Teknologi

Peluang BBM di Android, Apa Kata RIM?


Beberapa waktu lalu, dunia internet dihebohkan dengan penampakan sebuah ponsel Android yang tengah menjalankan BlackBerry Messenger (BBM). Lantas, apa kata Research In Motion (RIM) sang pembesut BlackBerry mengenai hal tersebut?

Oliver Pilgerstorfer, Head of PR East Asia RIM tak menampik jika selama ini memang banyak sekali rumor yang menyebutkan bahwa BBM akan menyambangi platform lain, semisal Android hingga iOS sekalipun.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa RIM selama ini belum buka suara sedikitpun soal kemungkinan itu. "Memang banyak rumor, tapi kami belum pernah mengumumkan secara resmi," tukasnya ketika ditemui di sela peluncuran BlackBerry Curve 9220 di X2, Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (24/4/2012).

Adapun terkait bocoran gambar yang wara-wiri di internet yang menyebut bahwa ponsel Android tersebut tengah menjalankan aplikasi BBM for Android ver: 0.8.87 beta, Oliver tak mempercayainya begitu saja. Ia mengatakan bisa saja itu cuma hasil modifikasi.

"RIM memang pernah diminta untuk memberikan service solution di iPhone maupun Android, dan itu kita lakukan melalui mobile fusion, tapi itu bukan specifically," lanjut Oliver.

Lantas, apakah secara teknis memungkinkan BBM bisa dijalankan di platform Android atau lainnya? "Saya bukan orang yang tepat untuk bicara soal teknis," pria asal Inggris itu menandaskan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah situs bernama Techno Buffalo pertama kali membocorkan gambar dimana memperlihatkan sebuah smartphone Android sedang melakukan uji coba terhadap aplikasi BlackBerry Messenger.

Di gambar tersebut juga terlihat dengan jelas tulisan BBM for Android ver: 0.8.87 beta. Apakah ini hanya tipuan seorang programmer, atau justru permainan gambar seorang photoshopper? Belum diketahui dengan pasti.

Yang pasti pihak Techno Buffalo mengklaim bahwa BBM untuk Android dan iPhone akan dirilis di akhir tahun sebagai bagian dari Mobile Fusion, layanan terbaru dari RIM.