Pendidikan

STAD (Student Teams Achievement Divisions)

  1. STAD (Student Teams Achievement Divisions).     

Ada empat tipe yang biasa digunakan oleh guru dalam model pembelajaran kooperatif (Abdurrahman dan Bintaro, 2000 dalam Nurhadi, 2003), yakni salah satunya adalah tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Tipe STAD dikembangkan oleh Robert Slavin dan kawan-kawannya dari Universitas John Hopkins. Tipe ini dipandang sebagai yang paling sederhana dan paling langsung dari pendekatan pembelajaran kooperatif. Tipe ini digunakan untuk mengajarkan informasi akademik baru kepada siswa setiap minggu, baik melalui penyajian verbal maupun tertulis.

Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah:

1). Para siswa di dalam kelas dibagi menjadi beberapa kelompok , jadi ada 8 kelompok, masing – masing kelompok mempunyai anggota yang heterogen, baik jenis kelamin, ras, etnik, maupun kemampuannya (prestasinya).

2).  Guru menyampaikan materi pelajaran

3). Guru membagikan materi yang berbeda pada masing-masing kelompok dengan menggunakan lembar kerja akademik, dan kemudian saling membantu untuk menguasai materi pelajaran yang telah diberikan melalui tanya jawab atau diskusi antar sesama anggota kelompok.  

4). Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan kedepan kelas.

5). Selanjutnya tanggapan dari masing-masing kelompok.  

6). Selanjutnya guru memberikan tanggapan dan penegasan.dan tiap kelompok diberi skor atas penguasaannya terhadap materi pelajaran, dan kepada siswa secara individual atau kelompok yang meraih prestasi tinggi atau memperoleh skor sempurna diberi penghargaan.

7). Kesimpulan Pelaksanaan tipe STAD melalui tahapan sebagai berikut :

      (1) Penjelasan materi pembelajaran;

(2) Diskusi atau kerja kelompok belajar;

(3) Validasi oleh guru;

(4)  Evaluasi (Tes);

(5) Menentukan nilai individu dan kelompok;

(6) Penghargaan individu atau kelompok;

Rekomendasi Artikel: