Soal-soal

(SMP) bank soal Bahasa Indonesia 1

 

 

  1. Kesibukan Guruh dalam dunia seni memang tak pernah berhenti. Sebentar lagi, ia akan merilis album satu band bernama Kaca Benggala. Nama band diambil dari kisah tradisional. Band ini beraliran musik keras dan diawaki 6 personal. Band ini bagi Guruh merupakan penerusan dari perjuangannya. Rencananya band ini akan dirilis pada Januari 2010.

 

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

  1. rencana lahirnya band Kaca Benggala                                    C. peluncuran album baru Guruh
  2. aliran musik band Kaca Benggala                                           D. kesibukan Guruh dalam dunia seni

 

  1. (1) Daya ingat yang baik sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. (2) Coba bayangkan bagaimana aktivitas akan berjalan lancar jika selalu lupa apa yang harus dikerjakan. (3) Dalam proses belajar pun, daya ingat yang tajam sangat dibutuhkan. (4) Itulah sebabnya Anda mesti berikhtiar untuk meningkatkan daya ingat, setidaknya dengan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

 

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....

  1. (1)                                         B. (2)                                                      C. (3)                                                      D. (4)

 

  1. Pemerintah akan menaikkan harga pembelian gabah kering panen sebesar 10 persen. Pemerintah juga merencanakan untuk menaikkan harga eceran tertinggi (HET)  pupuk maksimum 50 persen, mulai bulan April 2010. Dengan demikian harga gabah diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani Rp1 juta per hektar dalam satu musim tanam. Kenaikan HET pupuk diharapkan setelah petani menikmati peningkatan pendapatan kenaikan harga gabah.

 

Kritikan terhadap isi paragraf  tersebut adalah ...

  1. Pemerintah harus memperhatikan kesejahteraan para petani.
  2. Sudah kewajiban pemerintah untuk membeli gabah para petani.
  3. Pemerintah memang dapat mengatur harga gabah petani.
  4. Sudah wajar pemerintah membatasi pembelian gabah petani.

 

4.  Suku Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan merupakan satu-satunya suku yang mengasingkan diri dari lingkungan sekitar. Sama seperti Suku Badui, mereka juga terbagi atas Suku Boti Dalam yang masih memegang teguh adat istiadat mereka dan Suku Boti Luar yang lebih toleran terhadap modernitas. Uniknya, agar budaya mereka tidak terkikis, raja yang memimpin Suku Boti tidak diperbolehkan bersekolah atau mengenyam dunia pendidikan formal di sekolah.

 

Informasi yang merupakan isi berita tersebut adalah ...

  1. Adanya persamaan Suku Boti dengan Suku Badui.
  2. Suku Boti Dalam dan Suku Boti Luar  adat istiadatnya sama.
  3. Dalam mempertahankan budaya,  Raja Suku Boti dilarang sekolah.
  4. Suku Boti tetap mempertahankan budaya nenek moyangnya.

 

 

Add comment


Go to top