Gaya Hidup

Gaya Hidup

Magang ke Luar Negeri? Mau Banget!


Kisah-kisah mahasiswa dalam menjalani kehidupannya baik pribadi maupun bermasyarakat seolah tidak ada habisnya. Hadir dan belajar jam perkuliahan saja hanyalah sepenggal dari ragamnya aktivitas mereka. Satu hal menarik yang rata-rata dialami oleh mahasiswa adalah pengalaman magang.

Hampir seluruh universitas menerapkan program magang bagi mahasiswanya, dengan mengaplikasikan ilmu yang sudah dia peroleh. Rasanya, kalau magang di perusahaan biasa bukanlah satu keistimewaan. Tapi, pernahkah kamu berpikir bisa magang ke luar negeri?

Wah, rasanya mungkin enggak bisa diceritakan dengan kata-kata, ya? Tetapi, hal tersebut mungkin saja bisa kamu dapatkan. Buktinya, ada yayasan di Indonesia yang punya program pertukaran mahasiwa magang internasional, loh.

The Indonesian International Education Foundation (IIEF) melalui program Freeman Indonesia Nonprofit Internship Program (FINIP), memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengikuti program magang internasional.

Tiap tahun FINIP menyeleksi 10 mahasiswa Indonesia dan 10 Mahasiswa Amerika yang masih aktif kuliah, dipasangkan untuk menjalani program kerja magang dalam waktu dua bulan di berbagai LSM di Tanah Air.

Enggak hanya itu aja loh, Direktur IIEF Diana Kartika Jahja mengatakan, IIEF jkg menyediakan ragam program pertukaran yang bisa banget kamu ikuti.

"Kami punya program beasiswa akademik, profesional dan Non-Govermental Organization (LSM). Selain memberikan kesempatan, kami juga memberikan perhatian dan pendampingan penuh untuk perserta, terhitung sejak mengajukan diri hingga kembali lagi ke Indonesia," kata Diana kepada okezone di acara diskusi interaktif, Jumat (12/8/2011).

Pada diskusi tersebut, turut hadir Pakar Komunikasi Politik Effendi Gazali, Penulis Novel Ahmad Fuadi dan dua orang peserta magang internasional Dawson Matcalf dan Stephanie Sena. Diskusi tersebut membahas mengenai masalah yg dihadapi peserta selama menjalankan program tahunan tersebut.

Mahasiswa peserta magang internasional yang hadir pada diskusi tersebut dijadwalkan untuk berangkat ke Amerika malam ini, guna melanjutkan program yang masih berlangsung.

okezone.com