Pendidikan

Produktif Itu Diawali Dengan Menentukan Prioritas


Gagal mengelola waktu bisa menjadikan seseorang tidak produktif. Atau dengan kata lain, seseorang yang tidak produktif biasanya karena ia salah menetapkan prioritas.

Sejak tahun 1997, saya menggunakan kerangka penggunaan waktu yang dipopulerkan oleh Stephen R. Covey. Cara ini sangat membantu dalam menetapkan prioritas hidup sehingga saya selalu bersemangat.

Menurut Covey ada 4 cara membagi/mengelola waktu. Pertama, penting tetapi tidak mendesak. Apa contohnya? Anda menemui seorang klien potensial itu penting. Tetapi bila pertemuan itu hanya untuk membicarakan susunan acara gathering awal tahun 2012 itu berarti tidak mendesak. Bukankah sekarang masih September?

Kedua, mendesak tetapi tidak penting. Misalnya? Saya pernah ditelepon teman lama zaman sekolah dulu. “Mil bantuin saya dong. Mantan pacar saya besok mau menikah. Ini khan kejadian spesial buat dia. Saya ingin memberikan hadiah yang mahal dan berkesan buat dia supaya dia menyesal tidak memilih saya.” Kemudian saya bertanya, “Terus apa hubungan dengan saya?” Dengan mantap dia menjawab, “Tolong pinjemin saya uang dong!”

Ketiga, tidak penting dan tidak mendesak. Sibuk di depan komputer, iPad, BB tanpa tujuan yang jelas sehingga habis memikirkan status yang hendak ditulis di Facebook atau twiiter. Bahkan karena bingungnya ia kemudian hanya menulis status: Saya bingung, sepi sendiri,  gue lagi gak ada ide.

Keempat, penting dan mendesak. Contohnya, sebagai seorang trainer saya harus memberikan training hari ini pukul 10.00 di Ritz Carlton Hotel Jakarta. Contoh lainnya, seorang mahasiswa harus meminta persetujuan judul skripsi kepada dosen hari ini sebelum dia berangkat ke luar negeri selama 2 bulan.

Jadi, agar selalu produktif tetapkanlah prioritas kegiatan Anda setiap hari. Caranya, urutkan kegiatan Anda mulai dari yang penting dan mendesak, penting tetapi tidak mendesak, mendesak tetapi tidak penting. Setelah itu baru kerjakan yang terakhir: tidak penting dan tidak mendesak.

Ayo coba sekarang juga!