Siapa yang tak mengenal nama Dewi Srikandi

Siapa yang tak mengenal nama Dewi Srikandi, tokoh perempuan dalam dunia pewayangan. Memang ada banyak versi yang menceritakan mengenai Srikandi, versi India menganggap bahwa sebenarnya Srikandi ini adalah tokoh transgender. Sedangkan dalam versi Jawa Srikandi ini adalah sosok wanita yang maskulin, tomboy dan senopati putri dan juga istri dari Arjuna.

Selain memiliki kecantikan yang luar biasa dan tubuk yang molek Srikandi digambarkan memiliki karater yang berwibawa, bijaksana, bertanggungjawab pantang menyerah dalam membela kebenaran. Srikandi juga wanita yang maskulin pandai berperang, selalu mengupayakan sebuah kemajuan dan menebar semangat.

Yang menggelitik dan selalu menjadi pertanyaan saya kenapa ya Srikandi yang begitu hebat, wanita yang mandiri mau menjadi istri kedua dari Arjuna yang mana Arjuna nyata-nyata sudah memiliki istr bahkan juga memiliki pacar-pacar yang tak terhitung.

Apakah ini merupakan kodrat wanita yang hidup dalam lingkungan dan tradisi patriakat, yang mengharuskan wanita tunduk, setia dan taat pada lelaki?????atau memang sudah takdir wanita yang lemah mendambakan lelaki yang hebat untuk melindunginya, dan wanita yang hebat lebih memilih lelaki yang lebih hebat?????
bagaimana komentar dari sahabat-sahabatku.....monggo berpendapat

Add comment


Go to top