Pendidikan

Laptop Untuk Si Kecil


Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan serba canggih membuat kita harus siap untuk menerimanya. Sebagai orang tua kita juga seharusnya bisa mengikuti perkembangan tersebut guna memantau perilaku anak yang semakin hari juga semakin kritis dan melek akan keberadaan alat-alat teknologi. Tentunya Anda juga ingin mengajari anak Anda cara menggunakan komputer dan internet agar mereka lebih mengenal alat-alat tersebut dan cara penggunaannya secara aman.

Ketika Anda ingin membelikan sebuah komputer atau laptop maupun netbook untuk si kecil, Anda pasti bingung bagaimana barang yang cocok bagi mereka dan aman serta apa saja spesifikasi yang harus dimiliki oleh barang tersebut. Dengan banyaknya laptop atau netbook yang beredar dipasaran Anda memang dituntut jeli dalam memilihnya agar Anda tidak kecewa dikemudian hari.

Perlu diketahui bahwa kini telah hadir sebuah netbook yang memang didesain khusus untuk anak-anak. Netbook adalah komputer jenis laptop. Bedanya , netbook biasanya berukuran lebih mungil daripada laptop. Selain itu, netbook seringkali tidak dilengkapi pemutar CD/DVD.

Netbook memang dibuat lebih sederhana daripada laptop sesungguhnya. Netbook dirancang dengan tujuan utama agar para penggunanya dapat mengakses internet secara mudah. Laptop mungil ini memang sengaja di buat untuk menjelajah internet (net browsing).

Agar Anda tidak bingung dan bimbang dalam memilih sebuah lapoto untuk si kecil, gallery pendidikan akan memberikan Anda ulasan mengenai beberapa produk laptop yang memang khusus didesain untuk anak-anak. Keterangan berikut ini mungkin cocok buat si kecil.

DELL MINI INSPIRON NICKELODEON EDITION

Dell Inspiron Mini Nickelodeon Edition
Anak-anak Anda tentu tidak asing lagi dengan serial-serial kartun seperti Spongebob Squarepants, Dora The Explorer, Jimmy Neutron, Atau Avatar : The Legend of Aang. Jika Anda ingin anak-anak Anda bisa selalu "terhubung" dengan tokoh-tokoh kesayangannya tadi, laptop yang satu ini cocok untuk mereka.

Dell Inspiron Mini Nickelodeon Edition adalah salah satu laptop baru buatan Dell yang memungkinkan si kecil mengakses konten-konten terbaru dari Nickelodeon selaku pembuat serial-serial kartun di atas dengan konsep mobile entertainment.
Spesifikasi

Dell Inspiron Mini Nickelodeon Edition dirilis dengan dua pilihan jenis prosesor, yaitu :

  • Intel Atom N270 (1.6GHz/533MhzFSB/512K L2Cache)
  • Intel Atom N280 (1.66GHz/667MHz

Memori : 1 GB DDR 2 SDRAM, 533 MHz.
Untuk keperluan grafik, laptop ini menggunakan chipset integrated intel 945GSE UMA Graphics Media Accelerator dan layar LCD 10.1" dengan resolusi 1024x600.

Dengan media penyimpanan Internal berupa Hard Disk Drive SATA 2.5" 5400 RPM berkapasitas 160 GB, laptop ini juga sudah dilengkapi Integrated Webcam 1.3 mega pixel, baterai Li-Ion 3 sel 24Whr serta konektivitas Bluetooth.

Untuk pilihan koneksi Wi-Fi, tersedia dua pilihan, yaitu :

  • Dell 1397 WLAN 802.11g - Half mini-card.
  • Dell 1510 WLAN 802.11g/n Mini Card.

Bobot laptop dengan dimensi tinggi 26,8 (depan) - 28,3 mm (belakang), panjang 261 mm, serta lebar 182 mm ini terbilang cukup ringan, hanya 3 pon (termasuk baterai).

Pilihan-pilihan port konektivitas peripheral cukup lengkap, Tersedia 3-in-1 Card Rider, 3 port USB, serta jack audio (microfon dan speaker).
Fitur-Fitur Ekstra

Sesuai dengan namanya, selain desain yang menarik dengan warna hijau cerah, fitur andalan Dell Inspiron Mini Nickelodeon Edition ini juga berhubungan dengan Nickelodeon. Di antaranya akses langsung ke situs Nick.com yang memungkinkan anak-anak langsung mengakses konten asli Nickelodeon seperti wallpaper, desktop gadget, maupun game yang tentu saja berisi karakter-karakter dari Nickelodeon.
Dell Nickelodeon 1
Dell Mini 10v Nickelodeon EditionAda pula akses media streaming untuk acara-acara Nickelodeon melalui Nickelodeon broadband media player.

Fitur lain yang patut dicoba adalah akses ke Whyville sebuah lingkungan virtual yang memungkinkan anak-anak berinteraksi, bermain dan belajar dengan anak-anak lain dari seluruh dunia melalui berbagai aktivitas edukatif secara online.

Harga

Harga yang ditawarkana dipasaran berkisar $329 atau sekitar Rp 3.300.000. Harga tersebut sudah termasuk sistem operasi Genuine Windows XP Home SP3 dan lisensi McAfee Security Center yang berlaku selama 15 bulan.
Harga bisa berubah jika Anda melakukan personalisasi laptop dengan mengganti tipe baterai, mengganti lisensi McAfee, menambah drive optik eksternal, menambah mouse, maupun tas. Personalisasi ini bisa dilakukan bila Anda membeli secara online di Dell Online Store.

Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :
Harga lebih murah, desain ramping, webcam 1.3 MP, tersedia akses streaming media secara online, dimensi layar lebih besar, Bluetooth, tersedia opsi personalisasi untuk pembelian secara online.
Kekurangan :
Tak tersedia drive optik internal, hanya tersedia satu pilihan warna, tidak ada aplikasi "ekstra" dari Nickelodeon, bobot sedikit lebih berat.

ASUS DISNEY NETPAL


Kalau Dell menggandeng Nickelodeon, ASUS pun tidak mau ketinggalan dengan menggandeng Disney untuk merilis sebuah netbook yang diberi nama Disney Netpal.

Netbook yang sebenarnya merupakan varian dari ASUS EeePC ini dirancang untuk menunjang kegiatan berkomputer bagi anak-anak agar terasa lebih menyenangkan dan lebih aman saat berselancar di internet.

Spesifikasi

Disney Netpal menggunakan prosesor Intel Atom N270 dan RAM 1 GB DDR 2. Layar yang digunakan adalah LCD 8.9" dengan resolusi 1024x600.

Tersedia dua tipe Disney Netpal, yaitu MK 90 dengan media penyimpan internal berupa SSD 16 GB dan tipe MK 90H yang dilengkapi HDD berkapasitas 160 GB. Untuk konektivitas peripheral, tersedia 3 buah port USB, port VGA-out, Ethernet, jack audio (mikrofon dan speaker) dan multicard reader.

Disney Netpal juga dilengkapi webcam 0.3 Mega Pixel dan dukungan jaringan Wi-Fi (802.11b/g/n). Netbook seberat 2.2 pon ini diklaim memiliki ketahanan baterai hingga 5 jam. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP Home yang telah dirancang khusus. Dan seperti kebanyakan netbook, Disney Netpal juga tidak dilengkapi drive optik internal.
Fitur-Fitur Ekstra


3634391342 B6c364b504

Tampilan Disney Netpal tampaknya sengaja di desain agar benar-benar bernuansa Disney. Mulai dari dua pilihan warna, Princess Pink dan Magic Blue, yang keduanya dilengkapi logo Disney, hingga tampilan user Interface unik bernuansa Disney yang tentu akan membuat kegiatan berkomputer lebih menyenangkan.

Asus Disney Netpal Netbook2

Princess Pink




Disney Netpal Asus Magic Blue Netbook 0Magic Blue



Jika si kecil bosan, tampilan desktop-nya pun dapat dipersonalisasi dengan themes film-film Disney seperti Toy Story, Cars, Lili & Stich atau Hanah Montana. Dalam desktop-nya sendiri tersedia berbagai widget menarik yang akan memudahkan si kecil mengakses beragam aplikasi yang ada maupun berkunjung ke situs-situs favoritnya.

Fitur andalan lainnya adalah Disney Pix dan Disney Mix.
Dengan Disney Pix Si kecil dapat melakukan pengeditan gambar dengan mudahAsus Disney Netpal Fun Cam 090816Asus Disney Netpal Disney Pix 090816

Disney Pix


Sementara Disney Mix adalah aplikasi manajemen media yang memungkinkan anak-anak Anda dapat mengakses berbagai musik, gambar, video, bahkan berbelanja film-film Disney secara online.Disney Mix Central

Disney Mix


Dengan netbook ini para orang tua juga tak perlu kuatir jika si kecil justri mengakses situs-situs berbahaya atau menjalankan game yang tidak sesuai dengan usianya, karena di dalamnya sudah tersedia fasilitas Parental Control.

Harga

Anda dapat membeli Disney Netpal lewat online di situs toysrus.com dan amazon.com dengan harga $349.99 atau sekitar 3.500.000, karena hingga saat ini produk tersebut belum di rilis di pasaran Asia.

Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan :
Tersedia dua pilihan warna dan tipe, user interface lebih menarik, lebih ringan, Parental Control, akses dan pembelian konten secara online, baterai tahan lama, ada aplikasi "ekstra" dari Disney, tersedia banyak desktop widget.
Kekurangan :
Harga sedikit lebih mahal, webcam hanya 0.3 Mega Pixel, dimensi layar lebih kecil, tak ada opsi personalisasi untuk pembelian secara online, tak ada drive optik internal.

Sumber : Tabloid Gado-Gado