Soal-soal

Soal-soal

PENDALAMAN MATERI UJIAN NASIONAL TIM PENGEMBANG KURIKULUM PROVINSI


PAKET SOAL BAHASA INDONESIA

ToT PENDALAMAN MATERI UJIAN NASIONAL

.

TIM PENGEMBANG KURIKULUM PROVINSI

CISARUA, 11 s.d. 15 JANUARI 2010

 

  1. Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

Indikator Soal                               :     Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut

Soal

Hatta dan Drajad adalah dua pribadi dengan latar belakang  yang berbeda. Hatta adalah praktisi, sedangkan Drajad adalah intelektual. Hatta kompromistis, Drajad kritis. Dengan demikian, cara penuangan nilai-nilai idealisme mereka kadang-kadang berbeda.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

  1. perbedaan pribadi Hatta dan Drajad
  2. latar belakang kepribadian Hatta
  3. latar belakang kepribadian Drajad
  4. nilai-nilai idealisme Hatta dan Drajat

 

Kunci Jawaban   : A

Pembahasan

Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal atau akhir pargraf

Kata kunci: Hatta dan Drajad adalah dua pribadi dengan latar belakang yang berbeda …. (perbedaan Hatta dan Drajad). Kata yang merujuknya: ... sedangkan ... (kalimat kedua);  Hatta kompromistis, Drajad kritis. (kalimat ketiga)

 

  1. Kemampuan yang Diuji                :     Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

Indikator Soal                               :     Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utama utama paragraf tersebut

 

Soal

(1)   Berbagai pihak mulai sibuk menyongsong Ujian Nasional SMP 2010. (2) Salah satunya adalah kesibukan Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan kegiatan Pendalaman Materi UN bagi Tim Pengembang Kurikulum. (3) Dinas Pendidikan di daerah-daerah juga sibuk melakukan sosialisasi ke satuan pendidikan tentang pelaksanaan UN yang akan dilaksanakan akhir Maret . (4) Begitu juga, sekolah-sekolah mulai giat mengadakan kegiatan belajar tambahan untuk siswa kelas IX.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....

  1. (1)                                C.  (3)
  2. (2)                                D.  (4)

 

Kunci Jawaban               : A

Pembahasan :

Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.  Dalam paragraf, kalimat utama biasanya terletak pada awal atau akhir paragraf.

Pada paragraf tersebut kalimat utama dirujuk dengan kata kunci: Berbagai pihak sibuk .... (kalimat pertama). Didukung kalimat penjelas yang ditandai kata “...Direktorat Pembinaan SMP menyelenggarakan ... (kalimat kedua) Dinas Pendidikan ... sibuk melakukan ....(kalimat ketiga), sekolah-sekolah giat mengadakan …. (kalimat keempat).

 

  1. Kemampuan yang Diuji             : Menentukan  kritik terhadap isi bacaan

Indikator Soal                            : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan kritikan terhadap isi bacaan tersebut

 

Soal

 

Akibat terlambatnya pasokan BBM dari Pertamina, kerepotan masyarakat seputar bahan bakar terus berlangsung. Kelangkaan premium dan pertamax di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) sejak sebulan lalu kian meluas. Tidak hanya di Surakarta dan sekitarnya, kondisi itu kian meluas ke beberapa wilayah di Tanah Air. Sejauh pemantauan penulis, solar pun mulai menghilang. Pengumuman “Premium Habis” atau “Bensin Habis” banyak dijumpai di sejumlah SPBU. Akibatnya, terjadi antrean kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar.

Kritik yang tepat terhadap pihak Pertamina sesuai dengan teks berita di atas adalah...

 

  1. Sebaiknya Pertamina menjaga komitmennya untuk menjamin kelancaran pasokan BBM sehingga tidak meresahkan warga.
  2. Dalam urusan distribusi, keterlambatan pasokan merupakan hal yang sudah biasa karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.
  3. Masyarakat sebaiknya bisa memaklumi terlambatnya pasokan BBM dan tetap bersabar serta tidak menyalahkan Pertamina.
  4. Sebagai badan usaha milik negara, Pertamina harus bertanggung jawab terhadap kekacauan dalam pasokan bahan bakar minyak (BBM).

 

Kunci Jawaban   :  A

Pembahasan

Dalam KBBI kata kritik berarti kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dsb. Kritikan terhadap isi paragraf  berarti memberikan tanggapan terhadap isi paragraf  tersebut

Kritikan berupa perbaikan (koreksi) terhadap perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “terlambatnya pasokan BBM … kerepotan masyarakat...,  Kelangkaan premium…  kian meluas“ (kalimat kedua), solar pun ...menghilang (kalimat ketiga), premiun habis...(kalimat keempat), terjadi antrean kendaraan...(kalimat kelima).

 

  1. Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan  isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

Indikator Soal                            :     Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi kedua teks berita tersebut

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal :

Cermati kutipan teks berita berikut!

Teks Berita 1

Teks Berita 2

AS menambah 30 ribu tentara tambahan ke Afghanistan dengan misi mengakhiri kekerasan Taliban dan Alqaidah. Misi pasukan tambahan ini berlangsung selama 1,5 tahun dan setelah itu akan ditarik kembali. Meskipun demikian, banyak pihak meragukan penambahan pasukan ini bisa menghentikan perlawanan Taliban dan Alqaidah.

Konflik berkepanjangan antara pasukan Taliban dan Alqaidah di satu pihak melawan pasukan AS terus berlanjut. Pasukan AS terus memburu milisi yang diduga lari ke Yaman. Puluhan ribu pasukan terus ditambah dan dikerahkan. Namun, banyak pihak tidak yakin penambahan jumlah pasukan AS akan mampu memadamkan perlawanan Taliban dan Alqaidah.

 

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...

  1. Amerika Serikat mengirim 30 ribu pasukan tambahan ke Afghanistan.
  2. Misi pasukan Amerika Serikat akan menjalankan tugas selama 1,5 tahun.
  3. Pasukan Amerika Serikat terus memburu milisi yang diduga lari ke Yaman.
  4. Banyak pihak meragukan kemampuan Amerika Serikat menghentikan perlawanan milisi.

 

Kunci Jawaban   :  D

Pembahasan

Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

 

Teks 1: ... banyak pihak meragukan .... (kalimat ketiga) ... banyak pihak tidak yakin .... (kalimat ketiga)

 

  1. Kemampuan yang Diuji : Menentukan  isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

Indikator Soal                 : Disajikan kutipan berita, siswa dapat menentukan isi berita tersebut.

Soal

Senin (16/1) tadi pagi bus penumpang dari Medan – Banda Aceh masuk paret di wilayah  Saree.  Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya ban depan sehingga  bus menabrak pengaman jalan  dan  masuk parit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.Karena benturan bus tidak begitu kuat. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Organda Cabang Banda Aceh menuturkan, penyebab pasti kecelakaan itu ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor Bus, pemasangan ban depan, dan  faktor teknis lainnya.

 

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...

  1. Bus penumpang Banda Aceh   mengalami kecelakaan pada hari Senin yang telah menimbulkan korban jiwa akibat ban depannya lepas.
  2. Kecelakaan telah terjadi pada bus penumpang sehingga masuk parit  dan tidak menimbulkan korban jiwa di wilayah Saree.
  3. Bus penumpang telah mengalami kecelakaan pada hari Senin di Sare akibat terlepasnya ban depan  dan tidak ada korban jiwa.
  4. Pada hari Senin Bus penumpang dari Banda Aceh-Medan mengalami  kecelakaan di Saree akibat terlepasnya ban depan  dan tidak ada korban jiwa.

 

Kunci jawaban  D

Pembahasan:

Isi berita berpedoman pada pertanyaan  5W+H yang memberikan gambaran isi berita yaitu (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

 

6.Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

Indikator Soal                 : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian kutipan  tersebut

 

Soal

Bacalah kedua teks berita berikut!

 

Berita 1

Berita 2

Gempa bumi  berkekuatan 8,9 Skala Richter telah mengguncang  Banda Aceh. Peristiwa itu terjadi pada hari Minggu (26/12) pukul 08.00 WIB selama 15 menit. Berdasarkan laporan bahwa peristiwa tersebut disertai dengan gelombang tsunami yang sangat dahsyat yang telah  menimbulkan kerusakan yang sangat parah serta menelan korban jiwa sangat banyak. Kepala Badan Metrologi dan Geofisika Banda Aceh mengatakan pusat gempa pada 3,71 Lintang Selatan dan 100,74 Bujur Timur. Sumber gempa berada pada kedalaman 146 kilometer Barat daya, Banda Aceh.

Minggu (26/12) pagi Banda Aceh diguncang gempa. Gempa bumi yang berkekuatan 8.9 Skala Richter mengguncang Banda Aceh. Informasi yang diterima telah terjadi kerusakan dan korban jiwa akibat terjangan gelombang tsunami yang  meluluhlantakkan wilayah pesisir  Banda Aceh. Sumber gempa berada pada kedalaman 146 kilometer barat daya,  pada pada 3,71 Lintang Selatan dan 100,74 Bujur Timur Banda Aceh.  Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Badan Metrologi dan Geofisika Banda Aceh.

 

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...

 

 

Berita 1

Berita 2

A

Apa-kapan-bagaimana-di mana-siapa

Kapan-apa-bagaimana-siapa-di mana

B

Apa-kapan-siapa-bagaimana- di mana

di mana-kapan-apa-bagaimana-siapa

C

Apa-kapan-bagaimana-siapa- di mana

Kapan-apa-bagaimana-di mana-siapa

D

Apa-bagaimana-kapan-siapa- di mana

Kapan-di mana-apa-bagaimana-siapa

 

Kunci jawaban C

 

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut biasanya sangat bergantung kepada hal apa yang lebih dipentingkan dalam berita tersebut. Pada teks berita 1 dengan struktur apa ( gempa bumi ..)-kapan (pada hari Minggu..)- bagaimana (gelombang tsunami..),-siapa (Kepala badan Metrologi..) - di mana (di barat daya kota Banda Aceh..), sedangkan struktur berita 2 adalah kapan, apa, bagaimana, di mana, dan siapa.

 

  1. Kemampuan yang Diuji    : Menentukan kalimat fakta/pendapat

Indikator Soal                    : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat pendapat pada paragraf  tersebut.

 

Soal

.  (1) Setiap kali musim hujan, kota Banda Aceh selalu banjir.( 2) Banjir yang terjadi merusak 100 rumah. (3) Seandainya masyarakat kota tidak membuang sampah sembarangan, hal ini tidak akan terjadi. (4) Sebenarnya anjuran tidak membuang sampah sembarangan ini sudah lama didengung-dengungkan pemerintah kota Banda Aceh tetapi tampaknya berlalu begitu saja.

 

Kalimat yang berisi pendapat dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....

A. (1) dan (3)                                                     C. (1) dan (4)

  1. (2) dan (3)                                                    D. (3) dan (4)

 

Kunci jawaban D

Pembahasan:

Kata kunci dari pendapat yang menjadi acuan jawaban tersebut adalah kata seandainya nomor (3) dan kata sebenarnya ..dan tampaknya pada kalimat nomor (4) yang merupakan pendapat seseorang,  sedangkan nomor (1) dan (2) berisi fakta karena kebenaran tidak terbantahkan kenyataannya yaitu Kota banda Aceh selalu banjir pada musim hujan. Di samping itu,  Banjir yang terjadi merusak 100 rumah.

 

  1. Kemampuan yang Diuji                      : Menyimpulkan isi paragraf

Indikator Soal                                     : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf  tersebut

 

Soal

.           Peristiwa besar tidak pernah berhenti di negeri kita. Gempa di Sumatera Barat berganti dengan kasus Bank Century. Kehebohan tentang bank yang konon melibatkan  pejabat teras negeri ini masih bergulir, disusul pula dengan kasus Prita Mulyasari. Lalu, bangsa kita dirundung duka. K.H. Abdurrahman Wahid  atau Gus Dur meninggalkan kita ketika bangsa ini dikepung beragam persoalan yang pelik. Oleh karena itu, sudah saatnya kita merenung dan kembali pada ajaran-Nya.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...

  1. Bangsa kita tidak pernah berhenti dari persoalan besar sehingga kita perlu merenung dan kembali pada ajaran-Nya.
  2. Berbagai peristiwa besar mewarnai kehidupan bangsa kita seperti gempa, kasus bank, kasus Prita Mulyasari hingga wafatnya Gus Dur.
  3. Berbagai peristiwa duka menimpa bangsa kita, kini saatnya kita merenung dan kembali pada ajaran-Nya.
  4. Peristiwa duka tidak pernah berhenti menimpa bangsa kita, dari gempa hingga Gus Dur wafat.

 

Kunci Jawaban   : A

Pembahasan:

Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan. Simpulan paragraf dirumuskan berdasarkan pada hubungan sebab-akibat kalimat yang membentuk paragraf tersebut.   Bangsa kita saatnya untuk merenung dan kembali pada ajaran-Nya (kalimat 6) merupakan bagian akibat. Kalimat 1, 2, 3, 4, dan 5 merupakan penyebabnya.

 

  1. Kemampuan yang Diuji    : Menentukan isi tajuk

Indikator Soal                  : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan gagasan utama tajuk tersebut

 

Soal

Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!

Soal:

Satu lagi budaya Indonesia yang dicuri Malaysia yaitu tari pendet. Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya. Manuver ini menambah panjang daftar pencaplokan budaya Indonesia. Sebelumnya, negeri serumpun itu mengakui lagu “Rasa Sayange”, batik, musik angklung, dan reog Ponorogo sebagai budayanya. Kita marah dan menuntut Malaysia menyampaikan permohonan maaf serta menarik kembali iklan itu.

Ketika kasus tari pendet ramai dipersoalkan Indonesia, seorang produser iklan pariwisata Malaysia dengan enteng menjawab,"Tidak ada salahnya kami mempromosikan tarian Indonesia. Karena tema yang kami angkat adalah The Truly Asia." Akan tetapi, si produser itu lupa bahwa triknya terlalu mudah dibaca. Penjelasan tentang tari pendet berasal dari Indonesia tidak ada di bawah iklan.

Kita sebagai bangsa besar dengan kekayaan budaya tiada tara boleh saja kesal dan marah, tetapi itu semua tidak menyelesaikan masalah. Besok atau lusa, hanya soal waktu, Malaysia akan mengklaim lagi budaya Indonesia sebagai budayanya. Jika Indonesia ribut, mereka tinggal melayangkan permohonan maaf. Yang penting, citra sebagai The Trully Asia sudah terbentuk.

Indonesia harus menyikapi pengakuan tari pendet oleh Malaysia dengan serius, sistematis, dan komprehensif. Pariwisata harus dikelola dengan lebih gencar, memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki, terutama kekayaan budaya. Tiada guna kita berang terhadap ulah si Trully Asia tanpa langkah nyata untuk membangun martabat bangsa.


Gagasan utama tajuk tersebut adalah ....

  1. Indonesia kurang  serius  dalam menyikapi pendakuan Malaysia terhadap tari pendet.
  2. Malaysia mendaku lagu Rasa Sayange, batik, musik  angklung, dan reog Ponorogo
  3. Keributan Indonesia ketika Malaysia dengan enteng meminta maaf kepada Indonesia
  4. Kita adalah bangsa yang besar dengan kekayaan yang tiada tara boleh marah

 

Kunci Jawaban : A

Pembahasan      :

Tajuk atau tajuk rencana adalah tulisan opini dari redaktur suatu surat kabar.

Gagasan utama tajuk merupakan inti persoalan yang dikemukakan oleh penulis dalam sebuah tajuk. Untuk mengenali gagasan utama sebuah tajuk kita harus tahu gagasan-gagasan pada setiap paragraf yang dikemukakan penulis.

Ciri-ciri gagasan utama tajuk adalah:

  1. Persoalan yang paling umum dari sebuah tajuk
  2. Menjadi rincian persoalan dalam setiap paragraf
  3. Kata kuncinya sering muncul

 

Pada tajuk di atas kita akan menemukan rincian gagasan:

  • Tari pendet khas Indonesia dicuri Malaysia (paragraf I).
  • Tari pendet ramai dipersoalkan di Indonesia (paragraf II).
  • Kesal dan marah tidak dapat menyelesaikan masalah (paragraf III)
  • Indonesia harus menyikapi pengakuan tari pendet oleh Malaysia dengan serius, sistematis, dan komprehensif (paragraf IV)

 

Kata kunci dalam tajuk tersebut adalah tari pendet. Paragraf keempat merupakan sikap yang harus diambil oleh Indonesia terhadap persoalan yang diutarakan pada paragraf I,II, dan III. Oleh karena itu,  dapat disimpulkan bahwa gagasan yang paling umum dari keempat paragraf tersebut adalah pilihan A, sedangkan pilihan B,C, dan D  merupakan salah satu gagasan rincian paragraf yang lingkupnya sempit.

 

  1. Kemampuan yang Diuji             : menentukan isi tajuk

Indikator Soal                            : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan letak kalimat fakta pada tajuk tersebut

 

Soal

Letak kalimat fakta pada tajuk tersebut adalah ....

  1. paragraf pertama kalimat kedua
  2. paragraf kedua kalimat kedua
  3. paragraf ketiga kalimat kedua
  4. paragraf keempat kalimat kedua

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Fakta adalah peristiwa yang tidak diragukan lagi kebenarannya.

Salah satu ciri kalimat fakta adalah peristiwa yang dikemukakan telah berlangsung.

Fakta yang terdapat pada tajuk tersebut terdapat pada paragraf pertama kalimat kedua. Kata kuncinya adalah  telah.

Bukti fakta: Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya. (paragraf pertama kalimat kedua) .

 

  1. Kemampuan yang Diuji             : menentukan isi tajuk

Indikator Soal                            : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan keberpihakan penulis  dalam  tajuk tersebut.

 

Soal :

Penulis pada tajuk tersebut berpihak  pada....

  1. rakyat Indonesia
  2. negeri jiran Malaysia
  3. masyarakat Bali
  4. produser iklan

 

Kunci Jawaban : C

Pembahasan :

Bukti keberpihakan penulis: Tari pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya (paragraf kesatu kalimat kedua).

 

  1. Kemampuan yang Diuji               : Menentukan isi tajuk

Indikator Soal                              : Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat menentukan simpulan isi tajuk tersebut.

 

Soal :

Simpulan isi tajuk tersebut adalah...

  1. Malaysia telah membuat marah rakyat Indonesia karena telah beberapa kali mencuri budaya Indonesia.
  2. Indonesia hanya bisa ribut ketika Malaysia dengan enteng meminta maaf melalui surat kepada Indonesia.
  3. Sebagai bangsa yang besar dengan kekayaan yang tiada tara, tidak boleh kesal dan marah terhadap bangsa Malaysia.
  4. Pengakuan Malaysia terhadap tari pendet  perlu disikapi Indonesia secara serius, sistematis, dan komprehensif.

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Simpulan tajuk adalah akhir dari suatu pendapat dari sebuah tajuk. Simpulan isi tajuk  selalu berkorelasi dengan gagasan utamanya. Simpulan isi tajuk dapat dinyatakan penulis secara eksplisit (tersurat) maupun implisit (tersirat). Pada tajuk tersebut, simpulannya dinyatakan secara eksplisit, yaitu terdapat pada paragraf keempat kalimat pertama (pilihan D). Sedangkan pilihan A, B, C tidak berkorelasi dengan gagasan utama (lihat pembahasan soal nomor 9).

 

  1. Kemampuan yang Diuji :              Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah

Indikator Soal                         :     Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik  tersebut

 

Soal :

Grafik Perolehan Nilai Rata-rata Bermain Drama di Kelas IX.A SMP Merah Putih

 

 

 

Simpulan isi grafik tersebut adalah ...

  1. Perolehan nilai rata-rata siswa kelas IX.A dalam bermain drama  tampak sangat bervariasi.
  2. Kenaikan perolehan nilai rata-rata dalam penghayatan dan pelafalan dalam bermain drama di kelas IX.A untuk setiap siklus adalah sama.
  3. Perolehan nilai rata-rata kemampuan siswa kelas IX.A berekspresi saat bermain drama sangat menggembirakan.
  4. Perolehan nilai rata-rata siswa kelas IX.A dalam bermain drama mengalami kemajuan setiap siklus.

 

 

Kunci Jawaban               : D

Pembahasan:

Simpulan grafik diperoleh dari data yang ada pada grafik  kemudian disertai dengan pendapat . Data pada grafik tersebut yaitu  perolehan nilai rata-rata siswa kelas IX.A bermain drama pada tiga kali pembelajaran (siklus). Aspek yang dinilai adalah ekspresi, penghayatan, volume suara (pelafalan), dan penguasaan naskah. Dari data yang ada menunjukkan bahwa terjadi kenaikan perolehan nilai dari satu siklus ke siklus beriukutnya.

 

14.  Kemampuan yang Diuji       : Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah

Indikator Soal                      : Disajikan tabel, siswa dapat menentukan pertanyaan isi      tabel tersebut

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal :

Cermatilah tabel berikut!

Harga Sembako Di Empat Kota

 

Sembako

Pusat Pasar

Medan
(Rp/Kg)

Pasar Beringharjo

Yogyakarta

(Rp/Kg)

Pusat Pasar

Pekanbaru

(Rp/Kg)

Pasar Legi

Solo

(Rp/Kg)

Beras Aries

6.000,00

7.000,00

8.500,00

6.500,00

Minyak Goreng

7.000,00

7.500,00

8.500,00

7.800,00

Cabe Merah

12.000,00

12.000,00

17.500,00

13.500,00

Gula Pasir

7.000,00

7.300,00

8.000,00

7.500,00

Tepung Terigu

15.000,00

16.000,00

17.000,00

15.500,00

 

Pertanyaan yang jawabannya paling sesuai dengan tabel tersebut adalah ...

  1. Berapakah selisih harga cabe merah di Medan dengan di Yogyakarta?
  2. Di kota manakah harga sembako yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota lainnya?
  3. Berapa kali lipatkah harga sembako lebih tinggi di Pekanbaru dibandingkan dengan Solo?
  4. Mengapa harga tepung terigu lebih tinggi di Yogyakarta?

 

 

Kunci Jawaban   : B

Pembahasan:

Jawaban pertanyaan yang ditemukan pada tabel yaitu harga sembako lebih                      tinggi di Pekanbaru dibandingkan kota yang lainnya.

 

15.  Kemampuan yang Diuji          :     Pernyataan sesuai isi grafik, tabel, bagan, denah

Indikator Soal                         :     Disajikan sebuah diagram, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi diagram tersebut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal

 

Cermati diagram berikut!

 

 

 

Informasi yang merupakan isi diagram tersebut adalah ...

 

  1. Pekerja orang tua sebagai pedagang lebih banyak dari petani.
  2. Latar belakang pekerjaan orang tua sebagai PNS lebih banyak dari ABRI.
  3. Pekerjaan orang tua sebagai pedagang lebih banyak dari PNS.
  4. Latar belakang orang tua sebanding antara PNS dengan ABRI.

 

Kunci Jawaban   : C

Pembahasan:

Sesuai dengan data di dalam bagan jumlah pekerjaan orang tua sebanayak 30% sedangkan pegawai negeri 20 %.

 

16.  Kemampuan yang Diuji  : Menentukan unsur intrinsik puisi

Indikator Soal                  : Disajikan kutipan puisi, siswa dapat  menentukan tema puisi tersebut

 

SOAL                                           :

 

Bacalah puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 16 dan 17!

Untukmu

Sahabatku...

di keheningan malam ini

kucoba hayati irama detak jantungku

karena tengelamnya perahu persahabatan

bila kau akan kembali

sejak kepergianmu pahit hidupku

 

Tema puisi tersebut adalah ... .

A. persahabatan  sejati                                          C. Penyesalan tak berakhir

B. kerinduan mendalam                                        D. Kesunyian di ujung malam

 

Kunci Jawaban     : B

Pembahasan: Larik  yang dirujuk  bila kau akan kembali

 

17.  Kemampuan yang Diuji                :  Menentukan unsur intrinsik puisi

Indikator Soal                              :   Disajikan kutipan puisi, siswa dapat

menentukan suasana yang tergambar pada puisi  tersebut

SOAL                                           :

Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah ...

 

A..kerinduan

B. kesedihan

C. Penyesalan

D. penantian

.

Kunci Jawaban   : B

Pembahasan        :

Larik yang dirujuk: karena tenggelamnya perahu persahabatan

 

 

18.  Kemampuan yang Diuji             : Menentukan unsur intrinsik cerpen

Indikator Soal                            :  Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat

-     menentukan bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut

SOAL                                        :

 

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d. 20!

”Agung ...!” panggil Bapak dengan suara yang cukup keras. Beberapa detik kemudian Agung muncul. Melihat Alih ada di gendongan Bapak, hatinya berdegup.

”Sini! Ikut Bapak!” kata Bapak sambil berjalan.(1)

Agung tahu, apa yang bakal terjadi. Biasanya Bapak akan menasehatinya sambil menjewer telinganya

Setelah Alih diberikan ke Ibu, Bapak masuk ke kamarnya.

”Masuk!” kata Bapak, lalu menutup pintu setelah Agung masuk.(2)

”Kamu tahu kesalahanmu?” tanya Bapak sambil melepas ikat pinggang.

”Tahu, Pak.” jawab Agung

”Apa itu?”

”Alih Agung dudukkan di tangkai pohon.”

”Bagus! Dititipi Alih agar dijaga, malah Alih ditaruh di tangkai pohon dan kamu main sendiri. Kamu tahu hukuman terhadap kesalahanmu?”

”Tahu, Pak.”

”Hadap belakang!” kata Bapak. (3)

Lalu sebentar kemudian Bapak mengayunkan ikat pinggangnya ke kaki Agung tiga kali. Agung tampak mengumpulkan seluruh tenaganya untuk menahan sakit. Tapi apa daya, ikat pinggang itu terlalu keras menghantam kakinya, sehingga rasa sakit itu membuatnya meringis.

Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ...

  1. (1)                                C. (3)
  2. (2)                                D. (4)

 

Kunci Jawaban   : B

Pembahasan        :

Latar tempat adalah tempat terjadinya peristiwa dalam cerita. Tempat terjadinya peristiwa dalam cerpen tersebut adalah ketika Agung dihukum Bapak karena kesalahannya dan peristiwa penghukuman terjadi di kamar Bapak.

Kata kunci (yang dirujuk): … Bapak masuk ke kamarnya. (latar tempat)

 

19.  Kemampuan yang Diuji          :     Menentukan unsur intrinsik cerpen

Indikator Soal                         :     -  menentukan konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut

SOAL                                     :

Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...

  1. Bapak menghukum Agung dengan mencambukkan ikat pinggang.
  2. Bapak menitipkan Alih pada Agung untuk dijaga saat Bapak pergi.
  3. Agung mendudukkan Alih di tangkai pohon.
  4. Agung menahan sakit akibat cambukan ikat pinggang Bapak.

 

 

Kunci Jawaban   : A

Pembahasan:

Konflik adalah masalah yang timbul dalam diri tokoh akibat peristiwa yang terjadi. Peristiwa yang menyebabkan timbulnya masalah dalam tokoh Agung adalah ketika dia melakukan kesalahan, yaitu dia mendudukkan Alih, adiknya di tangkai pohon, ketika Bapak mempercayakan adiknya dalam pengawasannya. Dan puncak dari masalah tersebut, yang merupakan konflik puncak adalah hukuman yang diberikan Bapak ternyata di luar dugaannya.

 

20.  Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan unsur intrinsik cerpen

Indikator Soal                            :     - menentukan amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut

Soal :

Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...

  1. Kita harus bertanggung jawab ketika diberi kepercayaan.
  2. Kita harus menerima rasa sakit dengan iklas.
  3. Tidak ada kata terlambat  untuk mengakui kesalahan.
  4. Kita tidak boleh berbohong karena itu berdosa.

 

Kunci Jawaban   : A

Pembahasan:

Amanat adalah hikmah/ pesan yang ingin disampaikan pengarang melalui tokoh dan peristiwa yang dialaminya. Kalimat yang dirujuk adalah ketika Bapak mengatakan,”Bagus, dititipi Alih agar dijaga malah Alih ditaruh di atas pohon, dan kamu main sendiri … .”

Bukan B karena rasa sakit adalah akibat dari kesalahannya sendiri.

Bukan C karena Agung sudah mengakui kesalahannya.

Bukan D karena dalam hal ini Agung tidak berbohong.

 

21.  Kemampuan yang Diuji    :           Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel

Indikator Soal                         :     Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat  menentukan karakteristik kedua novel tersebut

SOAL                                     :

Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan saksama!

Kutipan I

Keluar dari anjungan internasional Bandara Soekarno Hatta, aku ke terminal pemberangkatan dalam negeri dan di sana beberapa pria sangar menyongsongku dengan sikap ingin merebut tas-tasku. Beringas, bermata liar. Sungguh berbeda dari tingkah laku Anke Molenaar. Manusia  melimpah ruah. Peak season, warga Tionghoa sibuk hilir mudik untuk ritual tahunan sembahyang kubur.

 

Kutipan II

Datuk Maringgih,  dengan keserakahannya, menginginkan Siti Nurbaya untuk menjadi istrinya yang kesekian. Dengan licik, Datuk Maringgih beserta kaki tangannya berhasil menghancurkan perniagaan Baginda Sulaiman, ayah Siti Nurbaya. Selain itu, Datuk Maringgih meminjamkan uang kepada  Baginda Sulaiman untuk memuluskan keinginannya. Karena  utang yang tak  terbayar dengan cepat  oleh  Baginda Sulaiman,  Datuk Maringgih berhasil menikahI Siti Nurbaya. Dia  mengikuti keinginan Datuk Maringgih dengan pasrah, karena tidak rela ayahnya dipenjara.

 

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ...

 

Kutipan I

Kutipan II

A

Sudut pandang aku-an

Sudut pandang dia-an

B

Sudut pandang dia-an

Sudut pandang aku-an

C.

Latar tidak jelas

Latar  jelas

D

Watak tokoh ‘aku’  jelas

Watak  Datuk Maringgih tidak jelas

Kunci Jawaban   : A

Pembahasan:

Perbedaan yang terlihat pada kedua kutipan novel tersebut yaitu sudut pandang pengarang yang digunakan dalam novel. Teks 1: menggunakan kata ganti orang pertama ( aku), merupakan tokoh utama.  Teks II :  menggunakan kata ganti orang ketiga, menggunakan nama-nama orang yang diceritakan ( Siti Nurbaya, Datuk Maringgih, Baginda Sulaiman) dan kata ganti dia/ nya.

 

22.  Kemampuan yang Diuji             :     Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel

Indikator Soal                            :     Disajikan kutipan novel, siswa dapat menentukan bukti nilai moral novel tersebut

 

Soal

Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!

(1) Reza  memandangi uang  seratus ribu dalam genggamannya. (2) Penumpang ojek tadi rupanya salah dalam membayar ongkos, yang semestinya sepuluh ribu rupiah ,kok malah dibayar seratus ribu rupiah. (3) Reza  bertekad dalam hatinya untuk mengembalikan kelebihan uang itu karena bukan haknya. .(4) Bergegas ia menyusul penumpang ojek yang tak dikenalnya  itu ke dalam lorong di mana orang itu menghilang dari pandangannya.(5) Sayang, laki-laki paruh baya itu telah lenyap seakan ditelan bumi.

 

Bukti nilai moral terdapat pada kalimat bernomor ...

A. (1)                                 C.  (3)

B. (2)                                 D.  (4)

 

Kunci Jawaban   : D

Pembahasan:

Nilai moral merupakan nilai yang berhubungan dengan perbuatan baik dan buruk dalam  kehidupan kita sehari-hari.  Pada kutipan cerita tersebut, Bergegas ia menyusul penumpang ojek yang tak dikenalnya  itu ke dalam lorong di mana orang itu menghilang dari pandangannya

 

23.  Kemampuan yang Diuji    :           Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel

Indikator Soal                            :  Menentukan salah satu watak tokoh novel tersebut

 

Soal

Watak tokoh Reza  pada kutipan novel tersebut adalah ...

  1. rajin                             C. jujur
  2. licik                             D. tamak

 

Kunci Jawaban   : C

Pembahasan:

Watak merupakan karakter  tokoh dalam cerita.  Watak Reza jujur. Buktinya tokoh Reza mengembalikan kelebihan uang yang diterimanya. Kalimat yang dirujuk, Reza bertekad mengembalikan kelebihan uang yang bukan haknya.

 

 

24.  Kemampuan yang Diuji    : Menentukan  unsur intrinsik drama

Indikator Soal                   : Disajikan kutipan naskah drama siswa dapat menentukan suasana yang tergambar pada naskah drama tersebut

 

Soal

Bacalah kutipan Naskah drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!

Andi                   :     Maaf, Bu, ada Nurul ? (agak membungkukkan badan dengan sopan)

Ibu                      :     Oh … Nak Andi, ada … silahkan masuk ( sambil mempersilahkan tamunya duduk) sebentar ya.. Ibu panggil Nurulnya ( Ibu, kebelakang memanggil Nurul)

Ibu                      :     (tak lama kemudian ibu kembali dan duduk) Bagaimana kabar Bapak Ibu ?

Andi                   :     (sambil menunduk dan menjawab dengan suara terbata-bata dan muka memerah)  Bapak dan Ibu sehat (Andi kembali diam dan tertunduk).

 

Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah …

  1. menyedihkan               C. menegangkan
  2. mengharukan               D. menyeramkan

 

Kunci Jawaban   : C

Pembahasan:

Kata yang dirujuk       : (sambil menunduk dan menjawab dengan suara terbata-bata  dan muka memerah) Bapak dan ibu sehat (Andi kembali diam dan tertunduk)

 

25.  Kemampuan yang Diuji             : Menentukan  unsur intrinsik drama

Indikator Soal                            :  Menentukan latar drama tersebut

 

Soal

:

Latar tempat kutipan drama tersebut adalah ....

A. ruang tunggu                C.  ruang keluarga

B. teras rumah                   D.  ruang tamu

 

Kunci Jawaban   : D

Pembahasan        :

Kata yang dirujuk             :  silakan masuk ! ( sambil mempersilahkan tamunya duduk)

 

26.  Kemampuan yang Diuji             :     Menulis catatan pengalaman pada buku harian

Indikator Soal                            :     Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan catatan buku harian sesuai dengan ilustrasi tersebut

SOAL                                        :

 

Senin, 17 Agustus 2009 tepatnya pukul 11.00, pengumuman pemenang lomba baca puisi dibacakan oleh Ketua Panitia di halaman kantor Kecamatan Rambutan.  Zhofir, pemenang pertama. Zhofir  sangat bangga dan bahagia berhasil menjadi pemenang.

 

Berdasarkan ilustrasi tersebut, kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...

  1. Senin, 17 Agustus 2009. Zhofir diumumkan sebagai pemenang lomba baca puisi di halaman kantor Kecamatan Rambutan. Zhofir sangat senang dan bahagia.
  2. Senin, 17 Agustus 2009. Pukul 11.00 Ketua Panitia mengumunkan bahwa Zhofir menjadi pemenang lomba baca puisi di halaman kantor Kecamatan Rambutan. Zhofir sangat berbahagia.
  3. Senin, 17 Agustus 2009, tepatnya pukul 11.00. Namaku diumumkan sebagai pemenang pertama lomba baca puisi di halaman kantor Kecamatan Rambutan. Hore ... aku berjalan menuju mimbar dengan rasa bangga, bahagia bercampur haru.
  4. Senin, 17 Agustus 2009, tepatnya pukul 11.00. Namaku diumumkan sebagai pemenang lomba baca puisi di halaman kantor Kecamatan Rambutan. Saya bangga karena Zhofir menjadi pemenang sesuai dengan arti namanya.

 

Kunci Jawaban   : C

Pembahasan                    :

Sesuai dengan data dalam ilustrasi, memenuhi unsur buku harian, yaitu waktu, tempat, peristiwa mengungkapkan perasaan dan menggunakan kata aku ( pilihan A,B dan D, terpenuhi unsur pembuatan buku harian tetapi kata yang mengungkapkan perasaan tidak ada,  sedangkan pilihan C selain unsurnya terpenuhi juga memiliki kata yang menunjukkan perasaan bahagia dan bangganya (Hore...aku berjalan ...)

 

27.  Kemampuan yang Diuji          : Menulis  isi pesan singkat sesuai konteks

Indikator Soa                          : Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan isi pesan singkat yang sesuai ilustrasi tersebut

 

 

Soal

Kepala Desa  meminta sekretaris Desa  membuat undangan rapat pembentukan panitia lomba HUT RI  Undangan itu ditujukan kepada RT dan RW.

 

Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

  1. Rapat pembentukan panitia HUT RI untuk RT dan RW segera dilaksanakan
  2. Buat daftar hadir rapat pembentukan panitia HUT RI untuk RT dan RW
  3. Segera buat undangan rapat pembentukan pantian HUT RI untuk RT dan RW
  4. Buat laporan pembentukan panitia HUT RI untuk RT dan RW

 

 

Kunci Jawaban   : C

Pembahasan :

Sesuai data dalam ilustrasi yaitu membuat undang rapat;  menggunakan kalimat singkat dan jelas

 

28.  Kemampuan yang Diuji    :           Menulis/menentukan paragraf laporan

Indikator Soal                         :     Disajikan ilustrasi berupa data hasil kegiatan, siswa dapat menentukan laporan yang tepat berdasarkan data tersebut

 

Soal

Data hasil lomba FLS2N Tingkat Kota Batam  2008 sebagai berikut

  1. Juara 1 SMP Negeri 6  Kota Batam
  2. Juara II SMP Negeri 3 Kota Batam
  3. Juara III SMP Global Kota Batam

 

Laporan yang tepat tentang hasil lomba tersebut adalah ....

 

  1. Hasil lomba FLS2N Tingkat Kota Batam 2008 sebagai berikut Juara pertama diraih oleh SMP Negeri 6, juara dua diperoleh  oleh SMP Global, SMP Negeri 3 pada lomba tersebut meraih juara 3.
  2. Dalam Lomba FLS2N Tingkat Kota Batam SMP Global menduduki juara pertama, juara kedua  diperoleh SMP 6. Adapun SMP Negeri 3 menjadi juara ketiga
  3. Lomba FLS2N Tingkat Kota Batam telah menobatkan tiga SMP menjadi juara. Juara pertama diraih oleh SMP Global, juara kedua diperoleh SMP Negeri 3 ,juara tiga diraih  SMP Negeri 6 Kota Batam
  4. Lomba FLS2N Tingkat Kota Batam telah memiliki tiga sekolah  sebagai juaranya. SMP Global sebagai juara ketiga, SMP Negeri 3 Kota Batam meraih juara kedua, sedangkan SMP Negeri 6 Kota Batam meraih juara pertama

 

 

Kunci Jawaban   : D

Pembahasan:

Laporan disusun secara kronologis dan sesuai data dalam ilustrasi yaitu

Juara 1 SMP Negeri 6  Kota Batam

Juara II SMP Negeri 3 Kota Batam

Juara III SMP Global Kota Batam

 

 

29.  Kemampuan yang Diuji             : Menulis/menentukan paragraf laporan

Indikator Soal                            : Disajikan kalimat laporan yang belum runtut, siswa dapat menentukan susunan kalimat laporan yang tepat

 

Soal :

(1) Ketika peristiwa itu terjadi , penduduk banyak berada di dalam rumah maupun bangunan  .

(2)   Sungguh, peristiwa  yang tak terlupakan.

(3)   Kejadian itu , di luar dugaan kami .

(4)   Peristiwa itu terjadi tepat pukul 17.16 WIB , 30 September 2009.

(5)   Maklum kejadian itu banyak menelan korban jiwa .

(6)   Peristiwa gempa bumi yang melanda kampungku sungguh mengharukan .

 

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah ...

  1. (6), (4), (2), (1), (3), (5)
  2. (6), (3), (4), (5), (2), (1)
  3. (6), (5), (4), (3), (1), (2)
  4. (6), (3), (2), (4), (5), (1)

 

Kunci Jawaban   : C

Pembahasan:

Adanya keterikatan antarunsur dalam struktur sintaksis atau struktur wacana yang ditandai antara lain konjungsi, pengulangan, kata ganti/kata pengganti.

Peristiwa gempa bumi …(kalimat 6); banyak menelan  … (kalimat 5); peristiwa itu (kalimat 4); peristiwa itu … (kalimat 3); penduduk banyak … rumah dan bangunan (kalimat 1); sungguh …. tak terlupakan (kalimat 2)

 

30.  Kemampuan yang Diuji             :   Menulis/melengkapi surat pribadi

Indikator Soal                            :     Disajikan surat pribadi yang bagian pembukanya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya

Soal

Cermatilah surat berikut ini!

 

(1) Palembang, 10 Januari 2010

 

(2) Buat Kak Irma

di Bandung

 

(3) Salam rindu,

 

(4) ....

 

(5) Kak Irna, saya ingin menyampaikan kepada kakak bahwa Ayah dan Ibu sangat kangen pada Kakak. Sudah sebulan penuh Kakak tidak pulang kampung. Saya tahu kalau Kakak saat ini mempunyai kesibukan penuh mengerjakan tugas-tugas kuliah di ITB. Jika sudah tidak ada kesibukan lagi, orang tua kita mengharapkan Kakak bisa datang ke Palembang. Ayah dan Ibu sangat kangen pada Kakak, begitu juga saya dan adik. Jangan lupa ke Palembang ya Kak.

(6) Cukup sekian surat dariku, balasan surat dari Kakak sangat aku nantikan.

 

(7) Adinda

Kesa

 

Pernyataan yang tepat untuk melengkapi bagian pembuka surat yang ditandai dengan nomor 4 adalah ...

  1. Dengan datangnya surat ini, saya memberitahu kepada Kakak bahwa keadaan keluarga di rumah kangen sama Kakak. Kapan kakak pulang kampung?
  2. Halo Kak Irma, apa kabar? Mengapa Kak Irma jarang pulang kampung? Apa Kakak masih punya kesibukan? Bagaimana kabar Kakak di Bandung?
  3. Melalui surat ini, saya berharap keadaan Kakak di Bandung sehat-sehat saja sehingga Kakak bisa pulang ke Palembang. Kabar Kakak aku tunggu.
  4. Hai, Kak Irma, apa kabar? Saya sampaikan bahwa keadaan keluarga di Palembang dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doa saya untuk Kakak.

 

Kunci Jawaban   : D

Pembahasan :

Kalimat pembuka surat, menanyakan tentang keadaan/kabar dan harapan yang baik. Tidak langsung menanyakan maksud/isi surat. Menggunakan bahasa sehari-hari, komunikatif. Isi sesuai dengan konteks.

Kata kunci : Surat pribadi pada bagian pembuka menanyakan kabar, menggunakan bahasa sehari-hari, komunikatif.

 

31.  Kemampuan yang Diuji                :  Melengkapi tanggal surat

Indikator Soal                               :  Disajikan kutipan surat resmi yang beberapa bagian dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tanggal surat yang tepat

 

 

Cermatilah soal berikut ini!

Soal untuk nomor 31 dan 32

 

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMP NASIONAL JAKARTA

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 67 Jakarta (021) 77485 (1)

 

(2) ....

 

Nomor       : 088/OSIS-N/11/2009

Hal             :  Mengikuti Turnamen Bola Basket (3)

 

(4)  Yth. Ketua OSIS SMP Patria Jakarta

di Jakarta

 

 

(5) Dengan hormat,

 

(6) Dalam rangka memperingati hari jadi SMP Nasional Jakarta, kami akan menye­lenggarakan Turnamen Bola Basket tingkat SMP se-Jakarta.

(7) ....

 

 

 

 

(8) Demikian surat ini, atas partisipasi Saudara, kami menyampaikan terima kasih.

 

Ketua OSIS,

 

 

Farid Fitrian Yahya

 

 

Tanggal surat yangt tepat untuk melengkapi bagian surat yang diberi nomor (2) adalah ....

  1. Jakarta,  5 November 2009
  2. Jakarta:  5 November 2009
  3. 5 November 2009
  4. 5 Nopember 2009

 

Kunci jawaban    : C

Pembahasan        :

Penulisan tanggal pada surat resmi tidak perlu menyertakan nama kota karena pada surat resmi terdapat alamat surat dalam kop surat.

Kata kunci: Alternatif jawaban A menggunakan nama tempat, menyalahi aturan. Alternatif jawaban B, tanggal surat menggunakan nama tempat dan diberi tanda titik dua, tidak sesuai dengan EYD. Alternatif jawaban D Penulisan November menggunakan p yang seharusnya v.

 

32.  Kemampuan yang Diuji          :     Menulis/melengkapi surat resmi

Indikator Soal                        :     Disajikan kutipan surat resmi yang beberapa bagian

dirumpangkan, siswa dapat melengkapi bagian isi surat yang tepat

 

Soal

Isi surat yang tepat untuk melengkapi bagian surat yang diberi tanda nomor (7) adalah ....

 

  1. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Tim Bola Basket Saudara untuk mengikuti turnamen tersebut yang akan dilaksanakan pada

Hari, tanggal         :     Jumat s.d. Minggu, 5 s.d. 7 Maret 2009

Waktu                   :     Pukul 08.00 s.d. selesai

Tempat                  :     Lapangan basket SMP Nasional Jakarta

 

  1. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mengharapkan kedatangan tim basket Saudara untuk mengadakan persahabatan dengan tim kami yang akan dilaksanakan pada

hari, tanggal          :     Jumat s.d. minggu, 5 s.d. 7 Maret 2009

waktu                    :     pukul 08.00 s.d. selesai

tempat                   :     lapangan basket SMP Nasional Jakarta

 

  1. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Tim Bola Basket Saudara untuk mengikuti turnamen tersebut yang akan dilaksanakan pada

hari, tanggal          :     Jumat s.d. Minggu, 5 s.d. 7 Maret 2009

waktu                    :     pukul 08.00 s.d. selesai

tempat                   :     Lapangan basket SMP Nasional Jakarta

 

  1. Berdasarkan hal tersebut saya tunggu kedatangan tim basket Saudara untuk bertanding dengan tim kami yang akan dilaksanakan pada

hari, tanggal          :     Jumat s.d. Minggu, 5 s.d. 7 Maret 2009

waktu                    :     Pukul 08.00 s.d. selesai

tempat                   :     Lapangan basket SMP Nasional Jakarta

 

 

 

Kunci Jawaban            : C

Pembahasan

Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi. Penulisan hari dan tanggal surat harus sesuai dengan EYD

Alternatif jawaban A: Penulisan hari, tanggal, waktu, dan tempat menggunakan huruf kapital. Seharusnya menggunakan huruf kecil karena masih lanjutan dari kalimat di atasnya.

Alternatif jawaban B tidak sesuai dengan perihal surat. Perihal surat undangan mengikuti turnamen, sedangkan pada alternatif jawaban B undangan persahabatan.

Alternatif jawaban D tidak sesuai dengan perihal surat. Pada alternatif jawaban D berisi undangan bertanding dengan tim pengundang.

 

 

  1. Kemampuan yang Diuji         :     Menulis/menentukan isi surat

Indikator Soal                        :     Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi surat berdasarkan ilustrasi kegiatan tersebut

 

Soal :

OSIS SMP Cendana 2 akan mengadakan aneka lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI 2009.  Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk hadir dalam rapat pembentukan panitia. Rapat panitia akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2009 pukul 14.00. Rapat diadakan di ruang OSIS SMP Cendana 2.

Isi surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...

  1. Kami mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS SMP Cendana 2 dalam rapat yang akan dilaksanakan pada

hari, tanggal  :  Sabtu, 1 Agustus 2009

waktu           :  Pukul 14.00

tempat          :  Ruang OSIS

acara             :  Persiapan Lomba

  1. Teman-teman pengurus OSIS SMP Cendana 2 harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada

hari, tanggal :  Sabtu, 1 Agustus 2009

waktu              :  Pukul 14.00

tempat          :  Ruang Rapat

acara             :  Pembentukan Panitia

  1. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Cendana 2 dalam rapat yang akan dilaksanakan pada

hari, tanggal :  Senin, 17 Agustus 2009

waktu           :  Pukul 14.00

tempat          :  Ruang OSIS

acara             :  Pembentukan Panitia

  1. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Cendana 2 dalam rapat yang akan dilaksanakan pada

hari, tanggal : Sabtu, 1 Agustus 2009

waktu          :  Pukul 14.00

tempat          :  Ruang OSIS SMP Cendana 2

acara             :  Pembentukan Panitia

 

Kunci Jawaban   : D

Pembahasan:

Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi. Cermati tanggal dikirim surat dengan tanggal kegiatan dilaksanakan. Cermati maksud isi surat, penulisan waktu, tempat, dan acara.

Kata kunci    : Maksud surat; mengundang, mengharap kehadiran, waktu; Sabtu, 1  Agustus  2009, tempat; Ruang OSIS.

 

  1. Kemampuan yang Diuji :           Menulis slogan sesuai ilustrasi

Indikator Soal                      :     Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut.

SOAL                                  :

Untuk meningkatkan minat baca siswa SMP Gading Cempaka, kepala sekolah mencanangkan  program kunjungan perpustakaan bagi seluruh siswa SMP Gading Cempaka.

Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah...

  1. Buku sahabatmu, manfaatkan sesukamu.
  2. Rajin membaca, masa depan cerah.
  3. Buku sahabat sejatiku
  4. Perpustakaan jendela menguak dunia

 

 

 

Kunci Jawaban            : D

Pembahasan :

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan tujuan/visi suatu organisasi, kegiatan, golongan , perusahaan.  Isi slogan menggambarkan visi, tujuan dan harapan dari sebuah kegiatan /organisasi/perusahaan.   Ciri kalimat slogan berima. Slogan harus sesuai dengan ilustrasi.

Kata kunci          : Meningkatkan minat baca dengan berkunjung ke perpustakaan.

 

  1. Kemampuan yang Diuji       :     Menentukan rangkuman

Indikator Soal                      :     Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf,  siswa  dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut

Soal :

Cemas berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.  Dalam buku- buku yang membahas soal kesehatan disebutkan, rasa khawatir berlebihan bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala berat, leher kaku, napas tersengal-sengal bahkan pingsan.  Kalau sudah parah, rasa khawatir berlebihan ini bisa berubah menjadi depresi.

Psikolog dan aktivis pendidik masyarakat, Nana Pandegirot, mengungkapkan, rasa khawatir muncul karena orang tua tidak bisa selamanya di samping anak untuk melindunginya.  Untuk mengatasinya, orang tua dituntut untuk bersifat peka terhadap anak-anaknya.  Artinya, orang tua harus bisa membaca tanda-tanda pada anak.  Kalau  anak tiba-tiba enggan belajar, gelisah, malas-malasan ke kampus, orang tua harus mencari tahu sebabnya,” kata Nana.

Rangkuman bacaan tersebut adalah ...

 

Kunci Jawaban: D

  1. Cemas dan rasa khawatir dapat menyebabkan depresi dan sakit berat.  Untuk mengatasinya anak-anak harus peka terhadap orang tua.
  2. Sebagai orang tua harus memahami anaknya agar tidak terjadi cemas yang berakibat depresi dan sakit berat.  Untuk itu orang tua haruslah memahami perilaku anak-anaknya.
  3. Rasa khawatir berlebihan dapat menyebabkan depresi dan sakit berat.  Hal ini disebabkan anak-anak yang kurang   memahami orang tuanya.
  4. Cemas dan rasa khawatir berlebih dapat menyebabkan sakit bahkan depresi.  Untuk   mengatasinya orang tua harus peka terhadap anak –anaknya.

 

PEMBAHASAN                       :

Rangkuman adalah bentuk ringkas dari sebuah paragraf/wacana, tetapi tetap memuat informasi penting dari paragraf tersebut. Dengan merangkaikan makna kalimat-kalimat dalam paragraf, kemudian disusun dalam sebuah kalimat sederhana jadilah sebuah rangkuman. Urutan rangkuman bacaan mengikuti pola aslinya. Untuk membuat rangkuman, dapat kita lakukan dengan menarik gagasan-gagasan pokok dari setiap paragraf. 

Kata kunci          : Cemas berlebihan dapat menimbulkan penyakit (paragraf pertama)…orang tua harus peka  (paragraf kedua)…

36.   Kemampuan yang Diuji  : Menulis/Melengkapi petunjuk melakukan sesuatu

Indikator Soal                  : Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang     beberapa     Kalimatnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya   dengan tepat.

 

Soal

Cara membuat ayam panggang

  1. Lumuri ayam dengan air asam jawa hingga rata.
  2. Biarkan selama 30 menit.
  3. Panaskan minyak, bumbu halus, daun jeruk, daun salam dan serai sampai harum
  4. (...)
  5. (...)
  6. Letakkan ayam dalam pinggan tahan panas.
  7. Panggang dalam oven panas bersuhu 160 derajat celsius selama 15 menit sampai ayam berwarna kecoklatan.
    1. Angkat, sajikan segera

 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah...

  1. 4. Kemudian masukkan ayam, aduk rata tuangkan santan encer,masak ayam        sampai  setengah matang.

5. Tambahkan santan kental masak sampai ayam empuk dan santan berminyak.

B.   4. Biasanya masak ayam dengan santan kental sampai berminyak.

5. Santan kental ,aduk sampai mendidih

C.   4. Semestinya masukkan santan encer ,aduk sampai setengah matang.

5. Tuangkan santan kental  ,masak ayam sampai empuk

D.   4. Akhirnya masukan santan kental dan santan encer, masak sampai       berminyak.

5. Masukkan ayam, aduk sampai mendidih.

 

Kunci Jawaban : A

Pembahasan :

Menyusun sebuah urutan yang sistematis menjadi paragraf padu harus memperkirakan kalimat-kalimat sebelumnya. Karena antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya harus berhubungan. Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah (4) kemudian masukkan ayam, aduk rata. Tuangkan santan encer masak ayam sampai setengah matang (5) Tambahkan santan kental masak ayam sampai ayam empuk dan berminyak.

Kata kunci : kata penghubung kemudian, kata biasanya, semestinya, akhirnya bukan sebagai kata penghubung

 

37.  Kemampuan yang diuji                 : Menulis / melengkapi petunjuk melakukan sesuatu

Indikator soal                                : Disajikan beberapa kalimat secara acak, siswa menentukan susunan yang tepat

 

Soal:

Perhatikan pernyataan berikut!

Perhatikan urut-urutan cara mengukur suhu air

(1) Pegang bagian ujung atas termometer!

(2) Amati skala pada termometer dengan posisi mata sejajar air raksa!

(3) Sediakan air yang akan diukur suhunya!

(4) Catatlah suhu yang terbaca!

(5) Ambil termometer dari tempatnya!

(6) Masukkan termometer ke dalam air!

 

Kalimat-kalimat di atas akan menjadi sebuah petunjuk cara mengukur suhu air bila susunannya ...

A.  (1) – (3) – (2) – (5) – (6) – (4)

  1. (1) – (5) – (2) – (3) – (6) – (4)
  2. (3) – (5) – (1) – (6) – (2) – (4)

D.  (3) - (6 ) - (1) - (5) - (2) - (4)

 

 

Kunci Jawaban : C

Pembahasan :

Petunjuk adalah ketentuan yang memberi arah atau bimbingan tentang cara melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan. Menyusun petunjuk berarti memaparkan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu secara benar.

Kata kunci: apa yang akan di ukur menjadi hal yang utama ( sediakan air yang akan diukur) proses pengukuran mencermati tahapan (alat),(cara),dan terakhir hasil.

 

38.  Kemampuan yang diuji :  Menulis /Menentukan isi teks pidato berdasarkan ilustrasi

Indikator soal                 : Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan. siswa dapat menentukan  paragraf bagian isi,  pidato yang tepat

 

Soal

Dalam rangka hari lingkungan hidup, Pramuka Gugus Depan  SMP mengadakan  Persami.

Persami. Saat pembukaan Persami, pembina upacara berpidato. Isi teks pidato yang

Tepat sesuai kegiatan tersebut adalah...

  1. Harapan kami,  untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor, kita bersama-sama dapat menjaga kelestarian hutan. Hutan menjadi tanggung jawab kita.
  2. Di hari yang bebahagia ini, kita dapat berkumpul bersama dalam rangka Persami yang terselenggara  berkat kerja sama pramuka dengan kementerian lingkungan hidup.
  3. Oleh sebab itu .marilah kita bersama-sama menjaga penebangan hutan secara liar. Kita  jaga lingkungan kita jangan sampai rusak. Kerusakan hutan akan merugikan bagi kita.
  4. Tidak disangka bahwa hutan melindungi hidup kita.Salah satu fungsi hutan,  adalah,melindungi tanah dari bahaya longsor. Dengan pelestarian hutan,  penyerapan oleh air berlangsung dengan sempurna,bencana banjir dapat dicegah.

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Pidato adalah bentuk penyajian lisan diucapkan dalam acara, hal atau peristiwa tertentu.Isi teks pidato yang tepat tentang peringatan Hari Lingkungan Hidup diatas adalah oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama mencegah penebangan hutan secara liar Kita jaga lingkungan kita jangan sampai rusak .Kerusakan hutan akan merugikan bagi kita.

 

39.  Kemampuan yang Diuji                :  Menulis/melengkapi teks pidato

Indikator Soal                              :  Disajikan teks pidato yang dirumpangkan bagian     penutupnya, siswa dapat melengkapinya dengan tepat

Soal

Kami telah lulus dari SMP.  Pengorbanan dan ketulusan Bapak dan Ibu gurulah yang telah mengantarkan kami ke  batas gerbang  harapan tersebut. Jenjang SMA telah menunggu kami. Terima kasih kami ucapkan kepada Ibu dan Bapak yang telah membimbing kami. Jasa Ibu dan Bapak  akan terukir di hati kami, namun  hanya Tuhanlah yang dapat membalas  jasa-jasa Ibu dan Bapak . Kami mohon pintu maaf senantiasa terbuka di hati Ibu dan Bapak guru. Jalan panjang akan kami arungi,  Untuk itu dengan  segala kerendahan hati, kami memohon kembali, bekalilah kami dengan doa dan restumu.

[...]

 

Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah ...

  1. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga kakak  tidak melupakan kami. Doakan agar kami tetap semangat belajar. Atas perhatian semuanya, terima kasih.
  2. Sebagai penutup sambutan  ini, mohon maaf jika ada kekurangan dan kelebihan. kami doakan semoga kalian sukses dalam menempuh cita-cita. Atas perhatian kalian semua, saya  ucapkan terima kasih.
  3. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian dan bantuan  serta simpati semuanya, kami ucapkan terima kasih.
  4. Demikian sambutan ini, kami  mohon maaf   jika ada  kekurangan. Terima kasih atas perhatian  hadirin . Semoga Allah Swt.  senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.

 

 

Kunci Jawaban   : D

Pembahasan :

Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.

Bagian pidato dapat ditandai dengan beberapa kata misalnya, pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti   yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)

Kata kunci          : penutup pidato berisi  permohonan maaf dan ucapan terima kasih.

 

 

40.  Kemampuan yang Diuji             : Menentukan rumusan masalah karya   ilmiah

Indikator Soal                            : Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan  rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema

 

 

Soal :

Tema:  Pengaruh ragam bahasa anak remaja terhadap penggunaan bahasa Indonesia  yang baik dan benar.

 

Rumusan masalah tepat  sesuai  tema tersebut adalah …

  1. Berapa  perbandingan  pengguna  ragam bahasa remaja dengan pengguna bahasa Indonesia?
  2. Apakah siswa  selalu menggunakan ragam bahasa remaja ?
  3. Bagaimana  pengaruh penggunaan ragam bahasa remaja  terhadap bahasa Indonesia?
  4. Mengapa ragam bahasa remaja tumbuh di kalangan pengguna bahasa Indonesia?

 

 

 

Kunci Jawaban   : C

Pembahasan:

Rumusan masalah dapat berbentuk pertanyaan dan pernyataan. Tetapi pada umumnya penulis senang  menggunakan pertanyaan Rumusan masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah. Masalah yang dikemukakan dalam karya  ilmiah merupakan rangkaian pertanyaan yang diuraikan dari tema. Rumusan masalah tidak boleh keluar dari topik yang diteliti atau dibahas.

Kata kunci : kata tanya yang digunakan adalah kata tanya yang memerlukan penjelasan,  jawaban yang panjang dan mendetail. (bagaimana, mengapa, apakah…dll). Pada option tersebut merujuk pada kata tanya bagaimana.

 

41.   Kemampuan yang Diuji      : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)

Indikator Soal                      : Disajikan identifikasi masalah karya ilmiah, siswa   dapat menentukan paragraf latar belakang berdasarkan identifikasi masalah karya ilmiah tersebut

 

Soal :

 

Identifikasi masalah :

  1. Adakah pengaruh negatif  Geng Motor terhadap perilaku siswa SMP?
  2. Bagaimana pengaruh  Geng Motor terhadap prilaku siswa SMP?

 

Latar belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah …

 

  1. Keberadaan Geng Motor meresahkan masyarakat. Masalah ini tidak dapat diabaikan. Keberadaan Geng Motor sering ditiru sebagai gaya modern para remaja. Padahal di satu sisi hal itu sangat meresahkan . Adakah pengaruh terhadap perilaku siswa? Hal itu akan dibahas dalam karya ilmiah ini.
  2. Adapun tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan generasi muda khususnya siswa SMP terhadap kemungkinan terjerumusnya ke jurang kehancuran akibat menjadi anggota Geng Motor.

 

  1. Dapat dikatakan bahwa munculnya Geng motor memicu reaksi negatif  dan kekhawatiran di kalangan masyarakat yang mayoritas menolak dan mendesak pemerintah agar dengan segera melakukan tindakan antisipatif.
  2. Karya tulis ini berisi gambaran perubahan perilaku remaja khususnya siswa SMP sebagai akibat menjadi anggota ‘Geng Motor’. Dengan membaca karya ilmiah  ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan remaja untuk bekerja sama dengan berbagai fihak.

 

Kunci Jawaban   : A

Pembahasan:

Latar belakang adalah jawaban pertanyaan “apa yang melatarbelakangi” sehingga masalah tersebut dijadikan topik penelitian atau pembahasan. Perumusan latar belakang mengandung landasan teori yang menjadi rujukan karya ilmiah disertai dengan data-data empiris. Pada latar belakang dicantumkan pula alasan yang mendukung topik atau data yang ingin dijadikan karya ilmiah.

Kata kunci                : merujuk pada kalimat “Adakah pengaruh terhadap perilaku siswa? Hal itu ...”

 

 

42.   Kemampuan yang Diuji            :    Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Indikator Soal                            :     Disajikan kalimat tidak efektif dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

 

Soal

(1)  Kepada semua peserta pelatihan, agar segera naik ke atas lewat pintu samping . (2) Upacara pembukaan pelatihan Tim Pengembang Kurikulum segera dimulai.

Agar kalimat (1) menjadi kalimat efektif, kata yang harus dihilangkan adalah ....

  1. pelatihan,agar,  ke atas
  2. kepada, agar,  ke atas
  3. kepada, semua, agar
  4. kepada, pelatihan, ke atas

 

Kunci Jawaban   : B

Pembahasan        :

Menyunting adalah menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat). Dalam menyunting terkandung memperbaiki, melengkapi, menambah, dan menghilangkan/menghapus.

Kata kunci: Kata kepada tidak digunakan karena kalimat tersebut tidak ada subjek

Kata “agar” , dan “ke atas” mubazir karena sudah ada kata “segera”, dan “naik”\

 

43.  Kemampuan yang Diuji             :    Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Indikator Soal                            :     Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

 

 

 

Soal

Bacalah paragraf di bawah!

Shafira seorang pelajar yang pintar. Wajahnya cantik. Ia mempunyai hobi membaca buku-buku Sastra.  hampir semua Buku Sastra pernah ia baca. Satu-satunya buku Sastra yang belum sempat ia baca adalah buku yang berjudul Anak Perawan di Sarang penyamun.

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada paragraf tersebut adalah ....

 

A

B

C

D

sastra

Sastra

Sastra

sastra

Buku

buku

buku

buku

hampir

Hampir

Hampir

Hampir

Penyamun

penyamun

Penyamun

Penyamun

 

 

Kunci Jawaban     : D

Pembahasan:

Penggunaan huruf kapital yang cermat harus sesuai dengan kaidah tata tulis.

Kata kunci                          : huruf kapital digunakan untuk penulisan di awal kalimat, hampir seharusnya Hampir (awal kalimat), dan (penulisan bagian dari judul buku) penyamun seharusnya Penyamun, kata Buku seharusnya buku(tengah kalimat),kata Sastra seharusnya sastra (akhir kalimat),

 

 

 

44.  Kemampuan yang Diuji             : Menyunting pilihan kata

Indikator Soal                            : Disajikan paragraf yang menggunakan beberapa pilihan kata salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat

 

Soal

Hari mulai malam, para nelayan dipersiapkan alatnya ke dalam perahu. Ada yang             dibantui oleh istri, maupun anaknya. Tugas mereka cari nafkah dilakukan setiap hari. Meskipun berbahaya namun mereka rela memperlakukannya.

 

Perbaikan pilihan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….

 

 

Kata yang salah

Perbaikan

a

dipersiapkan

dibantui

cari

memperlakukannya

siapkan

bantu

carikan

dilakukannya

b

dipersiapkan

dibantui

cari

memperlakukannya

persiapkan

perbantukan

pencarian

perlakukan

c

dipersiapkan

dibantui

cari

memperlakukannya

persiapan

perbantukan

dicarikan

melakui

d

dipersiapkan

dibantui

cari

memperlakukannya

menyiapkan

dibantu

mencari

melakukannya

 

Kunci Jawaban  D

Pembahasan

Pilihan kata yang tepat adalah kata yang menggunakan imbuhan yang tepat sesuai dengan

fungsi dan maknanya.

Kata Kunci: dipersiapkan (menyiapkan), dibantui (dibantu), cari (mencari),

memperlakukannya (melakukannya)

 

  1. Kemampuan yang Diuji      :      Menulis/menentukan pantun

Indikator Soal                      :     Disajikan ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai ilustrasi tersebut

 

Soal

Bu Dedeh baru pulang dari Mekah, ia sangat senang telah melakukan ibadah haji.

Sesampai di rumahnya didapatinya suaminya tengah menyiapkan hadiah ulang tahun

untuknya.

 

Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…

  1. Kota Mekah jauh di mata

Kota Padang dekat di hati

Siapa yang tidak suka

Dapat petaka di hari nanti

 

  1. Burung terbang menuju sarang

Telah ditunggu si buah hati

Berulang tahun betapa senang

Hadiah menarik telah menanti

 

  1. Naik perahu di Sungai Serayu

Airnya jernih berkilauan

Kota mana yang anda tuju

Kota Serang penuh kenangan

 

  1. Belajar ke negeri Cina

Lupa sanak dan saudara

Hidup sengsara penuh derita

Tiada henti mendapat petaka

 

Kunci Jawaban  B

Pembahasan

Menulis pantun harus mencermati ciri pantun. Pantun berima abab, larik 1-2 sampiran, larik 3-4 isi. Jumlah suku kata terdiri atas 8 – 12 suku kata. Menulis pantun disesuaikan dengan ilustrasi.

Kata Kunci: Hadiah telah menanti (sesuai dengan ilustrasi)

46.  Kemampuan yang Diuji    : Menulis/melengkapi pantun

Indikator Soal                   : Disajikan pantun yang larik isinya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi isi pantun tersebut

Soal

Perhatikan pantun berikut!

Musang hutan sedang berburu

Menangkap buruan si rusa merah

 

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah….

  1. Merantau ke Jakarta

Bila ragu jadi sengsara

  1. Ke mana jalan berguru

Kalau hati belum menyerah

  1. Bersahabatlah jangan berseteru

Kalau bermasalah jangan meyerah

  1. Hati janganlah ragu

Bila kita memilih jodoh

 

Kunci Jawaban   : C

Pembahasan :

Menulis pantun harus mencermati ciri pantun. Pantun berima abab, larik 1-2 sampiran, larik 3-4 isi. Jumlah suku kata terdiri atas 8 – 12 suku kata. Menulis pantun sesuaikan dengan ilustrasi. Melengkapi isi pantun rumpang, cermati  rima pantun.

Kata Kunci: baru ( berseteru), merah ( menyerah)

 

47.  Kemampuan yang Diuji          :     Menulis/melengkapi puisi

Indikator Soal                         :     Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas

Soal

Ke manakah pergi

(..)

Ketika salju turun

Pohon kehilangan daun

 

Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut  adalah ....

  1. Bertanya padamu
  2. Mencari matahari
  3. Memandang langit
  4. Lari kedinginan

 

 

Kunci Jawaban   : B

Pembahasan :

Melengkapi puisi dengan larik bermajas,  dapat juga mencari larik yang mengandung makna atau nilai tertentu

Kata kunci:               mencari matahari

 

 

 

48.  Kemampuan yang Diuji    :           Menulis/melengkapi puisi

Indikator Soal                      :     Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan pilihan kata yang tepat

Soal :

Aku lalai […]

Beta lengah di masa muda

Kini hidup meracun hati

Miskin ilmu, miskin harta

 

Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi rumpang tersebut adalah....

  1. di  dalam hidup                       C.  di pagi hari
  2. di mana mana                          D.  benar-benar lelah

 

Kunci Jawaban                        : C

Pembahasan:

Melengkapi puisi dengan pilihan kata, cari kata yang memiliki hubungan makna dengan larik-larik sebelumnya.persamaan rima antara meracun hati adalah di pagi hari, karena masa muda senada dengan hari pagi.

Kata kunci                :     hari …(di pagi hari)

 

  1. Kemampuan yang Diuji          : Menulis/melengkapi puisi

Indikator Soal                         :     Disajikan ilustrasi gambar pemandangan alam, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai ilustrasi tersebut

 

 

 

Soal :

Perhatikan gambar berikut!

 

 

Puisi yang tepat untuk mendeskripsikan gambartersebut adalah .…

A.  Mentari bersinar menantang aku tersenyum

Aneka tumbuhan   dan ramuan sudah kujajal

Dadaku sesak nafasku tersengal

tak dapat ditolak  aku dipaksa tersenyum

 

B.  Keindahan ini tak berarti apa-apa

Jika hati gundah gulana

Tebaran mega belum mengelana

Mentari mengintip di pagi buta

 

C.  Tuhan menciptakan alam semesta

Banyak rahasia tak terungkap manusia

Makhluk lain apalagi

Kemampuan kita sudah tertinggi

 

D.  Termaram mengintip  marcapada

Sang bagaskara mengitari warna warni

Di antara dedauan hijau dan aneka bunga

Kusambut dengan riang gembira di hati

 

Kunci Jawaban   : D

Pembahasan:

Gambar tersebut sebagai lustrasi  sebuah pemandangan  matahari terbit, Keindahan luar biasa ini dapat dirasakan siapa pun. Puisi A  hanya kalimat/larik 1 saja yang sesuai ilustrasi. Puisi B. Hanya satu larik saja mengacu ilustrasi Puisi C. Bisa mengacu  gambar tetapi bisa juga bukan ilustrasi tersebut yang dimaksud. Maka puisi D-lah yang sesuaidengan ilustrasi (puisi ini  menggambarkan keindahan seperti juga sesuai ilustrasi )

Kata kunci             : pemandangan di pagi hari (temaram menginrtip marcapada)

 

50.  Kemampuan yang Diuji    : Menulis/melengkapi drama

Indikator Soal                   : Disajikan kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat

 

Soal :

Perhatikan kutipan naskah drama berikut!

Kadis         : ”Jah mana sepedaku? Dibawa Dikin ya?”

Ijah            :  […]

Kadis         :  ”Tadi sudah kusandarkan di sini.!

Dikin         :  “Pak sepedanya kempes, nih udah Dikin pompa”

 

Kalimat   yang tepat untuk melengkapi bagian  rumpang  kutipan naskah drama tersebut adalah...

  1. Tadi  sudah dikeluarkan, ditaruh di mana Pak?.
  2. Apakah Bapak sudah beli sepeda?.
  3. Naik angkot saja pak biar nyaman
  4. Dikin saya suruh ke warung pak

 

 

Kunci Jawaban   : A

Pembahasan :

Kutipan naskah drama  diawali ucapan pertanyaan Kadis yang mencari sepedanya. Tentu jawaban bukan Dikin sedang ke warung, bukan pula agar naik angkot (lanjutan dialognya) tadi kusandarkan di sini

Kata kunci             : tokoh Kadis menanyakan sepedanya