web
counter

Wanita Dan Karir

Bayangan akan saling tusuk dari belakang dan kompetisi di antara perempuan di tempat kerja mudah meluas. Bersiaplah untuk mengatasi konflik dan kompetisi yang mungkin timbul, dan keluar dari hal tersebut dengan network sekutu yang kuat.

Jangan membuat segitiga. Ada kecenderungan diantara perempuan untuk menganggap konfrontasi sebagai kata-kata kasar. Jika anda memiliki masalah dengan rekan kerja atau atasan, jangan mengeluh pada orang ketiga (menciptakan segitiga). Sebaliknya, katakan langsung pada orang yang bersangkutan. Menetapkan kebijakan tanpa gosip pada siri sendiri akan memberi reputasi baik pada diri anda di lingkungan kantor.

Hadapi langsung masalah ketika timbul. Jika anda membiarkannya membusuk, anda kemungkinan besar akan menciptakan segitiga, merasa benci, dan bergosip. Jaga percakapan anda fokus pada isu pekerjaan (jangan mengeluarkan keluhan-keluhan kecil, seperti kenapa ia tidak mengajak makan siang anda bersama kemarin). Tekankan bagaimana anda berdua akan mendapat banyak keuntungan dengan bersekutu. Jika anda mengalami pola buruk non-komunikasi, anda bisa memulainya dengan kalimat seperti, "Saya tahu belum pernah mengungkapkan hal ini sebelumnya, tapi saya ingin menetapkan standar yang lebih baik mengenai bagaimana kita berkomunikasi. Begini ide saya."

Jangan membuka terlalu banyak informasi pribadi. Selama sekolah atau kuliah anda sudah terbiasa dengan model pertemanan perempuan yang "terbuka". Dan berbagi informasi bisa menjadi cara yang kuat untuk masuk ke dalam kelompok sosial. Tapi jangan terlalu bersemangat untuk menyesuaikan diri di tempat kerja. Meskipun nampaknya anda memiliki banyak kesamaan dengan rekan kerja perempuan anda, ingatlah bahwa membutuhkan waktu untuk mengetahui siapa yang bisa anda percaya, dan orang yang percaya pada anda. Jangan mengumbar apapun yang anda tidak ingin atasan anda tahu!

Anda bisa ramah tanpa perlu menjadi teman. Hari kerja bisa terasa membosankan tanpa pertemanan, tapi perlu adanya parameter. Beberapa tanda pertemanan kantor anda menjadi tidak profesional: anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersosialisasi daripada bekerja; energi emosional yang anda habiskan untuk memikirkan pertemanan kantor anda mulai mengalihkan anda dari pekerjaan anda; anda terus-menerus merasa tersakiti atau terusik oleh teman kerja perempuan anda.

Jangan menganggap perempuan dari generasi berbeda "diluar jangkauan". Dengan banyaknya kelompok usia yang berbeda di tempat kerja, penting memaksimalkan apa yang anda bisa pelajari dari semua rekan kerja perempuan anda. Jangkau mereka, dan mainkan peranan aktif dalam menjembatani perbedaan generasi--banyak manfaatnya bagi anda. Salah satu strategi efektif mengembangkan pertemanan dengan rekan kerja yang lebih tua adalah dengan membantu mereka mengeluarkan kemampuan terbaik dari mereka. Jika atasan anda perempuan, pastikan ia tahu bahwa menjadi prioritas anda juga jika ia berpenampilan bagus.

Bangun network perempuan yang dengan baru dengan mengajak orang baru. Ketika anda sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan seseorang, siapa yang akan anda datangi? Tentunya bukan seseorang yang lebih senior dari anda. Juga, referensi dan lowongan yang anda dengar lebih banyak dari teman sebaya anda. Itulah mengapa penting untuk dekat dengan perempuan secara horizontal, dan mulailah membangun network anda sekarang. Jika anda membangun budaya dimana perempuan saling membantu satu sama lain dalam mengembangkan posisi menjadi lebih tinggi, pikirkan pengaruh apa yang bisa anda dapat bersama.

Rekomendasi Artikel: