Pendidikan

KEMBALIKAN PENDIDIKAN INDONESIA


Judul: KEMBALIKAN PENDIDIKAN INDONESIA
Bahan ini cocok untuk Semua Sektor Pendidikan bagian SISTEM PENDIDIKAN / EDUCATION SYSTEM.
Nama & E-mail (Penulis): Hada Ahkamajaya
Saya Mahasiswa di uin sunan kalijaga yogyakarta
Topik: TUJUAN MULIA PENDIDIKAN
Tanggal: 19 Desember 2007

MARI KEMBALIKAN PENDIDIKAN INDONESIA

Kehidupan modern yang maju membuat tuntutan kepada setiap orang mendapatkan kehidupan yang layak/ lebih tak terkecuali bagi seorang pendidik. Hal ini dapat tercermin dari maraknya aksi demonstrasi yang dilakukan oleh para pendidik (guru) untuk menuntut kenaikan gaji mereka, sehingga merusak citra pendidik (guru) dan tujuan mulia pendidikan, namun kitapun tak bisa serta merta langsung menyalahkan para pendidik dan menganggap mereka sebagai manusia yang mementingkan diri pribadi mereka karena itu semua adalah suatu kewajaran yang pasti terjadi di zaman seperti sekarang ini.

Mencerdaskan kehidupan bangsa, itulah salah satu cita-cita mulia bangsa ini yang sangat tercermin dalam bidang pendidikan. Dalam pasal 31 ayat 3 dijalaskan bahwa :

"Pemerintah mengupayakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang".

Jadi secara tidak langsung untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tugas utama dari pendidikan, dimana cerdas bukanlah hanya berarti pintar secara inteletktual tapi juga pintar secara ekonomi, social ,politik, agama dan sebagainya.

Dalam mewujudkan itu semua, tidaklah mudah dan sangat sulit karena pada dasarnya bangsa ini memiliki kemampuan, kemauan yang terbatas dan kekurangan yang relatif banyak dan juga ditambah dengan kekurangtegasan para aparatur pemaerintahan dalam menjalankan tugas dan kebijakan yang ada sehingga untuk memfokuskan dan memprioritaskan kebijakan dalam bidang pendidikan sangat sulit walaupun memang mungkin saja bisa.

Oleh karena itu untuk meningkatkan atau mewujudkan mutu pendidikan Indonesia dapat dimulai dari konsistensi pemerintah terhadap kebijakan tentang pendidikan. Dalam konsideren undang-undang dinyatakan " bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangf an sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan local, nsional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan".

Berangkat dari hal kecil yang sangat berperan penting itulah kita harus memajukan pendidikan Indonesia, karena ketika kebijakan/keputusan pemerintah tidak dapat terealisasikan, misalnya anggaran bagi pendidikan yang 20%,pemerintah dapat mengecilkan biaya pendidikan sehingga memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk mengenyam pendidikan, tidak kaya, maupun miskin (walaupun mungkin memang sulit namun tak ada salahnya kita mencoba), sebab dengan pendidikan kita mampu mewujudkan segala sistem yang mapan dari berbagai bidang namun jika hanya pemerintah saja yang bekerja atau berperan, itu semua takkan cukup karena peran dari masyarakatpun sangat penting sehingga wajiblah bagi kita semua untuk membantu pemerintah dalam merwujudkan tujuan mulia pendidikan.

Oleh karena itu sangat dibutuhkan kerjasama antar seluruh komponen bangsa, agar tujuan pendidikan dan salah satu tujuan bangasa menjadi jelas dan bersama bekerja untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta kita harus ingat bahwa janganlah memikirkan apa yang dapat diberikan negara, pemerintah padai kita tapi pikirkanlah apa yang dapat kita berikan pada negara, dan pemerintah.
Saya Hada Ahkamajaya Mohon Pilih jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network dan saya menjamin bahwa bahan ini hasil karya saya sendiri dan sah (tidak ada copyright). .

.