Motivasi

Motivasi

Be a Big Tree


Kita semua pasti pernah melihat pohon-pohon besar di lingkungan kita. Mungkin tidak akan ada reaksi yang berlebihan ketika kita melihat pohon yang tingginya biasa saja, namun ketika kita melihat pohon yang tingginya mulai di atas rata- rata, bahkan tingginya luar biasa, pasti kita mulai terkesima dengan tinggi dan besarnya pohon tersebut. Apalagi ketika dilihat dari rimbunya pohon tersebut, cabangnya yang banyak dan besar, dan daunya yang lebat menutupi daerah yang luas di bawahnya.

Jika ditelaah lebih jauh lagi, tentu pohon besar memiliki daya dukung kehidupan yang lebih besar terhadap lingkungan di sekitarnya, dibanding pohon yang tidak terlalu besar, ataupun pohon kecil. Kita bisa berlindung di bawahnya ketika panas menyengat, banyak binatang-binatang bisa hidup dan membuat sangkar di pohon tersebut, bahkan banyak pohon-pohon kecil lainya akan dapat tumbuh dan hidup dengan hinggap di pohon tersebut.

.

Setiap pohon besar, pasti memiliki cerita panjang dalam pertumbuhanya, tidak terhitung berapa banyak hujan besar, dan panas terik yang telah dia hadapi, terkadang hujan turun terlalu sering, terkadang hujan turun terlalu jarang. Petir-petir besar dan menakutkan tidak jarang jadi bagian dari hidup mereka.

Tapi ketika melihat kebaikan yang ditimbulkan dari sebuah pohon ketika dia menjadi besar, rasanya perjuangan yang telah dilalui adalah harga yang pantas untuk didapatkan.

Kita juga tidak boleh lupa, bahwa ada satu hal yang pasti dimiliki oleh setiap pohon besar, apapun jenisnya, dan dimanapun dia berada, tentunyaselalu ada akar kokoh yang mampu menopang kehidupannya. Tidak semua orang menyadari seberapa dalam dan kuatnya akar sebuah pohon besar, padahal akar tersebutlah yang menopang dan mengalirkan kehidupan pohon tersebut.

Begitupun dalam kehidupan nyata, pohon besar bisa kita ilustrasikan sebagai yang orang sukses. Setiap orang sukses, pastilah mereka yang telah melewati jalan kesuksesan. Dalam perjalanan menuju titik sukses tersebut, tentu kita mereka telah melewati prosesnya. Seperti dalam proses sebuah pohon yang tumbuh besar, tidak jarang kita harus melewati banyak kegagalan, rintangan, bahkan direndahkan oleh orang- orang sekeliling kita ketika kita berjuang mencapai kesuksesan di hidup kita.

Dan ketika kita melihat hasil seseorang yang berada di puncak kesuksesanya, rasanya tidak akan ada penyesalan dari perjuangan yang telah dilakukan. Ketika seseorang hidup berkelimpahan secara materi, sadar maupun tidak sadar, selain bagi dirinya sendiri, akan ada daya dukung kehidupan yang dia timbulkan bagi lingkungan sekitarnya. Seperti pohon besar tadi, sadar maupun tidak sadar, setiap nafas kehidupanyapun akan berguna bagi lingkungan sekitarnya, mulai dari mengurangi pencemaran udara, menjadi sangkar hidup makhluk hidup lain, menjadi hidup pohon-pohon kecil lainya, bahkan ketika dia mati, setiap bagian tubuhnya masih bisa berguna bagi orang lain.

****

Selayaknya pohon besar yang setiap nafas kehidupanya berguna bagi lingkungan mereka, ketika kita berada di titik terendah dalam hidup kita, bahkan ketika tidak ada seorangpun yang mendukung perjalanan kita menuju sukses, pikirkanlah kebaikan yang akan ditimbulkan dari kesuksesan kita nanti, berapa banyak kebaikan dan daya dukung kehidupan yang dapat kita persembahkan bagi lingkungan kita. Cukup diam, teguh pada keyakinan, dan konsisten berjuang di jalan yang benar, biarlah kebaikan dan pencapaian kita yang menjawab semuanya.

Selayaknya pohon besar yang melewati hujan, panas, dan menghadapi petir, tidak ada jalan instan untuk sebuah kesuksesan. Ada harga yang harus dibayar, perjuangan yang harus dilakukan, pengorbanan yang harus diberikan, dan jalan yang harus ditempuh demi sebuah kesuksesan.

Selayaknya pohon besar, kebanyakan dari kita hanya melihat pohon besar dari seberapa tinggi dan kokoh pohon tersebut, tanpa melihat seberapa kokoh akar yang menopangnya. Ketika melihat orang sukses, mungkin kita hanya terkesima melihat hidupnya yang berkelimpahan materi, tapi kita juga harus ingat, bahwa selalu ada ada iman, keyakinan, dan karakter di dalam diri orang tersebut ,yang membuat orang tersebut memiliki kepantasan untuk sukses, sehingga kesuksesanpun dengan sendirinya akan datang pada waktu dan tempat yang tepat.

Dan selayaknya pohon besar, sebesar dan setinggi apapun dia tumbuh, akarnya selalu ada di bawah tanah. Dia selalu ingat darimana dia berasal, dan darimana kehidupan dia peroleh. Sebesar apapun kesuksesan yangkita peroleh, alangkah baiknya kita selalu ingat darimana kita berasal, agar kita selalu rendah hati dan tidak menjadi sombong.

Oleh Ivander Wijaya