Tip dan Trik

Penanganan Demam Berdarah Super Ampuh

Penanganan Demam Berdarah Super Ampuh

 

Penanganan Demam Berdarah Super Ampuh
Pengobatan Alami » Penanganan Demam Berdarah

 

Penanganan Demam Berdarah

 

Saturday, January 26th 2013. | Pengobatan Alami

Penanganan Demam Berdarah. Mengobati demam berdarah bukanlah perkara mudah apalagi jika penangan demam berdarah tergolong lambat bisa berakibat fatal nyawa taruhanya. Penangganan yang cepat dan akuran merupakan tindakan cerdas untuk meminimalisir dampak resiko terhadap penderita demam berdarah.

Seperti yang telah Superampuh.com jelaskan pada artikel Gejala Demam Berdarah dan juga Penyebabnya, apabila kita sudah memahami dengan gejala demam berdarah langkah selanjutnya adalah memberikan pertolongan pertama pada penderita dengan memberikan cairan sebanyak-banyaknya pada pasien sebab pada umumnya penderita DB banyak kehilangan plasma darah akibat terjadinya penurunan trombosit.

Dalam menangani penyakit demam berdarah yang perlu di prioritaskan adalah memberikan banyak cairan entah itu cairan berupa larutan air gula, garam maupun dalam bentuk jus buah, sedangkan minuman dalam kemasan kaleng sebaiknya berupa minuman yang mengandung zat elektrolit.

Nah berikut jenis minuman yang di rekomendasikan bagi penderita DBD merupakan sebagian dari obat demam berdarah yang dimaksudkan untuk menghindari pasien dari kekurangan cairan, antara lain :

1. Jus Buah
Untuk mengatasi kekurangan cairan karena demam berdarah bisa memberikan banyak cairan berupa air jus. Tidak selalu harus jus jambu biji Anda bisa memberikan jus buah lain seperti jus pepaya, jeruk, atau jus mangga. Nah dengan kadar air dalam buah berhitung tinggi antara 65 sampai 92 persen, sehingga bisa mensuplai atau menutupi kekurangan cairan akibat merembesnya plasma darah keluar dari pembuluh. Mengonsumsi jus berarti membantu proses pencernaan tubuh dengan mempercepat penyerapan nutrisi kualitas tinggi yang terdapat dalam kandungan jus.

2. Air Kelapa Muda
Air kelapa muda banyak megandung mineral kalium, sodium, klorida, dan magnesium. Zat-zat ini adalah elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mengatasi ancaman syok pada kondisi kekurangan cairan. Selain kalium, juga mengandung gula, vitamin B dan C dan protein. Komposisi gula dan mineral yang terdapat dalam air ini begitu sempurna, sehingga memiliki keseimbangan yang mirip dengan cairan tubuh manusia.

3. Air Heksagonal
Air heksagonal merupakan air yang banyak mengandung oksigen, air telah banyak dikembangkan untuk membantu metabolisme tubuh sehingga bisa menjaga stamina dan vitalitas, termasuk bagi yang menderita demam berdarah.

Cara Mengobati Demam berdaah
Pengobatan demam berdarah dengue dan jenis lainya bisa dilakukan melalui pengobatan herbal. Mengatasi demam berdarah dengan tanaman obat sudah dilakukan melalui riset dan telah terbukti mampu membantu mengatasi penyakit demam berdarah. Nah berikut berupa tanaman dan buah unuk demam berdarah :

1. Jambu Biji
Jambu biji selain rasanya enak dan segar buah ini telah dipercaya sebagi obat demam berdarah, dengan kandungan vitamin C dosis tinggi inilah, kekebalan tubuh dalam melawan bakteri akan meningkat drastis. Bagi penderita demam berdarah mengkonsumsi Jus jambu biji dalam dosis tinggi akan mampu mengembalikan trombosit darah dengan cepat. Untuk mendapatkan manfaat jambu biji secara maksimal, sebaiknya pilih buah yang baru saja masak dan masih berwarna hijau kekuningan. Apabila sudah masak, simpan di lemari es. Cuci dengan bersih sebelum dibuat jus obat demam berdarah.

5. Alang-Alang
Dalam kandungan Alang-alang terdapat manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, dan logam alkali. Dilihat dari kandungan-kandungan tersebut, alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan perdarahan), dan menghilangkan haus.
Bagian tanaman alang-alang yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional adalah rimpang, baik yang segar maupun yang telah dikeringkan. Cara membuat ambil 1 ikat atau gulung akar alang-alang. Cuci dan rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Campur air perasan satu buah jeruk nipis dengan tiga sendok makan air alang-alang tersebut. Pakai seperlunya. Tambahkan pemanis bila ramuan ini ditujukan untuk anak-anak.

7. Daun Dewa
Daun dewa banyak mengandung zat kimia seperti saponin, minyak asiri, flavonoid, dan tanin yang bermanfaat sebagai anticoagulant atau mencairkan bekuan darah, menghentikan perdarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun. Fungsi daun dewa bagi penderita demam berdarah adalah untuk menghilangkan panas tinggi dan menghentikan pendarahan.

Cara Mencegah Demam berdarah
Ada pepatah bilang mencegah lebih baik daripada mengobati, sudah barang tentu mencegah juga lebih mudah daripada mengobati. Mengobati demam berdarah jika sampai pasien menjalani opname di rumah sakit maka akan banyak keluar biaya juga waktu serta tenaga. Nah untuk mencegah DBD sebaiknya selalu meembersihkan lingkungan dengan melakukan gerakan 3M yaitu menguras bak air, menutup tempat penampungan air, dan menimbun barang-barang bekas. Sejalan dengan itu, pemberantasan bibit nyamuk, dapat Anda lakukan dengan menabur bubuk abate di tempat-tempat penampungan air serta pemeriksaan jentik juga harus dilakukan secara berkala. Memelihara ikan dalam bak mandi (jeding) juga bisa membantu memberantas jentik-jentik nyamuk dan cara ini paling efisien akan tetapi tetap perlu menguras seminggu sekali guna membersikan dari kotoran ikan.

Selalu memberikan obat nyamuk oles juga merupakan langkah positif guna menghindari gigitan nyamuk disaat wabah demam berdarah atau sekedar menjaga agar terhindar dari gigitan nyamuk, bisa dilalukan setiap saat terutama jam nyamuk DBD keluar, perlu Anda ketahui bahwa nyamuk DBD paling sering menggigit dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Semoga membawa manfaat. Demikian artikel singkat berkaitan dengaan Cara Penanganan Demam Berdarah.

* Gejala Demam Berdarah
* Cara Mengobati Penyakit Tipes
* Cara Mengobati Darah Tinggi
Pengobatan Alami

 

Go to top