Website

Website

Solusi Teknologi untuk Pelaku Bisnis Kecil di 2012

Solusi Teknologi untuk Pelaku Bisnis Kecil di 2012 - Tahun 2012 disinyalir akan memberi persaingan yang cukup ketat di antara para pelaku bisnis kecil. Meningkatnya pengguna internet di tanah air juga turut berpengaruh dalam menciptakan pemain-pemain baru yang berujung pada inovasi serta persaingan.

 

Bagi pelaku bisnis kecil yang telah cukup lama terjun dalam dunia wirausaha, disarankan untuk mengevaluasi strategi teknologi yang sudah diterapkannya di tahun ini untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih baik di tahun depan. Dan bagi pemain lama atau baru yang belum menyentuh teknologi digital, ada baiknya untuk menetapkan sejumlah strategi berbasis internet demi kemajuan bisnisnya.

 

Berikut lima tips seputar teknologi yang dapat menjadi solusi bagi pelaku bisnis kecil untuk mencapai efisiensi serta pertumbuhan usaha dan lolos dalam persaingan bisnis di tahun 2012.

 

#1. Investasi pada situs bisnis

Berdasarkan riset, hampir sebagian besar pelaku bisnis kecil belum mempunyai website. Kondisi ini bisa menjadi rintangan besar bagi pelaku bisnis dalam menghadapi persaingan. Segera ciptakan website untuk menyambut persaingan di tahun depan demi kredibilitas serta pertumbuhan usaha.

 

#2. Perkuat sokongan teknologi

Menyewa jasa konsultan IT yang berpengalaman memang membutuhkan biaya besar tapi tanpa keberadaan orang yang benar-benar kompeten di bidangnya, bisnis yang dirintis mungkin bisa tenggelam oleh kuatnya arus persaingan. Menyewa jasa konsultan IT di 2012 dapat menjadi pertimbangan utama demi kemajuan usaha.


#3. Lakukan backup data secara rutin

Manajemen data yang kacau bisa berdampak pada biaya pengeluaran bagi sejumlah bisnis. Namun bagi bisnis kecil, kehilangan data atau dokumen bisa berimbas pada kehancuran. Karenanya, lakukan backup data secara rutin per bulan atau bahkan per minggu dengan menyimpan dokumen penting tersebut dalam CD, hard disk (piranti keras) eksternal atau dipercayakan kepada jasabackup online.

 

#4. Manfaatkan media sosial

Media sosial termasuk perangkat digital murah yang memiliki banyak kegunaan dalam perkembangan bisnis. Selain bisa jangkau konsumen di penjuru dunia secara personal dengan biaya terjangkau, media sosial juga bisa dijadikan solusi efektif dan efisien bagi pelaku usaha kecil untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk serta memperkuat brand.

 

#5. Manfaatkan teknologi konferensi

Daripada menghabiskan biaya untuk melakukan perjalanan bisnis ke luar kota, lebih efisien memanfaatkan teknologi video conference untuk adakan meeting atau presentasi di hadapan klien, konsumen atau pegawai.

 

Rekomendasi Artikel: