Motivasi

Motivasi

10 Kiat Agar Terus Kreatif


Banyak orang yang bisa terus kreatif, tapi tak jarang yang mengaku sulit menjaga energi dan kreativitas tetap tumbuh. Banyak hal yang bisa membuat semangat dan kreativitas menurun seperti pekerjaan, keluarga, dan tekanan dari tempat lainnya. Situs Blogher.com memberikan beberapa tips untuk mendapatkan kembali semangat Anda dan tetap kreatif.

 

1. Terus mencari

Kadang-kadang kita berada dalam kondisi rutin dan tidak benar-benar mengamati. Paksa diri Anda untuk terus melihat hal-hal baru. Bagaimana caranya? Cobalah melihat ruangan Anda, amati semua sudut, bentuk, warna, dan bayangan yang mungkin tidak diperhatikan sebelumnya. Saat  melakukan ini, Anda akan menyadari hal menarik lainnya dalam kehidupan sehari-hari dan juga melatih daya kreativitas.

 

2. Lepas dari rutinitas

Jika Anda melalui jalan yang sama setiap kali pegi kerja, makan makanan yang sama atau menggunakan alat yang sama saat berkreasi, cobalah  mengubah semua. Anda mungkin akan menemukan hal yang baru atau tempat baru yang menarik di daerah itu.

 

3. Terinspirasi dengan dunia fotografi

Manfaatkan kamera pada ponsel Anda untuk mengambil gambar-gambar menarik yang Anda temui dan suka. Pikirkan cara bagaimana Anda akan menggunakan hasil jepretan itu untuk menciptakan kreasi sendiri. Ambil semua yang menurut Anda menarik dan gunakan kesenangan ini untuk mendapatkan inspirasi.

 

4. Menjadi anak-anak lagi

Bermain penting bagi kreativitas. Jika Anda selalu merasa stres, satu hal yang bisa Anda lakukan adalah keluar dari lingkungan itu. Ambil sepeda, jalan ke taman atau kunjungi taman bermain. Bersenang-senanglah dan nikmati kehidupan. Hal ini akan membawa energi positif yang bisa Anda gunakan untuk berkreasi.

 

5. Kembali ke dasar

Cari sesuatu yang biasa Anda gunakan di awal kreativitas Anda. Gunakan telunjuk sebagai kuas, mewarnai di luar garis dan mengikuti kata hati. Jangan dipikirkan, lakukan sesuai dengan keinginan dan nikmati prosesnya. Ini bukan tentang mencari kesempurnaan, tapi tentang hidup dengan kreatif.

 

6. Kelilingi diri Anda dengan kreativitas lainnya

Apakah itu musikus atau orang yang senang mencoba berbagai macam bumbu di dapur, buka pikiran Anda tentang kegiatan mereka dan belajar dari mereka. Orang yang kreatif akan membagi kreativitasnya dengan yang lain. Hal ini bisa membantu memecahkan masalah dan melewati rasa takut. Orang yang kreatif cenderung saling mendukung satu sama lain, hingga perlu terus bekerja sama dan menciptakan sesuatu yang menarik!

 

7. Luangkan waktu untuk membuat jurnal

Dokumentasikan semua pengalaman Anda melalui kata-kata. Buat daftar, tandai hal-hal lucu dan catat kehidupan di kertas. Biarkan kata-kata mengalir dan jangan menulis hanya karena ingin membuat dunia Anda sempurna. Karena sekarang kita hidup di dunia digital, akan sangat bagus jika Anda mencatatnya di kertas dan gunakan pulpen untuk meningkatkan semangat kreatif.

 

8. Jadilah tuan bagi kapal Anda

Anda bisa mengambil kursus di sekolah setempat, bertemu dengan kelompok tertentu, cari toko-toko online atau forum untuk berpartisipasi. Semakin banyak Anda mempunyai keahlian kreatif, semakin banyak hasrat yang Anda miliki. Jadi cari tahu dan tunjuk apa yang Anda inginkan!

 

9. Latihan

Luangkan waktu setiap hari atau minggu untuk melakukan sesuatu yang kreatif di pekerjaan dan karya Anda. Seperti halnya olahraga, jika Anda menginginkannya, Anda akan melihat hasilnya. Tapi jika tidak menginginkannya, Anda akan merasa kering.

 

10. Temukan suara Anda sendiri

Jangan berusaha membandingkan kreativitas Anda dengan orang lain. Ini hal yang berat, tapi Anda harus mencari kreatifitas Anda sendiri. Ambil waktu untuk mengevaluasi apa yang telah dibuat.

dewi retno | tempointeraktif.com