individual menjadi fokusnya. Analisis ini mempertimbangkan situasi baik dalam maupun di luar organisasi yang dapat mengembangkan karir seseorang.

Ada beberapa kararkteristik individual yang mempengaruhi atas pengembangan karir mereka. Diantaranya minat. Orang cenderung mengejar karir sesuai yang mereka minati. Karir merupakan perpanjangan dari jati diri seseorang, juga sebagai hal yang membentuk jati diri.

Kepribadian mencakup orientasi pribadi karyawan, apakah karyawan bersifat realistis, menyenangkan, artistic. Kesemuanya itu akan terungkap dengan sendirinya berjalannya waktu. Lalu, faktor status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua si karyawan merupakan faktor pendukung lainnya.

Add comment


Go to top