Ibadah

Ibadah

Doa Keselamatan dari Badai


اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا هَاجَتْ بِهِ الرِّيَاحِ وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا. اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا عَلَيْنَا رَحْمَةً وَعَلَى الْكَافِرِيْنَ عَذَابًا وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ


Bismillâhir Rahmânir Rahîm
Allâhumma shalli ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad
Allâhumma innî as-aluka khayra mâ hâjat bihir riyâh wa khayra mâ fîhâ, wa a`ûdzu bika min syarrihâ wa syarri mâ fîha. Allâhummaj`alhâ `alaynâ rahmatan wa `alal kâfirîna `adzâban wa shallallâhu `alâ Muhammadin wa âli Muhammad.


Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan apa saja yang dihembuskan oleh angin dan kebaikan apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung dengan-Mu dari keburukannya dan keburukan apa saja yang ada di dalamnya. Ya Allah, jadikan angin itu rahmat bagi kami dan azab bagi orang-orang yang ingkar kepada-Mu, semoga Allah selalu menyampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad.

Doa ini dikutip dari hadis yang bersumber dari Ahlul bait Nabi saw, keluarga Rasulullah saw. (Kitab Al-Mustadrak 16: 176).

Doa ini sebaiknya didawamkan (dirutinkan) di saat-saat musim badai, khusus bagi saudara2 kita yang tinggal di daerah rawan terkena musibah badai. Dibaca sesudah shalat2 fardhu, dan saat akan terjadi badai.

Mohon disebarkan doa ini pada keluarga dan kerabat kita, sahabat dan rekan2 kita. Khususnya saudara2 kita yang tinggal di daerah yang rawan terkena musibah badai. Semoga doa ini bermanfaat bagi kita semua.

Sekitar Masalah Badai
Sebenarnya badai bukan hanya peristiwa alamiah semata, tetapi juga disebabkan oleh dosa-dosa manusia dan kerusakan alam disebabkan oleh tangan-tangan jahil manusia.

Allah swt berfirman:
“Apa saja musibah yang menimpamu, itu karena perbuatan tanganmu sendiri, Allah memaafkan sebagian besar.” (Asy-Syura/42: 30)

“Sesungguhnya Allah tidak akan pernah merubah kenikmatan yang dianugrahkan pada suatu bangsa sehingga mereka sendiri yang merubah apa yang ada pada diri mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui” (Al-Anfal/8: 53)

“Jika sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka karena perbuatannya.” (Al-A’raf/7: 96)

Dalam suatu hadis disebutkan: “Jika kamu telah sampai ke tepi suatu nikmat, maka janganlah kamu membuat lari tepi yang lain karena kurangnya bersyukur.” (Nahjul Balaghah, syarh Al-Faydh, hlm 1083)

Dalam hadis yang lain disebutkan: “Allah tidak pernah memberikan suatu nikmat kepada hamba-Nya lalu Dia mencabutnya kembali sehingga dia melakukan suatu dosa yang mengharuskan Allah mencabut kenikmatan itu.”

Khusus tentang Badai
Allah swt berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menghembuskan angin yang sangat kecang kepada mereka pada hari nahas yang terus-menerus.” Al-Qamar: 19). “Kami kirimkan kepada mereka angin yang membinasakan.” (Adz-Dzariyat: 41).

Tentang pentingnya Doa
Allah swt menyatakan: “Katakanlah: Tuhanku tidak akan memperhatikan kamu kalau bukan karena doamu.” (Al-Furqan: 77).
Wassalam, Semoga bermanfaat

http://shalatdoa.blogspot.com
http://syamsuri149.wordpress.com

.