Website

Website

10 Hal yang Harus Ada di website Bisnis atau Toko Online Anda




Katakan pada orang bahwa situs Anda ialah tempat yang tepat, yang selama ini mereka telah cari. Sebuah gambaran yang jelas akan segera menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk membaca isi situs Anda lebih lama.

Penguasaan dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization)
Situs Anda tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika tidak ada orang yang berkunjung dan membacanya. Sedikit banyak Anda harus mengetahui dan menguasai teknik SEO sehingga situs Anda akan lebih berpeluang dikunjungi orang melalui mesin pencari.

Anda tidak perlu menyewa jasa seorang praktisi SEO yang menggunakan trik-trik kurang menyenangkan untuk bisa menduduki peringkat 1 atau setidaknya berada dalam halaman pertama hasil pencarian. Cukup pastikan situs Anda terkode dengan baik dan benar. Dengan kata lain, Anda harus gunakan kata kunci yang sesuai yang tersebar di beberapa titik sepanjang teks, menempatkan beberapa tautan dalam jumlah yang wajar, memberi nama judul halaman dan URL dengan benar, dan tidak ketinggalan menggunakan gambar dan video sebagai pendukung.

Desain dan gaya yang ramah pengunjung
Seperti yang pernah disebutkan Forbes, “Para pengguna internet memiliki kemampuan yang amat rendah dalam memfokuskan perhatian.” Pengunjung situs biasanya hanya membaca secara sekilas untuk mengambil sampel konten terlebih dahulu saat mereka membuka laman web baru. Bila mereka merasa telah menemukan bagian situs yang mereka inginkan/ memberi mereka manfaat, mereka cenderung akan membaca keseluruhan konten dengan lebih perlahan dan mendetil. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang berkunjung ke situs usaha kecil Anda, Anda harus mengatur konten agar lebih mudah dibaca dengan cepat.

Ada 3 cara penulisan teks untuk konten online agar lebih mudah dibaca dengan lebih cepat oleh pengunjung:
* Bagi tulisan menjadi paragraf-paragraf yang lebih singkat. Berikan judul kecil sehingga lebih mudah menarik perhatian.
* Gunakan poin-poin dalam bentuk daftar
* Berikan penekanan pada kata-kata atau frase-frase penting

Intinya, kesederhanaan dan warna dasar menjadi perhatian utama. Dan selalu ingat untuk fokus pada konten yang ditayangkan, bukan hal-hal lain yang kurang penting yang justru akan membingungkan dan membuat pengunjung meninggalkan situs Anda.

Alamat situs yang sederhana dan masuk akal
Dalam dunia web, berpikirlah sesederhana mungkin. Kesederhanaan akan memudahkan pengunjung yang tidak memiliki banyak waktu untuk berpikir untuk mencerna informasi lebih cepat dan efisien.

Usahakan memilih domain yang sederhana dan benar-benar mencerminkan usaha Anda karena domain berperan penting seperti merek. Inilah yang akan melekat dalam ingatan konsumen. Berpikirlah dan tanyakan “Apa yang akan saya ketik untuk menemukan informasi tentang usaha ini jika saya adalah seorang pengguna internet?” Dengan menempatkan diri dalam posisi orang lain, Anda akan lebih mudah menemukan alamat situs atau nama email yang mudah diketik (ejaannya simpel).

Utamakan untuk memilih .com sebagai domain Anda karena akhiran itu yang paling lazim ditemui dan paling diingat orang saat mengetikkan alamat situs di kotak pencarian. Untuk organisasi nirlaba, direkomendasikan untuk menggunakan domain .org sebagai merek. Patut dicamkan pula bahwa Anda perlu menghindari penggunaan tanda hubung (dash) yang bisa membingungkan baik bagi pengguna internet dan mesin pencari. Misalnya, jika Anda memilih nama domain usaha-saya.com, Anda harus menerangkan setiap berbicara pada orang bahwa ada tanda hubung di antara kedua kata itu. Itu tidak akan terjadi jika Anda memilih usahasaya.com. Selain tanda hubung, penggunaan angka dalam nama domain juga sebaiknya dihindari.

Peta situs yang memudahkan navigasi
Peta situs berfungsi memberi gambaran umum tentang isi dan struktur sebuah situs. Layaknya sebuah buku, peta situs ini adalah daftar isi atau indeks yang memudahkan pembaca menemukan konten yang mereka perlukan. Selain itu, berikan tautan yang jelas di laman-laman yang dianggap penting.

Pastikan navigasi bisa dilakukan dengan mudah. Anda direkomendasikan untuk menggunakan menu dropdown dalam navigasi sehingga pengunjung bisa melihat konten di bawah setiap judul dari setiap laman situs yang termuat.

Informasi kontak yang mudah ditemukan
Ini mungkin menjadi salah satu poin paling krusial dalam situs usaha. Situs Anda harus mempermudah orang lain menemukan dan menghubungi Anda. Situs bukan hanya sebuah etalase informasi yang berfungsi sebagai pajangan semata, tetapi menjadi papan informasi yang memuat informasi bisnis yang dibutuhkan. Banyak usaha kecil tetap berskala kecil selama bertahun-tahun karena mereka kurang dapat mengembangkan relasi bisnis dan kerjasama dengan pihak lain. Dan ini ialah akibat dari sulitnya orang menemukan dan menghubungi mereka. Tidak semua pengunjung situs memiliki tingkat kesabaran untuk menjelajahi setiap laman dalam situs Anda.

Tempatkanlah informasi kontak Anda di bagian kiri atas atau kanan atas di laman beranda. Akan lebih baik juga untuk memuat informasi kontak di setiap laman situs, entah itu di bagian kaki atau sisi kanan/ kiri atau sudut kanan atas. Intinya, tempatkan sedemikian rupa agar orang mudah menemukannya.

Lalu apa saja yang harus termuat dalam informasi kontak? Berikan alamat kantor, nomor telepon atau seluler kantor, nomor fax, email bisnis, dan formulir kontak standar. Atau berikan tautan menuju lokasi Anda di Google Maps. Dan mengingat meningkatnya penggunaan jejaring sosial, tidak ada salahnya untuk membuat akun khusus usaha di beberapa situs layanan jejaring sosial yang banyak dipakai segmen masyarakat yang menjadi target Anda. Singkatnya, jadilah fleksibel dengan menyediakan banyak opsi untuk menghubungi Anda. Dengan lebih banyak pilihan untuk menjangkau Anda, akan semakin meningkat pula peluang usaha Anda dikenal orang dan berkembang di kemudian hari.

Kesaksian pelanggan
Tidak ada yang seampuh metode dari mulut ke mulut dalam meningkatkan popularitas dan penjualan suatu produk atau jasa. Kata-kata jujur dari pihak lain membantu produk atau jasa Anda lebih kredibel di mata pengunjung situs. Kepercayaan pelanggan pada usaha Anda akan meningkat, ini terutama akan sangat membantu mengangkat nama sbuah usaha baru. Kesaksian semacam ini juga membantu orang yang tengah berbelanja untuk memutuskan apakah produk atau jasa mereka memenuhi kebutuhan atau tidak. Orang-orang selalu senang mendengarkan pengalaman nyata orang lain dalam menggunakan sebuah produk atau jasa. Kesaksian konsumen juga memberikan perspektif segar dari sudut pandang konsumen.

Konten berkualitas yang segar
Bagi banyak usaha, situs menjadi tolak ukur kesan pertama bagi seorang pelanggan. Anda ingin memberikan pengunjung situs apa yang mereka butuhkan dan mungkin memberikan mereka alasan untuk kembali lagi.

Pastikan pula konten yang disuguhkan adalah konten yang orisinal, ditulis dengan baik dan memiliki manfaat nyata.

Anda juga bisa tambahkan blog sebagai alternatif untuk berikan nuansa segar dalam situs yang kaku. Blog juga akan berikan ciri khas kepribadian sebuah usaha dengan bahasa yang lebih cair.

Seruan untuk bertindak
Beritahukan para pengunjung situs untuk melakukan sebuah tindakan nyata seperti menghubungi Anda via email untuk rapat kerjasama bisnis, mendaftar untuk berlangganan pembaruan terbaru di situs Anda, mengikuti kabar terbaru usaha Anda di jejaring sosial, mendaftar untuk dapatkan kupon/ diskon secara online, atau menambahkan produk ke dalam keranjang belanja virtual (jika situs Anda juga menawarkan fitur jual-beli online).

Platform hosting yang aman
Bayangkan jika situs Anda dibajak peretas dan semua informasi di dalamnya diacak-acak. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi. Cegah dengan memilih sebuah perusahaan hosting yang tepercaya dan aman untuk mencegah peretas dengan niat buruk menembus keamanan situs. Penting juga untuk menjaga sistem manajemen konten (CMS) selalu termutakhirkan sehingga memperkecil kemungkinan mengalami gangguan peretas. (*/Akhlis)