Website

Website

Manfaat Tag pada Website dan Blog

Tag Cloud adalah menaampilkan rangkaian kata acak yang terdapat dalam suatu blog dengan tujuan untuk menarik pengunjung blog. Untuk yang menggunakan  WordPress , maka telah disediakan fasilitas ini. Dari pengamatan saya beberapa blogger agak kurang begitu care , lupa atau bahkan belum tahu tentang manfaat keberadaan mahluk yang satu ini, semoga anda tidak demikian adanya, he..he…

Apabila ada pengunjung blog anda yang mengklik salah satu kata dalam Tag cloud yang menurutnya menarik  maka selanjutnya dia akan dipandu oleh search engine internal blog menuju artikel-artikel yang mengandung kata yang diklik oleh pengunjung tadi. Karena inilah maka tag cloud memiliki makna yang penting.

Menampilkan tag cloud blog secara konseptual dikatakan mempunyai manfaat untuk  meningkatkan jumlah pengunjung menuju blog anda, dan tentu selanjutnya akan berpengaruh pula Alexa Rank dan popularitas blog anda.  Dengan menggunakan logika sederhana bahwa  tag clouds mempunyai manfaat antara lain sebagai berikut:

Menampilkan kata yang menjadi tema blog
Karena menampilkan kata acak dari artikel anda maka para pengunjung yang datang akan dapat deskripsi tentang content blog anda, yaitu jenis, dan tema artikelnya. Jadi apakah selanjutnya pengunjung tersebut bernafsu untuk terus menjelajah atau balik kucing, maka tag caluds berperan disini.

Kalau blog anda tentang pernikahan maka tag yang dimunculkan seyogyanya kata yang terkait terkait misalnya: cewek, cowok, pacaran, tunangan, cinta, lamaran, cincin tunangan, penghulu, undangan, pesta, tata rias, dst.

Membuat Orang Lain Tertarik dan bernafsu
Apabila kata-kata acak tersebut bisa membuat sebagian pengunjung penasaran, maka dia akan mengacak-acak posting anda sampai puas, hehehe… contohnya ketika ada pengunjung yang mengunjungi situs ini tertarik pada kata “nikah tanpa dikawini”atau “obat aids ditemukan” maka mereka terkadang akan berusaha mengklik kata tersebut sampai terpenuhi nafsunya, menemukan artikel yang dimaksud.

Mengokohkan  link internal (inbound link) blog
Antara postingan anda yang satu dengan yang lain akan dibaca search engine mempunyai keterkaitan kuat karena adanya kesamaan tag clauds ini. Karena sebagian besar tag cloud adalah berupa kata kunci (keyword) dari artikel blog anda maka semakin banyak kesamaan tag cloud maka dibaca sebagai sebuah kekokohan content.

Rekomendasi Artikel: