Jasa Pembuatan Web Malang

Muhasabah

Menyikapi Kelulusan UN (Ujian Nasional) dengan Bijaksana

/sujud syukur ujian nasional.jpgMenyikapi Kelulusan UN (Ujian Nasional) dengan Bijaksana. Pada bulan ini akan diumumkan kelulusan siswa dari berbagai jenjang pendidikan. Untuk Sekolah Menengah Atas dan sederajat diumumkan kemarin tepatnya pada tanggal 26 Mei 2012.  Kelulusan merupakan hal yang palin ditunggu-tungu oleh setiap siswa yang menjalani ujian. Antara perasaaan cemas dan berhap bercampur menjadi satu. Pasalnya, pengumuman kelulusan merupakan penentu kelanjutan studi berikutnya. Selain itu kelulusan juga penentu berhasil tidaknya dalam menempuh studi selama pendidikan. Hingga tak jarang ketika pengumuman telah disampaikan dan dinyatakan lulus dilampiaskan dengan kegiatan negatf, mulai dari kegiatan corat-coret, konvoi sepeda motor dijalanan hingga pesta seks dan miras. Beberapa hal positif yang dapat dilakukan dalam menyikapi kelulusan UN diantaranya adalah:
 
Bersyukur pada Tuhan
Keberhasilan dalam pendidikan tak lepas atas rahmat dari Tuhan. Dalam bersukur ini bias dilakukan dengan melakukan kegiatan positif menurut tuntunan agama masing-masing. Sudah menjadi kewajiban manusia untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikan.
Untuk agama muslim misalnya dengan bersujud syukur. Bersyukur karena mendapatkan anugerah yang sangat besar berupa kelulusan dan perjuangan itu yang akan menentukan masa depan mereka. Dengan bersyukur maka nikmat yang kita dapatkan dari Allah akan selalu bertambah.
 
Ucapkan terima kasih kepada guru
Dalam menempuh pendidikan tak lepas dari perjuangan, bimbingan dan dukungan guru dalam menimba ilmu pengetahuan  selama proses pembelajaran disekolah. Karena bagaimanapun guru adalah orang tua ketika disekolah. Ucapkan terima kasih yang tulus atas perjuangannya dan mohon doanya mudah-mudahan diberi kesuksesan di jenjang berikunya.
 
Menyumbangkan Seragam atau Alat Sekolah

Dengan mencoret-coret seragam sekolah sangat tidak bermanfaat. Alangkah baiknya memberikan seragam sekolah pada anak-anak yang tidak mampu. Atau alat-alat sekolah yang masih layak pakai. Perilaku ini akan sangat bermanfaat.

Hindari kegiatan foya-foya
Kegiatan foya-foya ini sering dilakukan oleh para siswa setelah pengumuman diterma dan dinyatakan lulus. Kelulusan bukanlah akhir dari perjunagn dalam hidup, justru mulai menapaki masa depan yang lebih berat lagi. Kegiatan foya-foya hanya akan merugikan diri sendiri baik secara fisik maupun materi.
 
Tetap optimis menapaki masa depan
Setelah kelulusan ada beberapa pilihan yang harus dijalani dimasa yang akan datang, melanjutkan studi atau bekerja. Tentunya setiap orang memiliki pilhan sendiri-sendiri. Apapun pilihan itu pastinya sudah dipertimbangkan dengan baik. Tetaplah optimis dalam menjalani hidup, untuk meraih kesuksesan.
 

Add comment


Go to top