Hobi

Master burung kenari

 

Master untuk burung kenari hasil kawin silang tidak hanya tergantung jenisnya, tetapi yang lebih utama adalah suara burung tersebut. Ada beberapa jenis burung yang bisa dijadikan master untuk burung kenari. Herda Sanger telah lama menjadikan master, bahkan sebelum black throat masuk Indonesia, burung ini telah menjadi andalan pengisi suara kenari. Burung ini merupakan salah satu jenis viking yang mempunyai suara ngerol dan patah - patah, tepat untuk mengisi kenari.

Black Throat
Suara black throat untuk mengisi suara kenari sebaiknya dicari yang suaranya ngerol dengan nada patah - patah dan tidak bersuara ngepir. Suara patah patah ini yang paling mudah diterima kenari. Biasanya jika suara ngerolnya terlalu cepat sulit untuk bisa ditiru. Burung yang satu ini memang sangat cocok untuk mendidik kenari atau sebagai penganti harda sanger. Bentuk dan rupa black throat hampir sama dengan sanger hanya saja terdapat warna hitam di tenggorokan dan bulu kuning di bagian pangkal ekor.

Jalak suren
jalak suren yang tepat untuk master kenari, yaitu jalak suren yang masih mempunyai suara alasan dengan crecetan, Jalak suren yang suka ribut dengan penampilan suara crecetan sangat diperlukan untuk mengisi suara kenari.

Decu
Decu yang menjadikan master kenari cukup suara ngriwiknya 1/2 suara, pada saat ngriwik burung ini mengeluarkan berbagai ragam lagu yang dimiliki. Untuk itu, jika hanya dijadikan master kenari tidak perlu memilih yang bersuara keras, tetapi yang penting mempunyai berbagai irama. 


Burung kenari hasil didikan tentunya sangat diharapkan dapat berlaga di arena kontes dan keluar sebagai juara. Oleh karena itu, selain perawatan dan latihan rutin, saat mejelang lomba kenari harus dipersiapkan secara matang. Meskipun memiliki suara suara andalan, tetapi jika kurang persiapan, ketika lomba bisa macet atau jika bunyi suaranya kurang. Persiapan yang dilakukan mejelang lomba sekurangnya satu minggu sebelum pelaksanaan, mamasuki masa persiapan lomba kenari harus mendapatkan perhatian yang extra ketat.

Selain makanan yang diberikan untuk sehari, perlu juga ditambahkan biji bijian yang mempunyai kandungan gizi tinggi. Air minum yang diberikan menjelang lomba, sebaiknya diganti dengan air mineral yang ditambahkan vitamin yang banyak di pasaran diantaranya vitobel C-3, vitobel C-2R, vitasol, Growvit atau canary post. Pemberian vitamin atau obat obatan dalam air minum sebaiknya jangan secara bersamaan guna menghindari terjadinya kontaminasi. Namun diberikan secara bergantian atau cukup salah satu saja. 

Add comment


Go to top