Gaya Hidup

Gaya Hidup

Dehidrasi kurang air tubuh Bisa Turunkan Konsentrasimu

Biasanya kamu menghadapi kendala apa saja sih saat kuliah sambil puasa? Kalau yang kamu rasakan adalah lapar, dahaga, dan emosi, seharusnya sudah bukan zamannya lagi 'kan? Karena memang itulah tujuan dari ibadah puasa. Sebenarnya yang perlu kamu waspadai saat kuliah sambil puasa yakni masalah konsentrasi.
Ada baiknya kamu waspadai hal yang satu ini, sebab kamu akan mengalami kerugian yang cukup banyak jika kamu kehilangan daya konsentrasi saat kuliah. Walaupun baru memasuki awal semester, tugas mata kuliah belum terlalu intens, baiknya kamu tetap mengondisikan dirimu berkonsentrasi seperti hari-hari biasa.

Pasalnya ketika konsentrasimu menurun, kamu akan susah menerima materi perkuliahan. Tidak hanya itu, temanmu juga akan malas ngobrol denganmu karena dianggap enggak nyambung, lemot. Enggak mau 'kan dianggap demikian?

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kamu kehilangan daya konsentrasi saat kuliah, terutama sambil menjalankan ibadah puasa?

Hal utama yang menyebabkan daya konsentrasimu menurun saat berpuasa salah satunya adalah berkurangnya cairan tubuh yang menyebabkan kamu dehidrasi, yakni kondisi di mana tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak dari pada yang masuk ke dalam tubuh.

Selain untuk membantu penyerapan nutrisi, cairan tubuh juga berfungsi untuk medistribusikan oksigen ke otakmu. Efeknya bisa beragam, seperti mengantuk dan pusing.

Lalu bagaimana dong menangani kondisi ini, sebab enggak mungkin minum karena sedang puasa. Gampang saja, ikuti tips menghindari dehidrasi akibat puasa saat kuliah:

1. Saat sahur, makan dan minum secukupnya saja, jangan berlebihan. Usahakan untuk mengonsumsi buah dan sayuran.

2. Konsumsi minuman berisotonik setelah santap sahur.

3. Hindari kegiatan berat saat berpuasa. Kalau ruang kelasmu di lantai empat dan tanpa elevator, pelan-pelan saja saat menaiki tangga, atur napas sedemikian rupa agar paru-paru bisa mendistribusikan oksigen ke otak lebih banyak.

4. Kontakmu dengan air adalah hanya saat berwudu, jadi manfaatkan kesempatan itu. Tetapi bukan untuk ditelan ya, maksudnya saat berwudu air bisa diserap tubuh melalui pori-pori. Ibarat tanaman, kamu enggak "kering" banget.

5. Minum air hangat ketika buka puasa, boleh pakai teh manis hangat atau susu favoritmu. Lebih baik lagi jika kamu konsumsi air putih, karena air putih lebih mudah diserp tubuh.

6. Menurut keterangan yang dikutip dari Blog Dokter, Selasa (2/8/2011) ada baiknya melakukan olah raga ringan setelah berbuka, sekiranya setengah jam setelah berbuka puasa.

Dengan demikian, kamu bisa mengurangi dehidrasi akibat puasa saat kuliah 'kan? Jadi enggak ada alasan untuk sulit berkonsentrasi lagi dong

okezone.com

Rekomendasi Artikel: