Motivasi

Motivasi

Karakter Adalah Tanggung Jawab Anda


Karakter Anda menciptakan pilihan-pilihan Anda, dan pilihan-pilihan Anda menciptakan karakter Anda. Jadi sebenarnya karakter adalah JUMLAH TOTAL dari semua PILIHAN Anda setiap hari.

Karakter Anda hari ini adalah hasil dari pilihan-pilihan Anda kemarin. Karakter Anda besok akan menjadi hasil dari pilihan-pilihan Anda hari ini. Untuk mengubah karakter Anda, ubahlah pilihan-pilihan Anda. Hari demi hari, apa yang Anda pikirkan, apa yang Anda pilih, dan apa yang Anda lakukan adalah apa jadinya Anda. Begitu juga hanya dengan melihat karakter seseorang, Anda bisa mengerti pilihan-pilihannya dan bahkan meramalkan akan jadi apa mereka.

.

Karakter tidak bisa diwariskan, karakter tidak bisa dibeli dan karakter tidak bisa ditukar. KARAKTER harus DIBANGUN dan DIKEMBANGKAN secara sadar hari demi hari dengan melalui suatu PROSES yang tidak instan.

Karakter bukanlah sesuatu bawaan sejak lahir yang tidak dapat diubah lagi seperti sidik jari. Saya memperhatikan bahwa orang-orang dengan karakter buruk cenderung mempersalahkan keadaan mereka. Mereka sering menyatakan bahwa cara mereka dibesarkan yang salah, kesulitan keuangan, perlakuan orang lain, atau kondisi lainnyalah yang menjadikan mereka seperti sekarang ini.

Memang benar bahwa dalam kehidupan, kita harus menghadapi banyak hal di luar kendali kita, namun karakter Anda tidaklah demikian. Karakter Anda selalu merupakan hasil pilihan Anda. Setiap orang bertanggung jawab atas karakternya. Anda memiliki KONTROL PENUH atas karakter Anda, artinya Anda tidak dapat menyalahkan orang lain atas karakter Anda yang buruk karena Anda yang bertanggung jawab penuh. Mengembangkan karakter adalah TANGGUNG JAWAB pribadi Anda.

Ketahuilah bahwa Anda mempunyai potensi untuk menjadi seorang pribadi yang berkarakter; upayakanlah itu. Karakter, lebih dari apapun, akan menjadikan Anda seorang pribadi yang memiliki nilai tambah. Karakter akan melindungi segala sesuatu yang Anda hargai dalam kehidupan ini.

Oleh Haryanto Kandani