Motivasi

Motivasi

5 "S" Aturan Sederhana Menetapkan Impian Yang Powerfull


Dan masih tentang impian, kali ini kita akan membahas bagaimana syarat menetapkan impian yang powerfull, dan betul-batul maksimal.Inilah 5 "S" panduan membuat dream yang powerfull dan agar bisa menjadi kenyataan:

1. Setinggi-tingginya.
Inilah yang kita bahas pada bagian sebelumnya, yakni Dreamlah setinggi-tingginya kemudian jatuhlah dan sukseslah! Bermimpilah yang tinggi. Impian yang tinggi akan menjadikan anda manusia yang berpikir besar. Ir. Soekarno berpesan "Gantungkan cita-citamu setinggi langit!"

Tuhan memberkan kita anugerah untuk berimajinasi. Seperti kata Stephen R Covey penggagas The 7 Habit of Highly Effective People, bahwa ada empat anugerah terbesar Tuhan untuk manusia, salah satunya adalah kemampuan berimajinasi. Gunakanlah anugerah ini untuk bermimpi yang besar. Bukankah bermimpi itu gratis? Pertanyaannya adalah, jika berpimpi saja anda takut tinggi-tinggi, bagaimana bisa benar-benar mencapai puncak kesuksesan. Mimpilah setinggi-tingginya.

2. Sebenar-benarnya
Apa maksudnya? Impian anda harus autentik, menunjukkan diri anda yang sebenar-benarnya. Impian anda tidak boleh imitasi. Ikut-ikutan orang lain. Harus real. Datang dari dalam diri sendiri. Setiap orang memiliki motivasi tersendiri dalam dirinya. Termasuk hal yang diimpikannya. Maka bermimpilah sebenar-benarnya diri anda. Temukan motivasi diri anda tersebut.

3. Sejelas-jelasnya
Ini mutlak diperlukan. Impian anda harus ditulis dengan sejelas-jelasnya. Sedetail mungkin dan se-spesifik mungkin. Dalam buku best seller Fight Like a Tiger, Win Like a Champion, Imam Munadhi dan Darmadi Darmawangsa menuliskan setidaknya ada 5 keuntungan menentukan impian yang jelas, yakni hasil yang lebih besar, prestasi yang semakin meningkat, motivasi yang lebih besar, kepercayaan diri yang lebih besar, dan sikap yang lebih positif.

Filsuf besar Seneca mengatakan, "Jika seseorang tidak tahu kemana arahnya berlayar, maka tidak ada angin yang bisa membantunya."

4. Seolah-olahnya
Ini sangat penting. Dalam menetapkan impian berarti anda telah menetapkan masa depan anda. Seperti kata Napoleon Hill, "Impian adalah blue print (cetak biru) prestasi terbesar anda." Maka dalam menentukan impian itu anda harus betul-betul berasa dan berpikir seolah-olahnya impian itu telah terjadi saat ini. Ini adalah konsep psikologis. Kaitannya dengan keyakinan anda.

5. Sedalam-dalamnya
Maksudnya, setelah menetapkan impian yang benar dan jelas, maka impian tersebut harus kembali ditanam sedalam-dalamnya kedalam diri dan batin anda. Impian itu harus menyatu dengan anda. Impian ini harus tertanam dalam setiap aspek diri anda. Dalam pikiran anda, dalam prinsip anda, dalam tindakan anda, dalam alam bawah sadar anda, dan yang paling penting dalam doa anda, impian itu harus ada dan hidup.

Ada dua hal untuk melakukan ini dengan benar yakni autosugesti dan visualisasi. Kita akan membahas tentang ini pada postingan selanjutnya.

.

Edward Rhidwan | The Spiritor Indonesia