Soal-soal

latihan soal UN dan kunci jawaban bahasa indonesia

  1. Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

Indikator Soal                               :     Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut

Soal

Hatta dan Drajad adalah dua pribadi dengan latar belakang  yang berbeda. Hatta adalah praktisi, sedangkan Drajad adalah intelektual. Hatta kompromistis, Drajad kritis. Dengan demikian, cara penuangan nilai-nilai idealisme mereka kadang-kadang berbeda.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

  1. perbedaan pribadi Hatta dan Drajad
  2. latar belakang kepribadian Hatta
  3. latar belakang kepribadian Drajad
  4. nilai-nilai idealisme Hatta dan Drajat

 

Kunci Jawaban   : A

Pembahasan

Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal atau akhir pargraf

Kata kunci: Hatta dan Drajad adalah dua pribadi dengan latar belakang yang berbeda …. (perbedaan Hatta dan Drajad). Kata yang merujuknya: ... sedangkan ... (kalimat kedua);  Hatta kompromistis, Drajad kritis. (kalimat ketiga)

 

  1. Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

Indikator Soal                               :     Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama utama paragraf tersebut

 

Soal

(1)   Berbagai pihak mulai sibuk menyongsong Ujian Nasional SMP 2010. (2) Salah satunya adalah kesibukan Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan kegiatan Pendalaman Materi UN bagi Tim Pengembang Kurikulum. (3) Dinas Pendidikan di daerah-daerah juga sibuk melakukan sosialisasi ke satuan pendidikan tentang pelaksanaan UN yang akan dilaksanakan akhir Maret . (4) Begitu juga, sekolah-sekolah mulai giat mengadakan kegiatan belajar tambahan untuk siswa kelas IX.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....

  1. (1)                                C.  (3)
  2. (2)                                D.  (4)

 

Kunci Jawaban               : A

Pembahasan :

Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.  Dalam paragraf, kalimat utama biasanya terletak pada awal atau akhir paragraf.

Pada paragraf tersebut kalimat utama dirujuk dengan kata kunci: Berbagai pihak sibuk .... (kalimat pertama). Didukung kalimat penjelas yang ditandai kata “...Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan ... (kalimat kedua) Dinas Pendidikan ... sibuk melakukan ....(kalimat ketiga), sekolah-sekolah giat mengadakan …. (kalimat keempat).

 

  1. Kemampuan yang Diuji             : Menentukan  kritik terhadap isi bacaan

Indikator Soal                            : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kritikan terhadap isi bacaan tersebut

 

Soal

 

Akibat terlambatnya pasokan BBM dari Pertamina, kerepotan masyarakat seputar bahan bakar terus berlangsung. Kelangkaan premium dan pertamax di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) sejak sebulan lalu kian meluas. Tidak hanya di Surakarta dan sekitarnya, kondisi itu kian meluas ke beberapa wilayah di Tanah Air. Sejauh pemantauan penulis, solar pun mulai menghilang. Pengumuman “Premium Habis” atau “Bensin Habis” banyak dijumpai di sejumlah SPBU. Akibatnya, terjadi antrean kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar.

Kritik yang tepat terhadap pihak Pertamina sesuai dengan teks berita di atas adalah...

 

  1. Sebaiknya Pertamina menjaga komitmennya untuk menjamin kelancaran pasokan BBM sehingga tidak meresahkan warga.
  2. Dalam urusan distribusi, keterlambatan pasokan merupakan hal yang sudah biasa karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.
  3. Masyarakat sebaiknya bisa memaklumi terlambatnya pasokan BBM dan tetap bersabar serta tidak menyalahkan Pertamina.
  4. Sebagai badan usaha milik negara, Pertamina harus bertanggung jawab terhadap kekacauan dalam pasokan bahan bakar minyak (BBM).

 

Kunci Jawaban   :  A

Pembahasan

Dalam KBBI kata kritik berarti kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dsb. Kritikan terhadap isi paragraf  berarti memberikan tanggapan terhadap isi paragraf  tersebut

Kritikan berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “terlambatnya pasokan BBM … kerepotan masyarakat...,  Kelangkaan premium…  kian meluas“ (kalimat kedua), solar pun ...menghilang (kalimat ketiga), premiun habis...(kalimat keempat), terjadi antrean kendaraan...(kalimat kelima).

 

  1. Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan  isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

Indikator Soal                            :     Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi kedua teks berita tersebut

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal :

Cermati kutipan teks berita berikut!

Teks Berita 1

Teks Berita 2

AS menambah 30 ribu tentara tambahan ke Afghanistan dengan misi mengakhiri kekerasan Taliban dan Alqaidah. Misi pasukan tambahan ini berlangsung selama 1,5 tahun dan setelah itu akan ditarik kembali. Meskipun demikian, banyak pihak meragukan penambahan pasukan ini bisa menghentikan perlawanan Taliban dan Alqaidah.

Konflik berkepanjangan antara pasukan Taliban dan Alqaidah di satu pihak melawan pasukan AS terus berlanjut. Pasukan AS terus memburu milisi yang diduga lari ke Yaman. Puluhan ribu pasukan terus ditambah dan dikerahkan. Namun, banyak pihak tidak yakin penambahan jumlah pasukan AS akan mampu memadamkan perlawanan Taliban dan Alqaidah.

 

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...

  1. Amerika Serikat mengirim 30 ribu pasukan tambahan ke Afghanistan.
  2. Misi pasukan Amerika Serikat akan menjalankan tugas selama 1,5 tahun.
  3. Pasukan Amerika Serikat terus memburu milisi yang diduga lari ke Yaman.
  4. Banyak pihak meragukan kemampuan Amerika Serikat menghentikan perlawanan milisi.

 

Kunci Jawaban   :  D

Pembahasan

Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

 

Teks 1: ... banyak pihak meragukan .... (kalimat ketiga) ... banyak pihak tidak yakin .... (kalimat ketiga)

 

  1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan  isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

Indikator Soal                 : Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan isi berita tersebut.

Soal

Senin (16/1) tadi pagi bus penumpang dari Medan – Banda Aceh masuk paret di wilayah  Saree.  Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya ban depan sehingga  bus menabrak pengaman jalan  dan  masuk parit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.Karena benturan bus tidak begitu kuat. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Organda Cabang Banda Aceh menuturkan, penyebab pasti kecelakaan itu ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor Bus, pemasangan ban depan, dan  faktor teknis lainnya.

 

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...

  1. Bus penumpang Banda Aceh   mengalami kecelakaan pada hari Senin yang telah menimbulkan korban jiwa akibat ban depannya lepas.
  2. Kecelakaan telah terjadi pada bus penumpang sehingga masuk parit  dan tidak menimbulkan korban jiwa di wilayah Saree.
  3. Bus penumpang telah mengalami kecelakaan pada hari Senin di Sare akibat terlepasnya ban depan  dan tidak ada korban jiwa.
  4. Pada hari Senin Bus penumpang dari Banda Aceh-Medan mengalami  kecelakaan di Saree akibat terlepasnya ban depan  dan tidak ada korban jiwa.

 

Kunci jawaban  D

Pembahasan:

Isi berita berpedoman pada pertanyaan  5W+H yang memberikan gambaran isi berita yaitu (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

 

6.Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

Indikator Soal                 : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian kutipan  tersebut

 

Soal

Bacalah kedua teks berita berikut!

 

Berita 1

Berita 2

Gempa bumi  berkekuatan 8,9 Skala Richter telah mengguncang  Banda Aceh. Peristiwa itu terjadi pada hari Minggu (26/12) pukul 08.00 WIB selama 15 menit. Berdasarkan laporan bahwa peristiwa tersebut disertai dengan gelombang tsunami yang sangat dahsyat yang telah  menimbulkan kerusakan yang sangat parah serta menelan korban jiwa sangat banyak. Kepala Badan Metrologi dan Geofisika Banda Aceh mengatakan pusat gempa pada 3,71 Lintang Selatan dan 100,74 Bujur Timur. Sumber gempa berada pada kedalaman 146 kilometer Barat daya, Banda Aceh.

Minggu (26/12) pagi Banda Aceh diguncang gempa. Gempa bumi yang berkekuatan 8.9 Skala Richter mengguncang Banda Aceh. Informasi yang diterima telah terjadi kerusakan dan korban jiwa akibat terjangan gelombang tsunami yang  meluluhlantakkan wilayah pesisir  Banda Aceh. Sumber gempa berada pada kedalaman 146 kilometer barat daya,  pada pada 3,71 Lintang Selatan dan 100,74 Bujur Timur Banda Aceh.  Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Badan Metrologi dan Geofisika Banda Aceh.

 

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...

 

 

Berita 1

Berita 2

A

Apa-kapan-bagaimana-di mana-siapa

Kapan-apa-bagaimana-siapa-di mana

B

Apa-kapan-siapa-bagaimana- di mana

di mana-kapan-apa-bagaimana-siapa

C

Apa-kapan-bagaimana-siapa- di mana

Kapan-apa-bagaimana-di mana-siapa

D

Apa-bagaimana-kapan-siapa- di mana

Kapan-di mana-apa-bagaimana-siapa

 

Kunci jawaban C

 

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut biasanya sangat bergantung kepada hal apa yang lebih dipentingkan dalam berita tersebut. Pada teks berita 1 dengan struktur apa ( gempa bumi ..)-kapan (pada hari Minggu..)- bagaimana (gelombang tsunami..),-siapa (Kepala badan Metrologi..) - di mana (di barat daya kota Banda Aceh..), sedangkan struktur berita 2 adalah kapan, apa, bagaimana, di mana, dan siapa.

 

  1. Kemampuan yang Diuji    : Menentukan kalimat fakta/pendapat

Indikator Soal                    : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat pendapat pada paragraf  tersebut.

 

Soal

.  (1) Setiap kali musim hujan, kota Banda Aceh selalu banjir.( 2) Banjir yang terjadi merusak 100 rumah. (3) Seandainya masyarakat kota tidak membuang sampah sembarangan, hal ini tidak akan terjadi. (4) Sebenarnya anjuran tidak membuang sampah sembarangan ini sudah lama didengung-dengungkan pemerintah kota Banda Aceh tetapi tampaknya berlalu begitu saja.

 

Kalimat yang berisi pendapat dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....

A. (1) dan (3)                                                     C. (1) dan (4)

  1. (2) dan (3)                                                    D. (3) dan (4)

 

Kunci jawaban D

Pembahasan:

Kata kunci dari pendapat yang menjadi acuan jawaban tersebut adalah kata seandainya nomor (3) dan kata sebenarnya ..dan tampaknya pada kalimat nomor (4) yang merupakan pendapat seseorang,  sedangkan nomor (1) dan (2) berisi fakta karena kebenaran tidak terbantahkan kenyataannya yaitu Kota banda Aceh selalu banjir pada musim hujan. Di samping itu,  Banjir yang terjadi merusak 100 rumah.

 

  1. Kemampuan yang Diuji                      : Menyimpulkan isi paragraf

Indikator Soal                                     : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf  tersebut

 

Soal

.           Peristiwa besar tidak pernah berhenti di negeri kita. Gempa di Sumatera Barat berganti dengan kasus Bank Century. Kehebohan tentang bank yang konon melibatkan  pejabat teras negeri ini masih bergulir, disusul pula dengan kasus Prita Mulyasari. Lalu, bangsa kita dirundung duka. K.H. Abdurrahman Wahid  atau Gus Dur meninggalkan kita ketika bangsa ini dikepung beragam persoalan yang pelik. Oleh karena itu, sudah saatnya kita merenung dan kembali pada ajaran-Nya.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...

  1. Bangsa kita tidak pernah berhenti dari persoalan besar sehingga kita perlu merenung dan kembali pada ajaran-Nya.
  2. Berbagai peristiwa besar mewarnai kehidupan bangsa kita seperti gempa, kasus bank, kasus Prita Mulyasari hingga wafatnya Gus Dur.
  3. Berbagai peristiwa duka menimpa bangsa kita, kini saatnya kita merenung dan kembali pada ajaran-Nya.
  4. Peristiwa duka tidak pernah berhenti menimpa bangsa kita, dari gempa hingga Gus Dur wafat.

 

Kunci Jawaban   : A

Pembahasan:

Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan. Simpulan paragraf dirumuskan berdasarkan pada hubungan sebab-akibat kalimat yang membentuk paragraf tersebut.   Bangsa kita saatnya untuk merenung dan kembali pada ajaran-Nya (kalimat 6) merupakan bagian akibat. Kalimat 1, 2, 3, 4, dan 5 merupakan penyebabnya.

 

  1. Kemampuan yang Diuji    : Menentukan isi tajuk

Indikator Soal                  : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan gagasan utama tajuk tersebut

 

Soal

Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!

Soal:

Satu lagi budaya Indonesia yang dicuri Malaysia yaitu tari pendet. Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya. Manuver ini menambah panjang daftar pencaplokan budaya Indonesia. Sebelumnya, negeri serumpun itu mengakui lagu “Rasa Sayange”, batik, musik angklung, dan reog Ponorogo sebagai budayanya. Kita marah dan menuntut Malaysia menyampaikan permohonan maaf serta menarik kembali iklan itu.

Ketika kasus tari pendet ramai dipersoalkan Indonesia, seorang produser iklan pariwisata Malaysia dengan enteng menjawab,"Tidak ada salahnya kami mempromosikan tarian Indonesia. Karena tema yang kami angkat adalah The Truly Asia." Akan tetapi, si produser itu lupa bahwa triknya terlalu mudah dibaca. Penjelasan tentang tari pendet berasal dari Indonesia tidak ada di bawah iklan.

Kita sebagai bangsa besar dengan kekayaan budaya tiada tara boleh saja kesal dan marah, tetapi itu semua tidak menyelesaikan masalah. Besok atau lusa, hanya soal waktu, Malaysia akan mengklaim lagi budaya Indonesia sebagai budayanya. Jika Indonesia ribut, mereka tinggal melayangkan permohonan maaf. Yang penting, citra sebagai The Trully Asia sudah terbentuk.

Indonesia harus menyikapi pengakuan tari pendet oleh Malaysia dengan serius, sistematis, dan komprehensif. Pariwisata harus dikelola dengan lebih gencar, memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki, terutama kekayaan budaya. Tiada guna kita berang terhadap ulah si Trully Asia tanpa langkah nyata untuk membangun martabat bangsa.


Gagasan utama tajuk tersebut adalah ....

  1. Indonesia kurang  serius  dalam menyikapi pendakuan Malaysia terhadap tari pendet.
  2. Malaysia mendaku lagu Rasa Sayange, batik, musik  angklung, dan reog Ponorogo
  3. Keributan Indonesia ketika Malaysia dengan enteng meminta maaf kepada Indonesia
  4. Kita adalah bangsa yang besar dengan kekayaan yang tiada tara boleh marah

 

Kunci Jawaban : A

Pembahasan      :

Tajuk atau tajuk rencana adalah tulisan opini dari redaktur suatu surat kabar.

Gagasan utama tajuk merupakan inti persoalan yang dikemukakan oleh penulis dalam sebuah tajuk. Untuk mengenali gagasan utama sebuah tajuk kita harus tahu gagasan-gagasan pada setiap paragraf yang dikemukakan penulis.

Ciri-ciri gagasan utama tajuk adalah:

  1. Persoalan yang paling umum dari sebuah tajuk
  2. Menjadi rincian persoalan dalam setiap paragraf
  3. Kata kuncinya sering muncul

 

Pada tajuk di atas kita akan menemukan rincian gagasan:

  • Tari pendet khas Indonesia dicuri Malaysia (paragraf I).
  • Tari pendet ramai dipersoalkan di Indonesia (paragraf II).
  • Kesal dan marah tidak dapat menyelesaikan masalah (paragraf III)
  • Indonesia harus menyikapi pengakuan tari pendet oleh Malaysia dengan serius, sistematis, dan komprehensif (paragraf IV)

 

Kata kunci dalam tajuk tersebut adalah tari pendet. Paragraf keempat merupakan sikap yang harus diambil oleh Indonesia terhadap persoalan yang diutarakan pada paragraf I,II, dan III. Oleh karena itu,  dapat disimpulkan bahwa gagasan yang paling umum dari keempat paragraf tersebut adalah pilihan A, sedangkan pilihan B,C, dan D  merupakan salah satu gagasan rincian paragraf yang lingkupnya sempit.

 

  1. Kemampuan yang Diuji             : menentukan isi tajuk

Indikator Soal                            : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan letak kalimat fakta pada tajuk tersebut

 

Soal

Letak kalimat fakta pada tajuk tersebut adalah ....

  1. paragraf pertama kalimat kedua
  2. paragraf kedua kalimat kedua
  3. paragraf ketiga kalimat kedua
  4. paragraf keempat kalimat kedua

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Fakta adalah peristiwa yang tidak diragukan lagi kebenarannya.

Salah satu ciri kalimat fakta adalah peristiwa yang dikemukakan telah berlangsung.

Fakta yang terdapat pada tajuk tersebut terdapat pada paragraf pertama kalimat kedua. Kata kuncinya adalah  telah.

Bukti fakta: Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya. (paragraf pertama kalimat kedua) .

 

  1. Kemampuan yang Diuji             : menentukan isi tajuk

Indikator Soal                            : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan keberpihakan penulis  dalam  tajuk tersebut.

 

Soal :

Penulis pada tajuk tersebut berpihak  pada....

  1. rakyat Indonesia
  2. negeri jiran Malaysia
  3. masyarakat Bali
  4. produser iklan

 

Kunci Jawaban : C

Pembahasan :

Bukti keberpihakan penulis: Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya (paragraf kesatu kalimat kedua).

 

  1. Kemampuan yang Diuji               : Menentukan isi tajuk

Indikator Soal                              : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan simpulan isi tajuk tersebut.

 

Soal :

Simpulan isi tajuk tersebut adalah...

  1. Malaysia telah membuat marah rakyat Indonesia karena telah beberapa kali mencuri budaya Indonesia.
  2. Indonesia hanya bisa ribut ketika Malaysia dengan enteng meminta maaf melalui surat kepada Indonesia.
  3. Sebagai bangsa yang besar dengan kekayaan yang tiada tara, tidak boleh kesal dan marah terhadap bangsa Malaysia.
  4. Pengakuan Malaysia terhadap tari pendet  perlu disikapi Indonesia secara serius, sistematis, dan komprehensif.

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Simpulan tajuk adalah akhir dari suatu pendapat dari sebuah tajuk. Simpulan isi tajuk  selalu berkorelasi dengan gagasan utamanya. Simpulan isi tajuk dapat dinyatakan penulis secara eksplisit (tersurat) maupun implisit (tersirat). Pada tajuk tersebut, simpulannya dinyatakan secara eksplisit, yaitu terdapat pada paragraf keempat kalimat pertama (pilihan D). Sedangkan pilihan A, B, C tidak berkorelasi dengan gagasan utama (lihat pembahasan soal nomor 9).

 

  1. Kemampuan yang Diuji :              Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah

Indikator Soal                         :     Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik  tersebut

 

Soal :

Grafik Perolehan Nilai Rata-rata Bermain Drama di Kelas IX.A SMP Merah Putih

 

\s

 

Simpulan isi grafik tersebut adalah ...

  1. Perolehan nilai rata-rata siswa kelas IX.A dalam bermain drama  tampak sangat bervariasi.
  2. Kenaikan perolehan nilai rata-rata dalam penghayatan dan pelafalan dalam bermain drama di kelas IX.A untuk setiap siklus adalah sama.
  3. Perolehan nilai rata-rata kemampuan siswa kelas IX.A berekspresi saat bermain drama sangat menggembirakan.
  4. Perolehan nilai rata-rata siswa kelas IX.A dalam bermain drama mengalami kemajuan setiap siklus.

 

 

Kunci Jawaban               : D

Pembahasan:

Simpulan grafik diperoleh dari data yang ada pada grafik  kemudian disertai dengan pendapat . Data pada grafik tersebut yaitu  perolehan nilai rata-rata siswa kelas IX.A bermain drama pada tiga kali pembelajaran (siklus). Aspek yang dinilai adalah ekspresi, penghayatan, volume suara (pelafalan), dan penguasaan naskah. Dari data yang ada menunjukkan bahwa terjadi kenaikan perolehan nilai dari satu siklus ke siklus beriukutnya.

 

14.  Kemampuan yang Diuji       : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah

Indikator Soal                      : Disajikan tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan isi      tabel tersebut

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal :

Cermatilah tabel berikut!

Harga Sembako Di Empat Kota

 

Sembako

Pusat Pasar

Medan
(Rp/Kg)

Pasar Beringharjo

Yogyakarta

(Rp/Kg)

Pusat Pasar

Pekanbaru

(Rp/Kg)

Pasar Legi

Solo

(Rp/Kg)

Beras Aries

6.000,00

7.000,00

8.500,00

6.500,00

Minyak Goreng

7.000,00

7.500,00

8.500,00

7.800,00

Cabe Merah

12.000,00

12.000,00

17.500,00

13.500,00

Gula Pasir

7.000,00

7.300,00

8.000,00

7.500,00

Tepung Terigu

15.000,00

16.000,00

17.000,00

15.500,00

 

Pertanyaan yang jawabannya paling sesuai dengan tabel tersebut adalah ...

  1. Berapakah selisih harga cabe merah di Medan dengan di Yogyakarta?
  2. Di kota manakah harga sembako yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota lainnya?
  3. Berapa kali lipatkah harga sembako lebih tinggi di Pekanbaru dibandingkan dengan Solo?
  4. Mengapa harga tepung terigu lebih tinggi di Yogyakarta?

 

 

Kunci Jawaban   : B

Pembahasan:

Jawaban pertanyaan yang ditemukan pada tabel yaitu harga sembako lebih                      tinggi di Pekanbaru dibandingkan kota yang lainnya.

 

15.  Kemampuan yang Diuji          :     Pernyataan sesuai isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal                         :     Disajikan sebuah diagram, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi diagram tersebut

 

Go to top