Keislaman

Keislaman

Syarat Syar’i Hewan Qurban

Saat-saat menjelang hari raya Idul Adha jamak kita lihat menjamurnya pedagang-pedagang hewan Qurban (kambing/sapi) dadakan di pinggir-pinggir jalan, hal ini tentunya mempermudah bagi kita yang berencana untuk membeli hewan Qurban, selain mudah mendapatkan hewan Qurban kita juga dapat membandingkan harga antar pedagang. Namun ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih hewan Qurban, yaitu syarat syar’i dan ciri-ciri hewan yang layak untuk Qurban supaya Ibadah Qurban kita nantinya dapat dilaksanakan dengan sempurna.

Syarat Syar’i Hewan Qurban

Ada tiga syarat utama hewan qurban agar hewan qurban tersebut syah secara syar’i untuk dikurbankan. Syarat pertama yaitu Bahimatul An’am, definisi bahimatul An’am adalah hewan ternak yang berupa unta, sapi dan kambing yang mencakup kambing biasa (dengan bulu lurus dan kasar) dan domba (dengan bulu wol).

Syarat syar’i hewan qurban yang kedua adalah memenuhi usia minimal yang ditetapkan syari’at, masing-masing hewan qurban memiliki batas minimal usia yang berbeda-beda, dengan rincian :

Domba (sheep), usia minimalnya adalah 6 (enam) bulan Hijriyyah

Kambing (goat), usia minimalnya adalah 1 (satu) tahun Hijriyyah

Sapi (cow), usia minimalnya adalah 2 (dua) tahun Hijriyyah

Unta (camel), usia minimalnya adalah 5 (lima) tahun Hijriyyah

Syarat yang ketiga: hewan kurban harus bebas dari aib/cacat. Yang dimaksud dengan aib di sini adalah aib yang dinyatakan oleh Nash. Ada 4 (empat) aib utama yang dijelaskan dalam Nash yaitu ‘Aroj Bayyin (kepincangan yang jelas), ‘Awar Bayyin (buta sebelah yang jelas), Marodh Bayyin (sakit yang jelas), dan Huzal (kekurusan yang membuat sungsum hilang). Jika hewan kurban terkena salah satu atau lebih dari empat macam aib ini, maka hewan tersebut tidak sah dijadikan sebagai hewan kurban.

Ciri-Ciri Umum Hewan Qurban Yang Sehat

Adapun secara umum ciri-ciri hewan Qurban yang sehat adalah:

1.         Lubang kumlah (mulut mata, hidung, telinga, anus ) bersih dan normal. Mata jernih , cermin hidung tidak basah dan tidak kering. Bulu mengkilat

2.         Turgor (elastisitas) kulit baik (hewan yang tidak kekurangan cairan di dalam tubuh)

3.         Tidak ada luka atau borok

4.         Bergerak aktif,  mau makan dan minum

Bagaimana Tanda-tanda hewan yang layak untuk diqurbankan?

Hewan yang layak untuk diqurbankan adalah berkelamin jantan, cukup umur, tidak cacat dan tidak kurus.

1.         Cukup umur dapat dilihat kondisi gigi hewan : Sapi dan kerbau berumur di atas 2 tahun, ditandai  dengan sudah tumbuhnya lebih dari sepasang gigi tetap. Sedangkan domba dan kambing berumur di atas 1 th, ditandai dengan sudah tumbuhnya lebih dari sepasang gigi tetap.

2.         Tidak cacat : Tanduk lengkap (sepasang) dan tidak dipotong, buah zakar lengkap (2 buah) hewan tidak boleh dikebiri, kulit mulus : tidak ada luka/borok, tidak pincang.

3.         Tidak kurus dan bergizi baik :

Sapi: melihat tulang rusuk dan otot di sekitar pantat. Pada hewan yang kurus, bayangan tulang rusuk terlihat jelas.

Domba : tertutup bulu sehingga harus meraba daerah punggung. Jika teraba atau terasa sekali tulang punggung maka hewan tersebut kurus.

Bagaimana Tanda-tanda Hewan yang Tidak Sehat?

“Tanda-tanda umum hewan yang tidak sehat: mata sayu, tidak mau atau tidak nafsu makan, menyendiri atau memisahkan diri dari kelompoknya, berbaring saja, tidak aktif dan memperlihatkan gejala sakit.”

 

Dimana Mendapatkan Hewan Qurban Yang Memenuhi Syarat Syar’i dan Layak Qurban?

Bagi anda yang ingin membeli hewan Qurban, (khususnya yang berada di Jogja) tidak perlu khawatir karena Pusat Pengadaan Hewan Qurban Angkatan Muda Muhammadiyah Kotagede (PPHQ AMM Kotagede) kembali hadir untuk membantu anda yang ingin melaksanakan ibadah Qurban dengan sebaik mungkin.

Kunjungi showroom kami di Komplek SMK Muhammadiyah 3 (STM Giwangan), Jl. Pramuka 62, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta dan dapatkan hewan Qurban  yang terbaik sesuai dengan budget yang anda sediakan.

Rekomendasi Artikel: