Hikmah

MEMULAI BELAJAR BAHASA ARAB


MEMULAI BELAJAR BAHASA ARAB

Oleh : Dr. H. Uril Bahruddin, M.A

Semua orang pasti ingin sukses dan berhasil dalam pekerjaannya, untuk berhasil diperlukan penguasaan terhadap aspek teknis pekerjaannya. Dan untuk itu, mereka harus melalui proses pembelajaran terlebih dahulu. Sukses tidak datang menawarkan dirinya kepada kita dengan cuma-cuma, tapi justru kitalah yang harus berusaha meraih dan mengejarnya, tanpa ada usaha Allah tidak akan menghadiahkannya kepada kita, karena Allah melihat kita belum layak untuk mendapatkannya.

Demikian pula dengan bahasa Arab, jika kita ingin mendapatkan hadiah kesuksesan dan kemahiran dalam berbahasa Arab, maka tidak ada jalan lain kecuali harus mengikuti proses pembelajaran. Orang yang buta huruf dimasa depan, bukan orang yang tidak bisa menulis dan membaca, tetapi orang yang tidak belajar bagaimana caranya belajar. Rahasia sukses belajar menurut Ibnu Abbas r.a. adalah dengan “akal yang gemar berpikir, dan lisan yang tidak malu bertanya”.

Kawan …
Belajar adalah proses transformasi dari tidak memiliki ilmu dan tidak tahu menjadi memiliki ilmu dan tahu; dari tidak mempunyai kehendak menjadi memiliki kehendak; dari tidak mempunyai ketrampilan menjadi memiliki produktifitas. Belajar bahasa Arab juga merupakan proses transformasi dari kondisi tidak menengenal bahasa Arab menjadi mengerti bahasa Arab. Sebelumnya tidak suka bahkan takut dengan bahasa Arab, menjadi senang dan cinta dengan bahasa Arab. Sebelumnya tidak memiliki ketrampilan, menjadi memiliki ketrampilan bahasa Arab.

Pertanyaannya berikutnya adalah bagaimana cara memulai belajar bahasa Arab? Sebelum betul-betuk kita memulai belajar bahasa Arab, agar kita sukses dalam mempelajarinya, perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa kita harus memasang niat yang diawali dengan adanya iradah atau kemauan yang kuat, kemauan itu harus dipupuk dan ditingkatkan hingga semakin kuat menjadi tekat, selanjutnya tekat yang selalu dipertahankan akan semakin kuat hingga menjadi azam.

Untuk meningkatkan kemauan hingga menjadi azam bukanlah pekerjaan yang sulit, asal bisa menyelesaikan ujian iradah yang biasanya menghambat di tengah jalan, yang paling utama itu biasanya adalah kemalasan. Azam yang kuat harus betul-betul kita pastikan adanya agar proses belajar bahasa Arab tidak berhenti di tengah jalan. Pada saat azam sudah kita miliki, maka berarti kita sudah siap untuk untuk memulai belajar bahasa Arab.

Tip sederhana untuk menumbuhkan niat belajar bahasa Arab adalah jika kita telah menemukan jawaban atas pertanyaan, mengapa saya harus belajar bahasa Arab?, kemudian menuliskannya dengan jelas dan menempelkannya pada tepat yang mudah menyapa kita setiap hari, misalnya di dekat tempat tidur.

Selanjutnya, kita harus menentukan target dari belajar bahasa Arab, baik target kompetensi maupun waktu. Misalnya, dalam waktu satu tahun ke depan saya harus bisa memahami ayat-ayat yang terdapat pada juz 29 yang dibaca oleh imam saat shalat taraweh. Contoh lain misalnya, dalam waktu enam bulan ke depan saya harus bisa berkomunkasi sederhana berbahasa Arab dengan teman saya baik melalui telepon maupun sms. Fungsi target ini adalah untuk mengukur usaha yang kita lakukan dan untuk menilai apakah kita sukses atau belum. Target itu jika telah berhasil kita lalui, maka pada tahun berikutnya kita tingkatkan dengan menentukan target yang baru, dan begitu seterusnya.

Setelah target kita pasang, barulah kita memilih pola, materi, cara, strategi dan media yang kita yakini dapat membantu kita mencapai target tersebut. Apakah kita mau belajar dengan pola mandiri atau dengan guru? Jika kita memilih belajar mandiri, apakah kita memilih dengan menggunakan media buku atau belajar online atau keduanya? Jika dengan guru, apakah kita memilih belajar privat atau bersama orang lain di kelas? Semua piliha-pilihan ini harus kita sesuaikan dengan target yang kita tetapkan, dan dalam menentukan target tentunya sudah mempertimbangkan kondisi dan kesiapan masing-masing.

Selanjutnya yang perlu dijaga dalam proses belajar adalah sebagaimana kita belajar materi apapun, yaitu kita harus disiplin dengan menjaga ketekunan, kesabaran, konsistensi dan kegigihan hingga kita mendapatkan target yang kita inginkan. Selamat menikmati belajar bahasa Arab. Wallau a’lam.
===============
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.