Website

Blog, Investasi Berharga Usaha Rintisan

Blog, Investasi Berharga Usaha Rintisan - Dengan kira-kira 150.000 situs baru dan 7 juta laman baru yang ditambahkan ke Internet setiap harinya, tantangan terbesar untuk setiap entrepreneur ialah ditemukan, dan mendapatkan kredibilitas untuk usaha rintisannya. Kita bisa simpulkan dari pengalaman bahwa publikasi di blog secara teratur untuk menunjukkan penawaran Anda, bahkan sebelum Anda memilikinya, ialah salah satu pendekatan yang paling hemat biaya dalam hal waktu dan uang.

Dengan banyaknya blog sekarang ini, tantangannya ialah bagaimana agar Anda ditemukan dan mendapatkan kredibilitas melalui blog Anda.

Kendala terbesar ialah pendiri usaha rintisan sudah terlalu banyak menghabiskan tenaga untuk membuat produk, strategi pemetaan, menjaring investor, dan sebagainya. Maka dari itu, perlu diperhatikan bagaimana menyisihkan waktu dan menulis konten yang berkualitas di blog tersebut. Namun berikut adalah sejumlah alasan utama mengapa Anda harus memprioritaskan membuat blog untuk usaha rintisan:

 

    Anda bisa memvalidasi kebutuhan dan solusi Anda sebelum membelanjakan uang. Terlalu banyak entrepreneur menghabiskan dana besar untuk pengembangan padahal solusi yang ditemukan tidak terlalu memuaskan. Masukan dan umpan balik yang didapat dari blog akan memberitahukan pada Anda apakah setiap orang sepakat dengan penilaian Anda dan apakah Anda memiliki basis pelanggan yang menanti dengan setia.
    Temukan mitra potensial. Sebagian besar orang yang Anda inginkan sebagai mitra kini membaca berbagai blog untuk menemukan ide yang relevan dan mitra yang cocok. Karena itulah, memiliki blog adalah sebuah cara yang efektif untuk menemukan orang-orang yang berpikiran sama dan memulai dialog yang lebih hangat. Dari sudut pandang jejaring, ini lebih efisien daripada menghadiri seminar dan acara-acara industri lainnya.
    Menarik pekerja yang cerdas. Pekerja potensial yang cerdas juga membaca blog-blog agar tetap mengikuti perkembangan dalam industri mereka dan menemukan pimpinan baru yang lebih baik. Semakin banyak pegawai bekerja untuk orang yang mereka hormati daripada perusahaan. Ambillah insiatif untuk membuat diri Anda dikenal di luar sana. Tentunya, pada akhirnya Anda menghendaki pegawai yang bisa menulis blog untuk Anda dan perusahaan Anda pula.
    Bangunlah basis pelanggan sejak dini. Tidak pernah terlambat untuk memulai sebuah doalog dengan pelanggan sepanjang Anda tidak menyesatkan mereka mengenai posisi Anda. Bangunlah merek Anda dan jaring pembeli. Terdapat peluang untuk melakukan konsultasi dengan pelanggan yang tertarik untuk memberikan pemasukan yang dibutuhkan sementara produk masih dalam tahap pengembangan.

    Bangun kredibilitas dengan investor. Sebuah blog ialah kendaraan yang efektif untuk menemui para investor sebelum Anda siap untuk mengajukan pendanaan pada mereka. Anda juga akan mempelajari tentang para pesaing yang merasa minder membaca blog Anda. Begitu Anda mendapatkan perhatian nyata sebagai seorang pakar atau ahli dalam bidang Anda, para investor akan memprioritaskan Anda dalam daftar pendanaan mereka.
    Asah terus ketrampilan komunikasi Anda. Menulis sebuah blog adalah sebuah upaya komunikasi yang kontinu dan itulah tugas utama Anda sebagai pendiri usaha. Cobalah untuk menulis pemikiran Anda dalam paparan singkat yang bisa dimengerti orang lain dengan cepat. Bahkan jika Anda menyewa jasa penulis, proses penyampaian ide ini akan mengasah ketrampilan komunikasi Anda.
    Peringkat Google Anda akan naik drastis. Saat Google dan mesin pencari lainnya membutuhkan 2-3 minggu untuk memasukkan blog Anda dalam daftar hasil pencarian  mereka, situs blog baru dan entri blog baru selalu diindeks setiap harinya. Dari komentar, Anda akan mengakumulasi tautan eksternal ke dan dari situs Anda dan mendapatkan peringkat tambahan dari Google.

Karena sebuah usaha baru belum dikenal orang, maka Anda-lah mereknya berdasarkan budaya media sosial masa kini. Orang berpikir usaha Anda nyata jika mereka melihat orang yang nyata dan mereka akan memberikan kredibilitas pada usaha baru Anda berdasarkan pada prestasi Anda dan kualitas informasi yang Anda berikan di blog.

 

Jika usaha baru Anda belum memiliki blog, saatnya Anda mempertimbangkan untuk menulis blog di salah satu platform blogging besar seperti WordPress.com, Blogger.com, Tumblr.com, dan sebagainya. Blog gratis ini lalu bisa dihubungkan langsung dengan sebuah domain untuk memperkokoh dampak SEO (Search Engine Optimization) secara keseluruhan. Secara keuangan, biaya untuk hosting juga terpangkas. (*/Akhlis)

Go to top