web
counter

Gaya Hidup

Biar Enggak Kuper, Yuk Jaring 'Seribu Teman'!

Memiliki banyak teman baik merupakan keinginan banyak orang. Namun, di satu sisi, manusia sebagai individu cenderung menghindari hal-hal yang membuatnya tidak nyaman dan tidak pasti.
Padahal, membangun hubungan pertemanan dengan banyak orang saat kuliah, butuh keberanian. Penting untuk keluar dari zona nyaman untuk membentuk jaringan pertemanan. Percayalah, hal ini akan sangat berguna, terutama saat kamu lulus dan masuk dunia kerja.

Bagaimana caranya membangun pertemanan dan memiliki banyak teman? Berikut tipsnya seperti dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (20/7/2011).

Aktif di semua kegiatan
Berkutat dengan organisasi yang sama selama bertahun-tahun tentunya menyenangkan. Selain itu, kamu juga merasa aman karena berada di lingkungan yang sama selama bertahun-tahun. Namun, akan lebih bermanfaat jika kamu tidak fokus pada satu organisasi dan mencoba organisasi lain yang secara ideologi dan koneksi, sama sekali berbeda. Jika kamu bergabung dengan organisasi kampus yang berafiliasi dengan politik, kamu bisa mencoba organisasi pencinta alam atau seni. Dengan melakukan ini, wajah dan namamu akan mendapat pengakuan di seluruh lapisan.

Dekati teman asing
Sering kali orang begitu sibuk dengan kehidupannya dan lupa bahwa ada enam miliar manusia di bumi. Persahabatan yang terjalin selama bertahun-tahun memang menakjubkan. Namun, sahabat yang kamu kenal sejak kecil tidak akan lenyap begitu saja jika kamu tidak bergaul dengan mereka dalam beberapa hari. So, jadilah orang yang mudah didekati dan lakukan pendekatan kepada orang yang tidak kamu kenal. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan komentar (positif, tentunya) kepada seorang calon teman yang menggunakan kaus ‘heboh’.

Jadilah orang yang terbuka dan menarik
Banyak orang mengeluh kesulitan punya banyak teman. Padahal, terkadang ini karena mereka terlalu tertutup dan tidak membiarkan orang lain ‘masuk’. Jika ingin membangun koneksi dengan orang lain, adalah penting agar kamu terbuka. Dengan menyampaikan informasi diri, orang lain memiliki berbagai cara untuk mengingat kamu. Selain itu, menjadi orang yang menarik membuat orang lain tertarik untuk berteman. Sudah umum bahwa manusia lebih tertarik dengan orang yang mereka anggap menarik, daripada yang membosankan.


‘Jual’ dirimu
Salah satu medium untuk mengembangkan jaringan dan hubungan sosial adalah situs jaringan sosial. Kamu bisa bertukar akun Facebook dan Twitter. Kamu juga bisa menggunakan MySpace dan LinkedIn agar bisa tetap berhubungan dengan teman lama dan teman yang baru kamu kenal.

Jangan takut untuk menerima ajakan berteman dari teman yang kamu ajak bicara hanya beberapa kali. Fokus utamanya adalah membangun hubungan dengan orang lain sedemikian rupa sehingga mereka mengingat kamu di masa depan, dan tentunya jangan biarkan hubungan yang terjalin menjadi layu.


Wajahmu harus sering beredar
Ini merupakan hal paling penting dalam membangun hubungan. Adalah hal penting jika wajahmu sering dilihat orang lain. Tidak ada salahnya makan siang di berbagai tempat makan atau belajar di mana pun di lingkungan kampus. Orang yang lebih sering terlihat akan lebih mudah diingat. Ketika sosokmu dilihat calon teman berulang-ulang, mereka merasa wajib mengenal kamu dan pada akhirnya, percakapan tidak dapat dihindari. Bahkan jika kamu anggota dari banyak organisasi, tapi jika wajahmu tidak banyak ‘beredar’, maka itu tidak ada artinya.

Sulap hidupmu
Mampu menyeimbangkan semua saran di atas di tengah kegiatan belajar, pekerjaan sampingan, dan kegiatan organisasi tentunya tidak mudah dan membutuhkan keahlian yang baik. Namun, kamu jangan merasa lelah. Karena pada akhirnya ini akan membuat kamu merasa puas

okezone.com

Rekomendasi Artikel: