web
counter

Website

7 Tips Sukses Memilih Web Hosting Indonesia

Hosting

Analogikan website sebagai suatu bangunan. Untuk membangun suatu bangunan yang kokoh dan tahan gempa tentu memerlukan petak tanah yang bagus. Dalam analogi sederhana ini, petak tanah tempat bangunan berdiri adalah web hosting kita. Artinya dengan memilih web hosting yang tepat, maka suatu website akan sukses berdiri kokoh.

Sebelum memilih siapa yang akan beruntung menjadi provider web hosting untuk website kita, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu jenis petak apa yang paling sesuai bagi website kita. Dengan pemilihan jenis layanan web hosting murah yang sesuai kebutuhan, selain penghematan biaya, kita juga bisa menyesuaikan dengan fungsi dan kegunaan website kita. Pemilihan jenis layanan webhosting yang tepat tentu akan menambah kokoh pondasi dari website kedepannya. Berikut beberapa tipikal web hosting yang popular digunakan di Indonesia:


Layanan Web Hosting Gratis
Belum ada penyedia web hosting Indonesia yang menyediakan layanan ini walaupun animo masyarakat untuk mempergunakan jasa free hosting ini cukup tinggi. Mengabaikan aspek ’karena free hosting, maka servis yang diberikan pun sangat minim dan terbatas’. Dari segi stabilitas server, kelancaran hingga keamanan data. Contoh provider layanan web hosting gratis adalah 000webhost.com.
Layanan Shared Hosting
Konsep shared adalah berbagi. Artinya satu website berbagi resource server seperti RAM dan CPU dengan user lain. Satu server bisa dihuni sedikit, sedikit sekali, ratusan hingga ribuan klien. Sesuai konsep berbagi, biaya pemeliharaan server tentu dibagi sesuai jumlah klien. Semakin banyak klien yang menghuni satu server, maka semakin murah biaya sewa yang harus dibayarkan klien. Tetapi bukankah server akan semakin berat? YA! Adalah tugas provider web hosting untuk memiliki standar sendiri dalam menyeimbangkan antara harga, dan kualitas.
Reseller Hosting
Dengan paket ini, user bisa membuat satu provider web hosting murah dengan brand merknya sendiri. Karena memiliki brand sendiri, identitas reseller sangat dirahasiakan oleh provider. Bahkan pemilik akun reseller pun memiliki technical support sendiri untuk mengatasi problem klien. Jika terjadi problem pada server, pemilik reseller tidak secara langsung berhubungan dengan server yang bermasalah, melainkan mengajukan komplain ke provider web hosting.
Virtual Private Server (VPS)
Jika kebutuhan website klien tidak dapat dipenuhi oleh shared hosting murah, maka VPS adalah satu solusi cerdas. Klien mendapat akses root untuk menginstal modul tertentu yang tidak bisa dicover oleh paket shared hosting. Bagaimana bisa? Menggunakan VPS sama saja dengan memisahkan user dengan user shared hosting. Resource server fisik dibagi ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang  tidak  akan mempengaruhi hardware server secara langsung. Walaupun VPS user overload hingga down sekalipun.
Layanan Dedicated Server
Dedicated Server adalah layanan yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi yang tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Provider menyediakan satu set web server fisik lengkap dengan sistem operasinya. User mendapat root akses untuk masuk ke web servernya, dan bertugas melakukan pemeliharaan server yang telah disediakan melalui akses yang telah disediakan.
Layanan Colocation
Hampir sama dengan Dedicated Server, tetapi user memiliki sepenuhnya server fisik sekaligus lokasinya sendiri dalam sebuah data center. Beberapa provider collocation tidak menyediakan support langsung pada mesin kliennya. Hanya menyediakan listrik, akses internet dan fasilitas penyimpanan server. Adalah tanggung jawab user untuk mengunjungi data center. Melakukan upgrade hardware atau perubahan lainnya pada server collocation yang dimiliki.
Memilih Web Hosting
Setelah cukup memahami ragam tipe web hosting di atas dan menentukan layanan mana yang tepat dengan spesifikasi website kita, sekarang saatnya untuk melakukan pemilihan web hosting yang cocok bagi kita. Data terakhir situs webhosting.info pertanggal 08/02/2010 menempatkan Indonesia dalam 50 besar negara yang memiliki provider web hosting terbanyak di dunia. Dengan total 233 provider web hosting, menempatkan Indonesia di posisi 27. Masalahnya adalah dari 233 provider web hosting Indonesia, kita harus memilih salah satunya. Ikuti 7 standard berikut dan kita akan sukses memilih web hosting Indonesia yang cocok bagi kita.
Kecepatan Akses
Tentu sangat tidak menyenangkan memiliki website yang lambat sekali ketika diakses. Apalagi jika sedang dilakukan penilaian terhadap website kita. Sekedar tips untuk mengecek kecepatan calon web hosting adalah melakukan trace route pada calon IP server website kita. Semakin sedikit hop yang muncul, maka semakin ramah web hosting terhadap ISP yang kita pakai. Tetapi kecepatan akses itu sendiri tidak hanya tergantung pada satu aspek. Ada banyak sekali faktor yang berpengaruh. Lakukan banyak pengujian pada berbagai hosting, atau diskusikan dengan sesama pengguna hosting lainnya untuk mendapat rekomendasi web hosting yang tepat.
Mampu Menjaga Keamanan dan Privasi
Data adalah barang berharga yang sangat penting yang kita percayakan untuk dijaga oleh provider web hosting. Web hosting yang dapat mengerti hal ini dan mampu menjaga kerahasiaannya adalah web hosting yang dapat diandalkan. Pastikan web hosting anda adalah salah satunya.
Layanan Sesuai Janji, 24×7 Jam
Walaupun banyak web hosting yang menjamin layanan selama 24×7, tetapi pastikan bahwa 24×7 benar-benar dipenuhi. Jangan ragu untuk menghubungi pada jam tidur atau bahkan subuh sekalipun untuk memastikan web hosting anda menepati janjinya.
Dukungan Data Center dan Network yang Handal
Mari kembali bermain dengan analogi. Website sebagai bangunan, Hosting sebagai petak tanah. Analogikan Data Center sebagai sebuah kota dan Network sebagai akses jalan untuk mencapai satu kota lain. Agar perjalanan pengakses lain ke website kita lancar, tentu diperlukan dukungan infrastruktur lainnya berupa data center dan network yang handal dan berkualitas.
Layanan Ramah dan Profesional
Pertanyaan sales adalah kesan pertama. Tentu saja kesan pertama tersebut sangat penting untuk menjalin suatu hubungan yang panjang. Tetapi jangan terburu-buru mengambil keputusan. Pastikan jangan hanya pada kesan pertama saja web hosting anda bersahabat.
Harga Sesuai, Plus Layanan Prima
’Paling murah dengan kualitas paling baik di antara pesaing lainnya’. Jangan terjebak dengan marketing gimmick tersebut. Harga pasti berbanding lurus dengan kualitas. Dengan harga yang semakin tinggi, tentu saja spesifikasi server semakin bagus, dan pemeliharaan server semakin rutin. Beberapa provider web hosting memiliki cara tersendiri untuk menekan harga menjadi sekecil mungkin tetapi tetap menjaga kualitas dengan sebaik mungkin. Temukan web hosting tersebut. Tentu saja, dengan melakukan perbandingan.
Memenuhi Jaminan Server Uptime
Setiap provider web hosting memiliki jaminan server uptime masing-masing. Server malfunction karena serangan eksternal, maintenance bulanan, dan sebagainya biasanya tidak masuk dalam jaminan tersebut. Cara paling mudah untuk mengetahui berapa persen server uptime yang dijamin adalah dengan mencermati Aturan dan Layanan suatu web hosting. Dan sekali lagi, dengan melakukan perbandingan bersama teman sesama pengguna hosting kita.

 

Rekomendasi Artikel: