Jasa Pembuatan Web Malang

Pengertian Konsep Pemasaran

Pengertian Konsep Pemasaran

Dewasa ini, pemasaran merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan, ini disebabkan karena konsumen dewasa ini membeli kepuasan (manfaat atas suatu produk) dan tidak membeli produk. Bagi para pemasar menganggap konsumen sekarang sudah selektif terhadap barang yang terdapat di masyarakat. Hal ini menjadikan manajer mencari cara untuk bisa menarik konsumen dengan menerapkan konsep pemasaran bukan lagi konsep penjualan. Konsep pemasaran menurut Kotler (1993;21) berpendapat bahwa “kunci untuk mencapai tujuan organisasi dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyerahan produk yang memuaskan secara efektif dan lebih efisien dibanding para pesaing”.

Konsep pemasaran yang efektif dan efisien menurut  Swasta (1987;4) bertujuan “memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen”.

Bertitik tolak berdasarkan peryataan tersebut konsep pemasaran mengajarkan bahwa kegiatan pemasaran suatu perusahaan harus dimulai dengan usaha mengenal dan merumuskan keinginan dan kebutuhan konsumen, sehingga barang produk itu merupakan hasil dari usaha pemasaran  yang ditetukan oleh barang yang dihasilkan. Konsep pemasaran menurut Swastha dan Irawan (1990:10) adalah “sebuah filsafat bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”.

Menurut Stanton (1996: 13-14) mengatakan bahwa “di dalam konsep pemasaran terdapat tiga unsur pokok, yaitu orientasi konsumen, volume penjualan yang menghasilkan laba dan, dikoordinir secara organisatoris”.

Add comment


Go to top