web
counter

Hobi

Cara Membedakan Jenis Kelamin Pada Burung

Pada intinya burung dapat diketahui jenis kelaminnya digolongkan dalam dua bagian yaitu species monomorphic dan species dimorphic.
Golongan monomorphic yaitu species burung yang tidak bisa ataupun sangat sulit kita bedakan berdasarkan penampilan luarnya, sedangkan golongan dimorphic akan sangat mudah sekali kita kenali antara jantan dan betina berdasarkan tampilan luarnya.
Adapun jenis-jenis burung monomorphic diantaranya seperti AM,AK,CR,CJ,Kenari dll. Sedangkan untuk yang dimorphic diantaranya seperti CI,Tledekan,kacer,MB dll.
Ada sebagian orang yang mungkin factor pengalaman ataupun jam terbangnya sudah cukup lumayan lama bisa membedakan jenis burung monomorphic berdasarkan pengamatannya.
Jadi pada intinya jenis burung monomorphic itu sendiri haruslah melalui proses yang lebih rumit untuk mengetahui jenis kelaminnya, seperti yang akan diuraikan seperti berikut:
Untuk burung muda( trotol) di pangkal lidah yang bercabang menghadap ke belakang, kalau jantan berwarna gelap/hitam… kalau berwarna merah jambu atau terang betina.
Untuk burung dewasa, kalau dua supit urangnya keras dan sela diantara dua supit urangnya tidak bias direnggangkan berarti jantan sedangkan kalau bias direnggangkan berarti betina.
Untuk kenari dan beberapa burung jenis finch tertentu, kalau duburnya menonjol dan membentuk sudut kearah depan berarti jantan sedangkan kalau rata atau menonjol tetapi tidak membentuk sudut berarti betina. Untuk kenari betina siap kawin (birahi) duburnya kelihatan sekali berwarna memerah.
Dengan tehnik pendulum :Media yg digunakan adalah :- peniti atau jarum yg digantung pada benang sepanjang sekitar 25cm.Caranya :- pegang burung yg akan dites jenis kelaminnya dan usahakan tangan anda tidak bergoyang agar jarum/peniti tsb benar-benar dalam kondisi diam.Taruh peniti/jarum tsb di atas sekitar dahi atau dubur (hasilnya akan sama saja) kurang lebih dlm jarak sekitar 1 s/d 2 cm (sedekat mungkin, asal peniti tsb masih bisa bergerak bebas)Tahan saja begitu, nanti jarum/peniti tersebut akan bergerak dg sendirinya.Di indikasikan jantan apabila :- jarum/peniti tersebut bergerak ke kiri ke kanan seperti lonceng jam. Bergeraknya tegas.Di indikasikan betina apabila :- jarum/peniti tersebut bergerak berputar melingkar, dg jelas.Selamat mencoba semoga saja bermanfaat..!!

Rekomendasi Artikel: