Software

Software

Waspada Keylogger di Warnet | Hardware Keylogger Yang Menakutkan


Sebelumnya disini akan diberikan penjelasan apakah itu keylogger?
Seperti kata wikipedia, Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard.

Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman.
Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.
Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat.
Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password.

Mungkin beberapa user sudah kenal dgn yg namanya Keylogger yg berupa software, tinggal ketik di google dgn kata "keylogger" pasti akan menemukan banyak sekali softwarenya :D

Lalu bagaimana dgn Keylogger yg bersifat Hardware?
Di salah satu website penjualan online dapat ditemukan beberapa dari Hardware Keylogger ini, disini saya tampilkan jenisnya:

1. KeyGrabber Nano
Hardware jenis ini merupakan keylogger yang benar-benar tersembunyi, tidak hanya untuk perangkat lunak, tetapi juga untuk mata manusia.
Tapi masih ada lagi, didalam KeyGrabber Nano Wi-Fi terdapat modul Wireless LAN yg sudah tertanam, dan memungkinkan untuk terhubung ke Access Point Wi-Fi, dan secara otomatis mengirimkan E-mail laporan.
Anda juga dapat terhubung ke keylogger setiap saat melalui TCP / IP dan melihat hasil log atau informasi yg sudah ditangkap.

Hardware Keylogger

Berikut cara pemakaian dan ragam bentuknya:
Hardware Keylogger

Hardware Keylogger Comparison

Hardware Keylogger In WLAN

2. KeyGrabber USB
Salah satu yg terkecil di dunia dan paling cerdas diantara USB hardware keylogger. Hardware ini dapat merekam keystroke sampai dengan kapasitas memori 2 Gigabytes.

Hardware Keylogger Usb

Jenis hardware ini mendukung layout keyboard nasional, dan berikut cara pemakaiannya:
Hardware Keylogger Keyboard

3. KeyGrabber PS/2
Salah satu jenis PS/2 yg dapat dihubungkan dgn port USB mouse dan keyboad, yg mempunyai kapasitas menyimpan data sampai dengan 2 Gigabyte.

Ini adalah tipe keylogger hardware yg dpt menampilkan menu teks dengan banyak pilihan untuk menganalisis data yg berhasil dicatat.
Selain itu, USB Download Accelerator ini termasuk salah satu yg cepat dalam mengambil data login. Keystroke logger ini benar-benar transparan untuk operasi komputer, dan diperlukan software atau driver dalam penginstalannya.

Hardware Keylogger Mouse

Mendukung layout keyboard nasional, dan berikut cara pemakaiannya:
Hardware Keylogger Mouse Keyboard

TIPS PENCEGAHAN
Untuk kategori Software Keylogger, dapat dilakukan dgn memasang/meng-instal anti virus seperti Anti virus Kaspersky agar lebih biar aman. Tentu nya dengan update terbaru.
Dan ketika membuka beberapa website yg bersifat pribadi, seperti facebook, twitter, bank account dan bahkan email, dsb nya (misalkan di warnet) satu hal yg perlu diperhatikan adalah sebelum memasukkan ID user/login serta password di dalam PC/Komputer, pastikan sebelumnya data-data tersebut sebelumnya sudah di copy kedalam flash disk(simpan di text document). Sehingga ketika kita membuka facebook atau apapun yang ada hubungannya dengan ID atau password jangan sekali-kali mengetik di komputer tersebut (warnet).

Dengan kata lain sewaktu memasukan ID dan passwordnya, kita copy sebelumnya dari text document yang kita bawa tadi dalam flashdisk. Karena sistem kerja Keylogger yaitu merekam segala aktivitas keyboard

Untuk kategori Hardware Keylogger, cukup dengan melihat kebelakang CPU dari komputer yg ada di warnet, dan pastikan disana tidak ditemukan beberapa dari Hardware Keylogger yg tertera didalam gambar diatas.

Yang lebih menakutkan itu jika hardware keylogger yg sudah terinstall di papan keyboard-nya, bisa dipastikan tidak bakal ketedect atau diketaui, kecuali dibongkar oleh teknisi :D

Biasanya, keylogger yang berupa hardware besarnya seukuran baterai ukuran AA. Keylogger jenis ini dipasangkan pada ujung keyboard, sehingga mencegat data yang dialirkan dari keyboard ke CPU. Sementara itu, keylogger dalam bentuk perangkat lunak terpasang di dalam komputer dan bekerja secara tersembunyi.