Website

Website

10 Ide Beriklan Untuk Bisnis Yang Sedang Berkembang




Berikut beberapa ide iklan untuk bisnis Berkembang yang patut anda coba sehingga dapat secara efektif mencapai pangsa pasar dan menarik pelanggan baru.

10 Ide Beriklan Untuk Bisnis Kecil, antara lain:

1. Yellow Pages
Ternyata masih banyak masyarakat yang mengggunakan Yellow Pages dalam mencari barang atau jasa yang sedang mereka butuhkan dan besar kemungkinan mereka tidak akan menggunakan bisnis Anda Jika tidak terdaftar di dalam Yellow pages. jadi selain memberikan informasi berguna, yellow pages dapat memberikan citra baik pada bisnis anda. Maka usahakanlah  mendapatkan halaman iklan terbesar yang mampu anda dapatkan agar  lebih mudah ditemukan dan dinilai usaha anda bermodal.

2. Iklan Koran
Banyak koran lokal yang  sering menawarkan berbagai fitur iklan untuk bisnis tertentu, antara lain fitur bisnis baru dengan tarif terjangkau – hanya puluhan ribu rupiah saja. jadi segeralah mencoba untuk memanfaatkan fasilitas ini karena selain harga terjangkau juga mudah menargetkan iklan anda, contoh: jika anda menjual baju wanita maka sudah pasti jika menaruh iklan di koran yang banyak dibeli oleh para wanita atau ibu-ibu.

3. Direct Mail
Dibandingkan  media marketing lainnya, seperti email atau telemarketing. Ternyata direct mail dinilai lebih efektif karena dapat lebih banyak menarik pelanggan. Dan bahkan jika Anda tidak memiliki mailing list, Anda dapat menargetkan mail secara geografis. jadi anda bisa mengirimkan mail anda ke suatu daerah pemukiman penduduk kelas atas, yang sudah pasti daya belinya tinggi.

4. Iklan di Majalah
Sama seperti beriklan di koran, beriklan di majalah pun juga sama mudah dalam menargetkan iklan anda. Saat ini selain Majalah cetak ada pula e-magazine, tetapi  harga keduanya biasanya lebih tinggi dari koran.

5. Kartu Nama Bisnis
Menurut saya memiliki Kartu nama bisnis adalah beriklan termurah dibandingkan media iklan cetak lainnya. Hanya dengan puluhan ribu saja, maka anda sudah bisa memiliki 100 lembar kartu nama yang bisa langsung disebar. Berikan karu nama anda kepada Calon pelanggan dan juga pelanggan lama anda, karena diharapkan mereka akan selalu ingat dan mudah saat ingin menghubungi.

6. Bergabung dengan Organisasi Bisnis
Setiap organisasi  bisnis menawarkan peluang iklan eksklusif untuk anggota mereka, mulai dari promosi gratis di website organisasi yang ditempatkan dibagian khusus. Dan menjadi anggota pun  sudah menjadi periklanan itu sendiri, karena anggota yang lain akan mengenal produk dan jasa apa yang anda tawarkan.

7. Iklan di Kendaraan
Kendaraan dengan mobilitas yang tinggi tentu kemungkinannya besar iklan kita dilihat oleh banyak orang, maka desain iklan anda yang eyes catchy seperti warna yang agak mencolok merah atau kuning dengan besar jenis tulisan yang mudah dibaca.

8. Mengirim Promo Dengan Faktur
Pada saat anda mengirimkan faktur, bisa juga disisipkan beberapa iklan mengenai produk dari bisnis anda, contoh untuk mengiklankan produk terbaru anda dengan diskonnya pula, maka dengan cara ini besar kemungkinannya dibaca dan dibeli oleh pelanggan anda.

9. Iklan Radio
Menjalankan iklan pada stasiun radio lokal dapat bersifat efektif dan relatif murah. promokan bisnis anda agar mereka mau datang terlebih dahulu dengan menawarkan berbagai diskon bahkan gratisan, untuk produk tertentu yang kemudian anda dapat juga menjual produk anda yang lain (biasa disebut cross selling) dengan keuntungan yang lebih.

10. Beriklan di Halte Bus
Hubungi perusahaan angkutan lokal Anda untuk informasi di halte, bangku, bus, dan kemungkinan tempat lainnya untuk penampungan iklan. saat orang menunggu bus di halte atau didalam bus maka besar kemungkinan iklan kita dibaca.

Apapun cara beriklan yang anda gunakan, selalu lah diukur tingkat keberhasilannya. mana yang lebih bisa menarik pelanggan, sehingga berikutnya kita bisa pergunakan cara beriklan yang paling berhasil. jika kemudian tingkat keberhasilan iklan tersebut sudah menurun, maka kita bisa coba lagi yang lain dan selalu ukur dan inovasi terus. (*/mlk)