Gaya Hidup

4 Cara Maksimalkan Pikiran Positif

BERPIKIR positif memiliki sejuta manfaat, termasuk di antaranya terhindar dari penyakit jantung, lebih panjang umur, dan awet usia. Jika ingin mewujudkannya, berikut ini cara yang bisa Anda coba.

Memunculkan pikiran positif dalam diri tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jasmani, tapi juga rohani. Imbasnya, Anda pun akan merasakan titik kesejahteraan yang harmonis baik dalam hubungan spiritual, fisik, finansial, dan intelektual.

Strategi terbaik untuk membangun sikap mental positif adalah banyak mencuatkan rasa bersyukur.

"Jangan mencari hal yang tidak kamu miliki dalam hidupmu karena justru tidak akan memiliki apa-apa," ujar Rani Noesman MPsi dari Yayasan Kita dan Buah Hati dalam acara “Fashionable and Healthy during Ramadhan“ di Rumah Batik Danar Hadi, Melawai, Jakarta, Selasa (16/8/2011).

Ya, selama ini kebanyakan dari kita memang terlalu sibuk mencari yang tidak kita miliki dan cenderung mengabaikan apa yang kita miliki. Alhasil, kita pun banyak menyesali diri sendiri. Tentu ini merupakan suntikan negatif yang akan membuat seseorang tumbuh sebagai pribadi yang selalu saja merasa kekurangan.

Nah, untuk memunculkan sisi positif dalam diri, berikut ini cara yang dapat dicoba.

Miliki arah ke depan

Arah ke depan yang dimaksud yakni Anda memiliki visi. Anda perlu memunculkan hal yang lebih penting dalam hidup sehingga ada prioritas yang dituju dalam hidup Anda.

"Cara terbaik untuk melakukannya adalah setting tujuan Anda sekarang, lalu abaikan hal yang tidak penting, buat rencana dan lakukan," ulas Rani.

Kenali diri

Dengan mengenali diri sendiri, kita pun jadi lebih mengetahui kebutuhan serta kemampuan kita. Cara yang dapat Anda lakukan yakni mengamati sumber pikiran negatif yang paling dominan. Kedua, pahami kekuatan pikiran Anda dan pahami darimana asal semua pikiran Anda. Ketiga, putuskan Anda ingin menjadi seperti apa. Keempat, ciptakan penguat penciptaan pikiran positif (afirmasi, visualisasi, tempel gambar-gambar positif, dan musik yang menenangkan). Waspadai ketika pikiran yang akan menguasai Anda kembali dengan melakukan relaksasi (tarik nafas dan sadari apa yang Anda hadapi).

Ubah kekurangan menjadi kelebihan

Jika pandai memaksimalkan, sesuatu yang semula menjadi kekurangan bisa menjadikan kelebihan yang membuahkan kesuksesan bagi Anda. Caranya, gunakan otak intelektual kita, pindahkan mindset dari otak kanan ke kiri, sadari subcon Anda dan naikkan ke conscious mind, putuskan, berbuat baik pada orang lain, dan bersenang-senanglah dengan menjalani olahraga.

Egois hanyalah milik diri sendiri

Yang bisa memutuskan Anda bahagia atau tidak sebenarnya hanyalah diri Anda sendiri. Karenanya, konsentrasilah pada diri sendiri dan acuhkan situasi atau orang lain karena mereka berada di luar diri kita. Buatlah diri Anda bahagia karena kebahagiaan Anda tidak tergantung pada orang lain tetapi pada diri Anda sendiri.

okezone.com

Add comment


Go to top