Motivasi

Bukan Not Work tapi Network!

 

 

 

Apapun bisnis yang lagi agan jalani sekarang, pasti terkait orang lain, entah itu suplier, konsumen, agen, reseller atau investor. Intinya, bisnis jalan agan pelu orang lain, betul?!

Nah, makanya ada yang bilang gan, bisnis itu SENI, lho kok bisa?? Iya gan , soalnya dalam bisnis itu akan sangat terkait dengan orang, pribadi2 manusia. Jadi bisnis itu adalah seni mengelola orang, mulai dari karyawan, suplier, investor, distributor, agen sampe konsumen.

Sangat erat kaitannya bisnis dengan interaksi dengan sesama, makanya ada satu poin yang kudu mesti dilakuin oleh siapapun yang mau sukses.
Yuph, betul gan. Jaringan-Networking, atau dalam istilah agama Islam dikenal Silaturahim. Dalam agama Islam, Silaturahmi ini menjadi bagian penting berkaitan dengan kelapangan rizki lho.

So, kali ini, ane mau bahas seputar networking yang bisa dibilang sebagai pembuka pintu rizki bagi bisnis kita. Sekarang coba agan bayangkan, agan jalani bisnis tanpa ada yang namanya networking, agan gak berupaya kenal, menjalin hungungan dengan orang lain, contoh calon konsumen gan, siapa coba yang mau beli produk agan, dari mana mereka tahu kalau agan punya produk bagus?! Belum lagi kalau agan mau perluas jangkauan pasar, agan perlu mitra untuk jadi agen misalnya, itu juga perlu networking yang kuat.

So, mulai sekarang ambil setiap kesempatan untuk mengoptimalka jaringan. Banyak hal yang bisa kita lakukan gan biar koneksi jaringan kita makin luas.
Berikut sedikit ane share beberapa poinnya, cekidot ya..

1. Inisiatif cairkan suasana
Mulailah berinisiatif mencairkan suasana, menyapa terlebih dulu, misalnya tanya jam berapa, yah, sekedar basa basi pembuka. Ini biasanya bagus agan terapin ketika di lift, di ruang tunggu atau di halte bis. Biasanya kalau udah bisa basa basi kedepannya akan lebih cair, bisa-bisa berlajut panjang lebar deh pembicaraanya.

2. Harus punya kartu nama
Ini salahsatu senjata yang cukup ampuh gan, makanya ini wajib agan punya dan siap sedia di saku atau dompet kemanapun agan pergi. Sediakan dalam jumlah yang cukup ya gan, khusus kalau lagi menghadiri acara seperti seminar, pameran, usahakan sediakan lebih banyak. Dan ingat, agan harus bertukar kartu nama, bukan hanya memberi tapi BERTUKAR. Dengan kartu nama ini, agan punya akses untuk menghubungi atau dihubungi dilain waktu, ini bagus untuk follow up ke depannya.

3. Buat jadwal kunjungan ke teman/kerabat perbulannya
Meski zamannya sekarang sudah pake jejaring sosial, bisa saling sapa jarak jauh tanpa ketemu, agaknya metode lama “ketemu langsung” tetep perlu gan. Ketemu langsung tetep beda karena lebih intim, lebih dalem...sumur kali ya??hhehe. Makanya sempatkan, luangkan waktu untuk bertemu dengan teman atau kerabat.

4. Ikuti acara-acara yang banyak pesertanya
Acara-acara seperti seminar, workshop, pameran, reuni jadi sarana yang bagus banget gan buat nambah relasi. Jadi jangan dateng cuma sekedar dengerin pemateri, sayang banget gan. Agan harus optimalkan momen ini dengan berkenalan dengan sebanyak mungkin orang yang hadir disana, syukur-syukur dengan orang yang punya pengaruh. Jadi selain dapet ilmu agan juga dapet jaringan, dobel lebih mantap!

5. Optimalkan jejaring sosial
Sekarang ini eranya jejaring sosial, jangan sampe ketinggalan untuk gunakan yang satu ini. Silahklan dah agan join dimana aja, karena tiap situs jejaring sosial tentu punya plus n minusnya. Dengan adanya situs jejaring sosial maka networking bisa dilakukan dengan mudah dan powerfull. Bagaiman nggak, cukup bikin akun, gratis pula, agan bisa terhubung dengan jutaan orang di Indonesia, bahkan dunia. Nah, sekarang tinggal bagaimana agan mengoptimalkannya demi memperluas jaringan. Berusahalah aktif dan memberi nilai yang positif dengan konten atau komen yang agan posting. Karena ini menentukan kredibilitas agan.. duh, berat banget ya! Hehe. Rajin-rajin aja komen di postingan orang lain, biar makin aksis. hehe

Okeh gan , sekian dulu sharing dari ane, semoga bermanfaat.
Langsung action ya, biar makin mantap networking dan bisnisnya!

 

 

 

Go to top