Software

Mengatasi Komputer Lambat Loading

Beberapa petunjuk mengoptimalisasi PC anda. Lambatnya komputer  lebih banyak dipengaruhi keinginan  kita yang  selalu  menampilkan  tampilan  windows  jadi  lebih  bagus.  Padahal bisa jadi, lambatnya kondisi sistem Windows disebabkan oleh tampilan yang terlalu maksimal dan banyak aplikasi yang tidak diperlukan terinstall dikomputer anda. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut:

  1. Merubah Setting BIOS, setting ini dapat mengoptimalkan loading ke windows. yaitu dengan disabled "Quick Power On Self-Test”,  dan "Boot Virus Detection”.
  2. Lihat Start UP, ini dapat mempercepat looding windows. Untuk masuk Start Up gunakan start -> Run kemudian ketik msconfig, pada Tab Start Up Singkirkan loading file yang tidak perlu.
  3. Untuk Windows XP, mulai dengan membuka System Configuration Utility. Pada tab BOOT.INI, beri tanda (P) pada “/NOGUIBOOT”. Ini akan mempersingkat waktu boot dengan menghilangkan Windows startup screen. Pada tab Startup, seleksi ulang seminimal mungkin item yang sangat dibutuhkan. Hal yang sama juga dilakukan pada service yang dijalankan. Usahakan jumlah service yang ter-load tidak lebih dari 25.
  4. Matikan suara startup.
  5. Sederhanakan tampilan masuk ke System Properties, pilih tab Advanced. Setting ulang pada pilihan Performance. Kemudian pilih “Adjust for Best Performance” pada tab Visual Effects.
  6. Hilangkan wallpaper dan kurangi jumlah icon dekstop (lima buah lebih bagus).
  7. Kurangi jumlah Font ( disarankan 150 buah ).
  8. Atur Swap Memory dengan menggunakan Swap virtual memory dan mengoptimalkan memory pada saat kekurangan.

Akan lebih mudah jika anda menggunakan software TWEAK XP, coba anda cari gunkan pencarian google menu atas kanan gunakan kata kunci  "download  TWEAK XP".
Selain itu untuk merawat  komputer  anda agar berumur  lebih  lama.

  1. Lakukan defrag ( gunakan start -> program ->Accessories -> System Tool -> Defrag Disk ) secara rutin paling tidak 1 bulan sekali.
  2. Bersihkan file Temporary.
  3. Scan Harddisk
  4. Defrag Registry.
  5. Update Antivirus, untuk mengatasi virus lokal bisa gunakan PC Media Antivirus, bisa didapatkan dari majalah PC Media dan antivirusnya Gratis . Atau  dengan AVG  free.
  6. Pada fisik komputer perhatikan voltage, pastikan tegakan normal ( gunakan stabilizer )
  7. Tutupi komputer dari debu dengan Dus Cover.

Gunakan Tool yang telah tersedia. Caba gunakan TuneUp2007 atau yang lebih tinggi disitu terdapat menu lengkap untuk optimalkan dan merawat software PC anda  baik scan harddisk, memory bahkan registry. Disitu juga bisa membersihkan file yang tidak terpakai.
Selamat mencoba, mudah - mudahan bermanfaat.

Add comment


Go to top