Jasa Pembuatan Web Malang

Gaya Hidup

Resep Akur dengan Senior di Tempat Kerja

Menjadi warga baru dalam suatu komunitas kerap menimbulkan rasa minder atau takut. Terlebih lagi jika dihadapkan dengan para senior yang terlihat ‘angker’.
Sama halnya ketika kamu menyandang status sebagai karyawan baru. Jika kamu tidak segera mengatasi ketakutan terhadap senior, dalam waktu kurang dari tiga bulan, surat pengunduran diri akan menjadi jalan keluar yang paling mudah.

Padahal, ada lho beberapa cara untuk menghadapi senioritas di kantor. Yuk intip tipsnya seperti dikutip dari buku Anak Bawang Cari Peluang berikut ini.

Bersikaplah terbuka
Jalinlah komunikasi yang baik dengan rekan kerja, terutama senior di kantor. Tidak perlu sok kenal sok dekat dengan mereka. Kesan tertutup dengan meminimalisasi komunikasi dapat menimbulkan anggapan bahwa kamu ekslusif dan tidak ingin bergaul. Sehingga mereka juga enggan untuk mendekat atau sekadar berbincang.

Jangan ragu bertanya kepada senior
Merupakan hal yang wajar bagi seorang karyawan baru untuk banyak bertanya kepada senior di kantor. Sebab, mungkin masih banyak hal yang terasa baru maupun asing bagimu.

Hargai senioritasnya
Biar bagaimana pun juga kamu adalah pegawai baru sehingga kamu harus mampu menghargai senioritas yang dimilikinya.

Tunjukkan ketertarikan dan minat untuk mendengarkan pengalaman atau pendapatnya yang positif
Kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari mendengarkan pengalaman senior yang memang telah lebih lama berkecimpung di dunia tersebut. Dengan begitu, dia akan merasa dihargai dan cenderung untuk selalu membantumu.

Hindari memancing perdebatan
Jagalah sikap dan amarahmu di lingkungan yang baru. Kontrollah emosimu ketika marah atau merasa tidak setuju dengan sesuatu. Tenangkan dirimu ketika merasa marah atau kesal.

Sampaikan pendapatmu dengan hati-hati dan tetap sopan, agar dia tidak merasa tersinggung. Selesaikan permasalahan yang kamu alami secara personal dengan orang yang bersangkutan, bukan di depan banyak orang.

Jadi, tidak perlu takut lagi kan untuk bertemu dengan rekan kerja baru?

okezone.com

Add comment


Go to top